MAY 7, 2018

Tebing Apparalang, 7 Tips Backpacker Untuk Menuju Surga Tersembunyi di Bulukumba!

Panorama alam yang indah serta tebing yang menarik terdapat di satu kawasan yaitu Tebing Appalarang, penasaran? Lihat saja tips-tips berikut ini untuk bisa mewujudkan kemauan lo itu. Selamat membaca bro!


Buat lo para backpacker yang ingin mendapatkan sebuah panorama alam yang indah tentunya harus coba untuk datang ke Tebing Apparalang di Bulukumba. Karena terdapat sebuah surga yang tersembunyi di tempat tersebut. Untuk itu di dalam artikel ini akan mengulas 7 tips untuk lo para backpacker.

Berbicara mengenai keindahan serta panorama alam yang indah, tentunya di negara kepulauan seperti Indonesia hal tersebut tak perlu menjadi sebuah pertanyaan. Hampir di setiap daerah memiliki hal tersebut. Mulai dari pantai hingga dataran tinggi pun terdapat di bentangan negara ini.

Untuk Tebing Appalarang sendiri, merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki pilihan tempat wisata alam yang unik. Tebing yang memiliki keindahan pantainya yang memukau ini akan menawarkan pengalaman seru.

Apalagi buat lo para backpacker yang senang bilamana mendapatkan tempat baru. Mengenai Bulukumba sendiri, memang juga terkenal dengan berbagai keindahan alam yang memukau. Seperti Tanjung Bira dan Pantai Bara. Jadi tak heran apabila Tebing Apparalang ini memiliki panorama alam yang patut untuk diacungi jempol.

Sebagai backpacker tentunya sangat penting untuk mengetahui informasi mengenai tempat yang ingin dikunjungi, oleh sebab itu mari kita lihat beberapa tips supaya dapat mempermudah lo untuk sampai di titik yang akan memberikan suasana serta pengalaman yang unik.

Transportasi

Keindahan Yang Akan Lo Dapatkan. Credit: nyero.id

Untuk bisa sampai di lokasi Tebing Apparalang ini, hal pertama yang harus lo lakukan ialah memesan tiket pesawat dengan tujuan Kota Makassar. Pada saat tiba di bandara, sebenarnya ada banyak pilihan transportasi yang akan mengantarkan lo untuk sampai di tempat nan indah tersebut.

Namun kalau lo ambil langsung dari bandara, tentunya akan memiliki harga yang sedikit mahal. Namun kalau sesuai dengan kantong lo silahkan langsung menyewa mobil serta pengemudinya. Namun untuk jalur angkutan umum, lo bisa menggunakan jasa bus yang mengarah ke kota lalu berhenti di Lapangan Karebosi. Lalu pilihlah angkot merah dengan tujuan Gowa kemudian turunlah di Terminal Malengkeri.

Lalu dari Terminal Malengkeri, ambilah bus yang mengarah ke Selayar namun lo turun di Tanjung Bira. Dengan kondisi medan yang curam disarankan untuk menyewa sepeda motor dari Tanjung Bira. Untuk biaya penyewaannya juga relatif murah sekitar 50 ribu – 70 ribu.

Lokasi

Sebuah Panorama Alam Yang Indah. Credit: sportourism.id

Tebing atau Pantai Apparalang ini berlokasi di Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kab. Bulukumba. Lokasinya masih satu jalur dengan Tanjung Bira. Tentunya suasana pantai akan langsung lo rasakan pada saat tiba di kawasan ini.

Jalur

Gerbang Pantai Apparalang. Credit: indonesianholic.com

Kurang lebih 5 kilometer sebelum lo tiba di Tanjung Bira atau lebih tepatnya sebelum melewati jalan penurunan Lahongka, lo akan mendapatkan pertigaan jalan. Dari pertiggan tersebut, lo tinggal belok ke kiri menuju Desa Ara. Setelah itu lo akan melewati jalan depan sekolah SMK 6 Perkapalan.

Kurang lebih empat kilometer lo akan menemukan gerbang Pantai Appalarang di sebelah kanan. Atau mudahnya lo akan mendapatkan sebuah lahan parkir luas dan beberapa gapura. Selanjutanya lo tinggal berjalan ke kiri menuju Pantai atau Tebing Apparalang.

Penginapan

Keindahan Tebing Apparalang. Credit: beritadaerah.co.id

Untuk masalah penginapan itu sendiri memang di kawasan Tebing Apparalang ini tidak terdapat tempat penginapan. Oleh sebab itu, disarankan untuk menginap di Tanjung Bira karena di sana terdapat banyak pilihannya.

Atau lo bisa juga untuk mendirikan tenda di kawasan Tebing atau Pantai Apparalang ini. Namun perlu diketahui kalau kawasan ini memiliki kontur tanah yang berbatu.

Warung Makan

Kejernihan Air Di Kawasan Apparalang. Credit: travelingyuk.com

Di kawasan Tebing Apparalang ini tidak terdapat tempat permanen yang menjual makanan atau minuman. Jadi di sarankan untuk membawa bekal sendiri pada saat berkunjung ke tempat ini. Karena tempat ini hanya menyediakan warung-warung tersebut pada saat hari libur atau akhir pekan.

Namun untuk selalu diingat menjaga kebersihan dari tempat ini yaa bro. Karena akan sangat disayangkan apabila keindahan serta panorama indah di tempat ini akan tercoreng oleh karena ulah kita sendiri.

Biaya Masuk

Keindahan Kawasan Apparalang. Credit: arifahsan.com/

Untuk tiket masuk dari tempat ini belum ada, atau masih gratis. Karena memang lokasi ini belum dikelola oleh Dinas Pariwisata setempat. Oleh sebab itu merupakan sebuah keuntungan untuk kita bilamana ingin berkunjung ke sana.

Mungkin hanya diperlukan biaya untuk membayar parkir motor atau mobil. Lalu terdapat tangga kayu menuju dermaga yang dibangun oleh Dinas Kelautan, karena dari kawasan Apparalang sendiri terdapat menara pandang untuk memantau penangkapan ikan di laut.

Yang Menarik Di Kawasan Apparalang

Meloncat Dari Tebing Di Apparalang. Credit: travelingyuk.com/

Dari kejauhan lo sudah bisa melihat sebuah lanskap pemandangan pantai serta tebing yang indah. Serta Pantai Apparalang merupakan sebuah gugusan tebing batu dengan ciri khas warna lautnya. Lalu ada bongkahan batu yang terpisah dari induknya, sungguh perpaduan alami yang sangat indah.

Untuk lo yang suka dengan fotografi tentunya kawasan ini bisa menjadi salah tempat favorit lo. Karena terdapat banyak sekali spot serta dari perpaduan alamnya yang sangat indah membuat banyak hasil foto lo menyimpan sebuah karya yang menarik.

Setiap sudut dari tempat ini juga memiliki keindahannya masing-masing, sehingga tergantung bagaimana lo melihat secara keseluruhan dari wilayah ini. Buat lo yang memiliki jiwa petualang serta suka dengan tantangan, lo bisa lompat dari tebing yang memang tersedia di kawasan ini.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Tebing Apparalang di atas? Semoga bisa berguna sebagai panduan pada saat lo berkunjung ke tempat ini. Serta jangan lupa untuk selalu kobarkan semangat petualang lo serta janganlah berhenti bereksplorasi, karena dunia itu tidak sesempit dengan apa yang sudah lo pikirkan.

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Hengky kik
May 30, 2018 at 3:12 AM

kereeeen banget ...thanks superadventure sdah share artikel ini