MAY 9, 2018

6 Tips Backpacker ke Pulau Kapoposang Tanpa Menguras Kantong Secara Berlebihan!

Terkenal dengan pemandangan alam bawah laut yang indah, namun biaya untuk mencapai ke sana juga tidak murah. Maka dari itu, simak 6 tips backpacker ke Pulau Kapoposan, agar tidak menguras kantong secara berlebihan.


Satu lagi surga tersembunyi yang berasal dari Sulawesi Selatan, yaitu Pulau Kapoposan. Terkenal dengan pemandangan alam bawah laut yang indah, namun biaya untuk mencapai ke sana juga tidak murah. Maka dari itu, simak 6 tips backpacker ke Pulau Kapoposan, agar tidak menguras kantong secara berlebihan.

Pulau Kapoposan, terletak di perairan lepas Sulawesi Selatan, sudah terkenal keindahannya di kalangan petualang dari dalam negeri sendiri, dan para petualang dari mancanegara. Keberadaanya makin terkenal dengan perkembangan media sosial zaman sekarang.

Hal ini juga tidak lepas dari keindahan Pulau Kapoposan. Spot petualangan ini memang menyediakan berbagai titik yang instagrammable. Tidak heran jika banyak para petualang yang datang ke sini, dan mengabadikan momen mereka, serta membagikannya di sosial media, khususnya Instagram.

Semakin banyak para petualang melakukan hal tersebut, maka semakin banyak juga para petualang yang penasaran tentang keindahan yang mereka lihat dari sosial media. Pulau Kapoposan, pantainya yang putih bersih, air laut yang jernih, tidak heran banyak para petualang yang ingin ke sana.

Namun, sekarang ini, juga banyak para petualang yang terhalang oleh budget untuk ke sini.

Maklum, tempatnya yang sedikit terpencil, membuat akses jalan ke Pulau Kapoposan menjadi sedikit eksklusif. Tidak heran banyak kapal nelayan atau kapal masyarakat setempat yang sengaja untuk disewakan di sana, dan memasang harga yang cukup mahal.

Tetapi tunggu, bro – hal tersebut bukan berarti menjadi penghalang besar untuk berpetualang ke Pulau Kapoposan. Oleh karena itu, berikut 6 tips backpacker-an ke sana tanpa menguras kantong secara berlebih.

Arahkan Perjalanan ke Pelabuhan Paotere

Keindahan di Pulau Kapoposan, Sulawesi Selatan. credit photo: lihat.co.id

Cara pertama untuk tetap bisa berpetualang ke Pulau Kapopopsan dimulai dari keberangkatan di Pelabuhan Paotere. Di sini, lo akan dihadapkan oleh kapal tradisional khas Kota Makassar. Tidak seperti di pelabuhan Kota Makassar lainnya yang mempunyai kapal bermotor yang besar, Pelabuhan Paotere adalah kapal atau perahu Jolloro.

Menuju ke Pulau Gondong Bali

Momen Matahari Tenggelam di Pulau Kapoposan. Sulawesi Selatan. credit photo: medialingkungan.com

Lho mengapa tidak langsung ke Pulau Kapoposan? Bro, perlu lo ketahui nih, Kapoposan adalah sebuah kepulauan yang mempunyai beberapa pulau lagi di dalamnya, Pulau Kapoposan adalah salah satu pulau utamanya.

Untuk menuju Pulau Gondong Bali, biasanya kapal atau perahu yang ada di pelabuhan tersebut akan berangkat di hari Rabu dan Sabtu saja. Jadwal keberangkatan mereka biasanya dimulai dari jam 10 pagi, dan sampai di Pulau Gondong Bali jam 3 sore.

Butuh sekitar 4-5 jam memang untuk sampai ke Pulau Gondong Bali. Nah, harga yang harus lo bayarkan dalam sekali pergi menggunakan kapal atau perahu tradisional khas Kota Makassar ini adalah Rp. 25.000 saja.

Pulau Gondong Bali atau Pulau Kapoposan, nih?

Pulau Gondong Bali atau Pulau Kapoposan, nih? credit photo: en.tempo.co

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di atas, Kapoposan adalah sebuah kepulauan di Sulawesi Selatan. Artinya, Pulau Kapoposan adalah salah satu pulau utama di kepulauan tersebut, dan jika lo sudah sampai di Pulau Gondong Bali, itu artinya lo juga sudah masuk wilayah Kepulauan Kapoposan.

Melanjutkan Perjalanan ke Pulau Kapoposan

Melanjutkan Perjalanan ke Pulau Kapoposan - Sulawesi Selatan. credit photo: travel.detik.com

Nah, dari Pulau Gondong Bali, lo akan meneruskan perjalanan dan petualangan lo dengan menyewa kapal atau perahu Jolloro lagi. Biaya untuk sekali perjalanan ini adalah Rp. 100.000 – dengan estimasi waktu perjalanan 30 menit dan jarak 3 mil.

Sekedar saran untuk lo nih, kalau lo tengah beramai-ramai untuk pergi ke sana, lo bisa ajak yang lain patungan hingga mencapai nominal ongkos perjalanan kapal atau perahu tersebut. Semisal lo berlima dengan teman-teman yang lain, lo hanya merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 saja per orang untuk membayar ongkos sekali perjalanan tersebut.

Jangan Lupa Tanya Untuk Penjemputan

Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Kapoposang. credit photo: wm-wisatamakassar.blogspot.com

Dengan harga yang sama, lo bisa pastikan dengan kapten kapal atau pengelola perahu untuk menjemput lo lagi dari Pulau Kapoposan. Buat kesepakatan waktu agar lo nanti dapat dijemput lagi untuk pulang ke Pulau Gondong Bali. Lalu, dari Gondong Bali, lo juga nanti diantar ke Pelabuhan Paotere.

Pastikan Jadwal Reguler

Alam Bawah Laut Pulau Kapoposan, Cocok Untuk Snorkeling Dan Diving. credit photo: anekawisatanusantara.blogspot.com

Jadwal reguler untuk keberangkatan serta kepulangan kapal atau perahu yang mengantarkan lo adalah hari Rabu dan Sabtu. Namun, kalau lo ingin pulang atau berangkat di hari lain, bisa saja. Namun, lo juga perlu buat kesepakatan harga, tentu bukan harga seperti biasanya.

Bro, perlu lo ketahui juga nih, kalau lo tidak mengambil jalur ini, keberangkatan ke Pulau Kapoposan bisa saja langsung sekali jalan, namun biaya yang perlu lo keluarkan adalah Rp. 1.200.000 – dan jika lo mengambil jalur backpacker seperti yang sudah dijelaskan di atas, lo hanya mengeluarkan ongkos Rp. 90.000 saja.

Berbeda jauh bukan? Namun jelas perbedaan ini dipengaruhi oleh waktu keberangkatan dan waktu tempuhnya juga ya. Jadi, sekarang tinggal keputusan lo untuk ambil jalur biasa, atau jalur backpacker!

Tentu dengan mengetahui ini, lo jadi semakin penasaran untuk berpetualang ke Pulau Kapoposan, bukan? Kalau iya, sekarang lo hanya perlu menyiapkan jadwal libur dan cuti, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat ke Pulau Kapoposan.

 

Source

Feature Image - anekawisatanusantara.blogspot.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!