Gunung Prau dan 5 Alasan Mengapa Cocok Untuk Para Pemula

Gunung Prau salah satu gunung yang konon katanya cocok untuk para pemula. Nah, kira-kira alasan apa ya yang membuat Gunung Prau cocok untuk para pemula?

Gunung Prau dan 5 Alasan Mengapa Cocok Untuk Para Pemula

Masih tergolong pemula dan bingung untuk naik gunung apa, Gunung Prau salah satu gunung yang konon katanya cocok untuk para pemula. Nah, kira-kira alasan apa ya yang membuat Gunung Prau cocok untuk para pemula?

Berlokasi di Kabupaten Batang Kendal – Wonosobo, Jawa Tengah, Gunung Prau yang memiliki tinggi 2.590 mdpl, diagungkan sebagai salah satu gunung yang ramah akan para pendaki pemula. Oleh karena itu, spot petualangan ini ramai dikunjungi para petualang baru, baik yang datang dari dalam negeri sendiri atau mancanegara.

Popularitas dan keberadaannya yang katanya ramah untuk para pendaki pemula bukan tanpa alasan. Oleh karena itu, simak bahasan kali ini yang akan mengulas 5 alasan mengapa Gunung Prau adalah salah satu gunung yang ramah akan para pendaki pemula.

Trek Yang Santai Tapi Menguras Tenaga

Gunung Prau dan 5 Alasan Mengapa Cocok Untuk Para Pemula

Trek Yang Santai Tapi Menguras Tenaga - Gunung Prau. credit photo: kotawonosobo.com

Trek dengan kontur tanah yang landai tetapi lama-lama naik juga adalah salah satu ciri khas dari trek Gunung Prau. Terlihat santai memang, tetapi tetap menguras tenaga. Sebagai perbandingan, kalau lo pernah mendaki Gunung Gede-Pangrango yang melewati jalur Cibodas, kira-kira hampir mirip dengan yang ada di trek Gunung Prau tetapi lebih ringan.

Singkatnya, trek dari Gunung Prau, lebih ringan ketimbang trek untuk ke Gunung Gede-Pangrango. Tidak banyak bebatuan cadas yang harus lo lewati di sini. Jadi, tidak ada kejutan-kejutan yang akan membuat otot-otot kaki lo kram atau sebagainya.

Namun, sekedar tips untuk lo nih, walau tergolong mudah – sebaiknya hindari pendakian di Gunung Prau saat musim hujan ya. Hal ini jelas dikarenakan oleh kontur tanah yang menjadi licin karena hujan. Jika saat mendaki dan hujan, pastikan alas kaki atau sepatu gunung lo mampu menerobos medan yang licin tersebut.

Stamina Olahraga dan Stamina Naik Gunung

Gunung Prau dan 5 Alasan Mengapa Cocok Untuk Para Pemula

Stamina Olahraga dan Stamina Naik Gunung - Gunung Prau. credit photo: piknikasik.com

Walau treknya yang mudah untuk didaki dan ditaklukan, stamina yang baik tetap dibutuhkan di pendakian manapun. Termasuk pendakian di Gunung Prau, stamina petualang yang biasa berolahraga tentunya akan berbeda dengan stamina petualang yang memang terbiasa untuk naik gunung.

Gunung Prau cocok untuk pemula karena akan membuat para petualang yang mendaki gunung tersebut mempunyai “stamina para pendaki” dan bukan hanya sekedar stamina petualang yang suka berolahraga.

Rasa letih dari naik gunung jelas akan berbeda jauh dengan rasa letih saat berolahraga biasa, dan Gunung Prau adalah salah satu gunung yang tepat untuk melatih stamina atau rasa letih tersebut. Oleh karena itu, wajar jika Gunung Prau termasuk gunung yang ramah akan para pendaki pemula.

Panorama Dan Pemandangan Alam Luar Biasa Indah

Gunung Prau dan 5 Alasan Mengapa Cocok Untuk Para Pemula

Panorama Dan Pemandangan Alam Luar Biasa Indah - Gunung Prau. credit photo: merahputih.com

Momen matahari terbit, bukit hijau yang luas menghampar, milky way saat malam hari, hingga beberapa puncak gunung tinggi di Pulau Jawa akan terlihat jelas di trek pendakian Gunung Prau jalur Patak Banteng dan sudah melewati pos kedua.

