MAY 11, 2018

Apa Itu Kopi Specialty? (100% Pecinta Kopi Harus Tahu)

Bingung dengan istilah kopi specialty, bro? Sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui lebih lanjut apa itu kopi specialty


Tren manual brew, sebutan untuk proses membuat minuman kopi yang tidak biasa sudah menjadi salah satu parameter dari gaya hidup millennial zaman sekarang. Dari proses ini, munculah beberapa istilah lain seperti kopi single origin dan kopi specialty.

Sekarang ini, anak muda atau millennial yang datang ke kedai kopi akan langsung menanyakan “sedang nge-brew biji kopi dari mana, nih?” – pertanyaan seperti ini adalah wujud perhatian dari mereka terhadap rasa kopi yang akan mereka pilih untuk diproses agar jadi minuman mereka.

Pertanyaan tersebut akan mengarah ke pengertian dari istilah kopi single origin. Sederhananya, kopi single origin adalah biji kopi yang berasal dari daerah di mana pohon kopi tersebut tumbuh. Semisal, kopi gayo, jelas origin dari kopi tersebut adalah dataran tinggi Gayo, Aceh, Sumatera Utara.

Masing-masing dari kopi single origin tersebut pasti mempunyai ciri khas dan cita rasanya sendiri-sendiri. Namun, bagaimana dengan kopi specialty? Apa itu kopi specialty? Tidak sedikit para pecinta kopi yang juga ikut menanyakan para barista tentang kopi specialty yang dipunyai di kedai kopi tersebut.

Nah, jika lo ingin mengetahui lebih lanjut tentang kopi specialty, sila simak bahasan kali ini, ya.

Apa Itu Kopi Specialty?

Apa Itu Kopi Specialty? Kopi Specialty. credit photo: goodnewsfromindonesia.com

Apakah kopi specialty adalah sebuah hasil dari proses khusus? Tidak juga, bro. Secara harfiah, kopi specialty adalah biji kopi yang istimewa, diracik atau diproses dengan baik, sehingga menghasilkan atau menjadi minuman yang istimewa juga.

Kopi specialty juga dideskripsikan bagaimana pohon kopi tersebut ditanam, bagaimana treatment pohon kopi tersebut, bagaimana cara memetik biji kopinya, lalu bagaimana menjemurnya, proses sangrai yang bagaimana, sampai pada cara mengemasnya hingga sampai di kedai kopi langganan lo.

Dari dasar di atas tersebut, seorang wanita pecinta kopi bernama Erna Knutsen pada tahun 1974 dalam jurnalnya mengatakan biji kopi terbaik, pasti berasal dari penanaman terbaik dan beriklim mikro istimewa.

Ilustrasi Treatment Khusus Untuk Kopi Specialty. credit photo: coffindo.id

Mengutip dari specialtycoffee.co.id – syarat untuk menjadikan sebuah biji kopi tersebut menjadi kopi specialty adalah perkebunan dikelola secara organik. Artinya, akan ada treatment atau perlakuan khusus yang diterima oleh pohon kopi tersebut.

Kemudian, saat buah kopi sudah masak, hanya buah kopi yang sudah benar-benar merah yang akan dipetik. Terbaca sederhana memang, namun proses pemetikan ini akan mempengaruhi rasanya akan ada di dalam secangkir kopi lo nanti.

Lalu, setelah melewati proses tersebut, presentase kerusakan pada biji kopi maksimal hanya 4%. Jadi, dalam 1 kilogram biji kopi, maksimal hanya ada 40 gram saja yang rusak, tidak maksimal atau kurang sempurna. Dengan nilai atau tingkat kerusakan yang maksimal di angkat 4%, biji kopi tersebut bisa dinilai sebagai biji kopi specialty.

Terakhir, biji kopi specialty harus memiliki nilai 80 – 100 saat sedang cupping. Jelas, hal ini pasti dinilai dari indera perasa manusia pecinta kopi. Nilai-nilai tersebut pasti dipengaruhi hal-hal yang sebelumnya sudah dijelaskan di atas.

Indonesia Sebagai Surga Kopi Specialty

Memetik Biji Yang Sudah Merah Atau Yang Sudah Matang. credit photo: ditjen.kemendesa.go.id

Indonesia dengan keberagaman kontur dan letak geografis yang istimewa di setiap sudutnya, menjadikan negara ini sebagai salah satu negara penghasil kopi specialty terbaik di dunia. Tidak heran jika kopi Indonesia sudah terkenal mendunia.

Beberapa kopi Indonesia seperti kopi Aceh Gayo, kopi Toraja, kopi Luwak, kopi Malabar, dan kopi Sidikalang, menjadi beberapa favorit para pecinta kopi dari seluruh belahan dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa jenis kopi tersebut termasuk dalam kopi specialty.

Beberapa jenis kopi yang sudah disebutkan di atas adalah kopi single origin. Lho? Bagaimana kopi single origin bisa dikatakan kopi specialty, apakah semua kopi single origin bisa dikatakan kopi specialty? Bro, perlu lo ketahui nih, tidak semua kopi single orogin dapat dikatakan sebagai kopi specialty.

Indonesia Sebagai Surga Kopi Specialty - Kopi Specialty. credit photo: tokopedia.com

Hal tersebut jelas seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, bahwa kopi specialty sudah melewati beberapa treatment khusus atau perlakuan istimewa, sehingga jika diproses menjadi minuman, akan menghasilkan minuman kopi yang istimewa juga.

Jadi, kopi single origin akan bergantung dari perlakuan pohon kopi tersebut, sampai menjadi biji, dan sampai menjadi minuman di dalam cangkir lo nanti. Kalau perlakuan tersebut istimewa dan menjadikan rasa kopi tersebut berbeda, menjadi lebih nikmat, ya – jenis kopit tersebut bisa dikatakan kopi specialty.

Tanda dari kopi specialty juga akan lebih mudah terlihat dari harganya. Sebagai contoh, jika kopi Gayo biasa, akan bisa dibrandol dengan harga Rp. 15.000 per 500 gram. Namun, kopi specialty Gayo akan dijual seharga Rp. 170.000 per 500 gram.

Harganya yang tinggi ini selain dikarenakan perlakuan biji kopi tersebut istimewa, jumlah atau kuantitasnya juga tidak sebanyak kopi biasa. Biasanya, produksi kopi specialty tidak sebanyak kopi-kopi single origin biasa.

Indonesia Sebagai Surga Kopi Specialty - Kopi Specialty. credit photo: lemesinaja.com

Lagipula, kopi specialty akan bisa lo temukan di kedai-kedai kopi besar atau supplier kopi besar juga. Jadi, keberadaan kopi specialty tidak banyak ditemukan diberbagai kedai kopi. Kedai kopi yang dapat menyajikan kopi specialty biasanya akan mempercayai proses brewing pada barista yang sudah berpengalaman.

Hal ini jelas dikarenakan oleh keinginan mendapatkan rasa terbaik dari biji kopi specialty tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan tangan-tangan professional dan kemampuan meracik kopi yang mumpuni.

Wah, bagaimana nih bro? Apakah lo sudah tahu apa itu kopi specialty? Dan kalau lo penasaran bagaimana rasa kopi yang dapat perlakuan special ini, langsung saja ke kedai kopi besar dan pesan kopi specialty dengan barista yang ada di sana!

 

Source

Feature Image - indonesiancoffeeonline.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Muhammad muhlis
May 11, 2018 at 3:23 PM

Kooppppiiii mantaffff


Muhammad muhlis
May 20, 2018 at 10:41 PM

Keren banget deh