Khususnya untuk para pendaki yang memulai perjalanan mereka saat pagi-pagi buta, pasti mengincar momen matahari terbit atau golden sunrise yang muncul dari sela-sela Puncak Gunung Sindoro – Sumbing dan Gunung Merapi.

Dengan pemandangan yang super indah ini membuat pendaki pemula pasti akan bangkit semangatnya untuk menyelesaikan perjalanan mereka yaitu mendaki dan menaklukan Gunung Prau. Karena pemandangannya yang super keren ini juga keberadaan serta popularitas Gunung Prau cepat naik ke permukaan.

Bisa Melipir Ke Dataran Tinggi Dieng

Gunung Prau dan 5 Alasan Mengapa Cocok Untuk Para Pemula

Bisa Melipir Ke Dataran Tinggi Dieng - Gunung Prau. credit photo: phinemo.com

Gunung Prau adalah salah satu gunung juga yang mempunyai objek wisata yang menarik dan tidak bisa lo lewatkan begitu saja saat mendaki puncak tersebut. Sebut saja seperti Dataran Tinggi Dieng, Candi Arjuna, Telaga Sikidang merupakan beberapa tempat atau spot serta objek petualangan lain yang bisa lo hampiri saat mendaki Gunung Prau.

Terlebih Dataran Tinggi Dieng, objek petualangan ini patut untuk lo hampiri karena keindahannya yang menawan. Sekedar saran untuk lo nih, untuk mendaki Gunung Prau dan mampir ke Dataran Tinggi Dieng diharapkan lo membawa jaket atau baju hangat berlebih.

Saat musim kemarau, suhu yang ada di Dataran Tinggi Dieng mampu membekukan dan membuat embun-embun di rumput hijaunya menjadi sebuah es. Oleh karena suhu yang cukup ekstrim ini, Gunung Prau dan Dieng mengharuskan lo taat untuk pakai jaket atau baju hangat lainnya.

Kemudian, saat lo mendaki Gunung Prau dan mempunyai waktu yang berlebih, sila mampir ke homestay yang ada di dekat lokasi spot petualangan Candi Arjuna. Mengapa, karena momen matahari terbit di sana terkenal dengan pesona magisnya. Jadi, rasanya sayang untuk lo lewatkan begitu saja momen indah tersebut.

11-12 Dengan Gunung Papandayan

Gunung Prau dan 5 Alasan Mengapa Cocok Untuk Para Pemula

11-12 Dengan Gunung Papandayan - Gunung Prau. credit photo: asliindonesia.net

Untuk para pendaki, pasti sudah paham dan mengetahui bagaimana persamaan dari Gunung Prau dan Gunung Papandayan. Kedua gunung tersebut mempunyai kesamaan dari segi treknya. Namun, Gunung Papandayan lebih banyak memiliki ‘bonus’ untuk para pendaki.

Bonus di sini yang dimaksud adalah treka atau kontur tanah yang menanjak. Selain itu, persamaan lainnya yang dimiliki oleh Gunung Papandayan dan Gunung Prau adalah sama-sama memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya.

Trek yang tidak begitu menguras stamina dan tenaga, serta pemandangan yang indah tersebar merata di sepanjang pendakian merupakan impian atau idealnya para pendaki. Lalu, untuk pendaki pemula, hal ini adalah hal yang baik untuk memulai pendakian.

Nah, bagaimana bro? Dari 5 alasan terkait dengan pendakian yang ada di Gunung Prau, cocok untuk para pendaki pemula, apakah lo setuju dengan alasan dan penjelasan tersebut? Kalau mungkin lo ada informasi yang mendukung atau tidak mendukung 5 alasan di atas, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source

Feature Image - katalogwisata.com

Wilderness Beginner travelling solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Muhammad muhlis
Kerrreeeeeennnnn
Amir Mahfudzi
Gunung yg recomended untuk pemula