MAY 14, 2018

6 Hal Yang Perlu Lo Ketahui Mengenai Yayoi Kusama Sebagai Seniman Nyentrik!

Sebagai pecinta seni tentunya tahu dong dengan Yayoi Kusuma. Di Museum Macan sendiri telah diadakan pameran atas karya-karyanya. Penasaran dengan informasi lebih lanjutnya, lihat saja informasinya di bawah ini. 


Seniman nyentrik asal Jepang, Yayoi Kusama merupakan salah satu satu seniman yang sedang menjadi buah bibir di kalangan para pecinta seni di Indonesia. Melalui karya-karya ia menunjukan sebuah kualitas serta keaslian di atas segalanya. Penasaran siapa sih sebenarnya Yayoi Kusama itu, lihat 6 hal yang perlu lo ketahui seputar Yayoi Kusama itu sendiri. 

Dengan adanya pameran seni di Museum Macan akhir-akhir ini membuat nama Yayoi Kusama sendiri melejit. Karena memang karya-karya yang diberikan memiki sebuah kualitas dan karakternya sendiri. Lo bisa secara langsung mengindentifikasi kalau karya seni beliau tanpa harus melihat terlebih dahulu siapa yang membuat karya tersebut.

Tak heran kalau Museum Macan itu sendiri selalu penuh pada akhir-akhir ini. Selain dari Infinity Roomnya yang terkenal ternyata masih banyak karya-karya seni dari Yayoi Kusama yang patut lo ketahui. Kalau penasaran langsung saja lo datang ke pameran di museum tersebut.

Untuk tanggal mainnya dari pameran seni ini mulai dari tanggal 12 Mei hingga 9 September 2018, dan Museum Macan akan menghadirkan sebuah pameran seni yang bertaraf Internasional pertama di Indonesia yang bertajuk Yayoi Kusama : Life Is The Heart Of  A Rainbow. Namun ada baiiknya, kita tahu lebih dulu siapa sih sebenarnya Yayoi Kusama itu sendiri.

Obsesi Terhadap Fashion

Yayoi Kusama Dengan Busana Polkadotnya. 

Seniman yang terkenal dengan gaya serta gaya hidupnya nyentrik ini ternyata memiliki ketertarikan terhadap dunia fashion atau busana. Terbukti pada tahun 1960 Yayoi Kusama berhasil membuat pergerakan yang memadukan dunia fashion dan seni. Tak hanya itu di tahun yang sama, ia juga berhasil mengeluarkan brand fashionnya sendiri.

Perlu diketahui juga, kalau Yayoi Kusama berpindah ke Amerika Serikat dari Jepang dikarenakan oleh kemauannya yang ingin mendapatkan tempat yang memiliki pemikiran lebih bebas serta tidak menomor duakan kaum wanita. Oleh sebab itu, Yayoi Kusama sendiri dapat dikategorikan sebagai aktivis.

Kembali lagi ke ranah fashion, pada tahun 2012 ia berhasil bekerja sama dengan Louis Vuitton dalam sebuah koleksi yang meledak di pasaran. Kalau lo tahu dengan pola polkadot di dalam trend busana, nah Yayoi Kusama merupakan salah orang yang menciptaan pola tersebut.

Menampilkan Karya Yang Dibuat Hampir 70 Tahun

Salah Satu Karya Yayoi Kusama. Credit: ago.ca

Di pameran yang akan berlangsung di Museum Macan tersebut akan memamerkan kurang lebih 130 karya dari Yayoi Kusama. Yang unik dari beberapa karya tersebut ialah bahwa dari proses pembuatannya. Karena hampir seluruh karya tersebut dibuat sejak era 1950.

Dapat digaris bawahi kalau memang dari semua karya yang ada sudah berusia hampir 70 tahun. Dan merupakan kesempatan yang jarang apabila lo dapat melihat secara langsung karya-karnya tersebut. Mulai dari lukisan, patung hingga karya di atas kertas akan terpampang rapih di dalam pameran ini.

Tak hanya itu, tentunya dengan hasil karya tersebut akan mendatangkan sebuah pemikiran kreatif buat lo yang melihat. Namun pada saat datang ke pamerannya harap untuk selalu memperhatikan segala aturan yang ada yaa.

Memamerkan Hasil Karya Perjalanan Yayoi Kusama

Karya Yayoi Kusama Dengan Nama "The Spirit of the Pumpkins Descends into The Heavens". Credit: artmonthly.org.au

Layaknya seorang seniman yang sudah memiliki jam terbang serta pemikiran yang kreatif, tentunya setiap dari karya yang sudah dibuat oleh Yayoi Kusama sendiri memliki cerita di balik semuanya itu. Oleh sebab itu di dalam pameran ini juga terdapat beberapa pilihan karya seni Yayoi Kusama yang memang sudah mendunia serta memiliki arti yang mendalam dalam kehidupannya.

Beberapa koleksi karya seninya yang sudah mendunia yaitu Dots Obsession, Narcissus Garden, The Spirit of the Pumpkins Descends into The Heavens, The Obliteration Room, serta beberapa instalasi lainnya yang sudah pernah dipamerkan di 15 negara.

Tentunya untuk dapat menyempatkan waktu lo akan terbayarkan dengan beberapa koleksi pameran Yayoi Kusuma ini. Jadi kalau lo ada waktu kosong dan lo termasuk orang yang menyukai seni tak ada salahnya untuk mampir ke pameran ini.

Indonesia Menjadi Pemberhentian Terakhir

Salah Satu Karya Yayoi Kusama Yang Bisa Lo Nikmati Di Setiap Pamerannya. Credit: dunnedwards.com

Merupakan sebuah keuntungan besar bagi para pecinta seni di Indonesia, karena kedatangan sebuah pameran yang tentunya akan susah lagi lo dapatkan. Karena memang perlu diketahui kalau karya seni dari Yayoi Kusama sendiri merupakan sebuah karya yang sangat legendaris.

Setelah ditampilkan di beberapa negara termasuk National Gallery Singapore dan Queensland Art Gallery serta Gallery of Modern Art di Australia, kini para karyanya akan mampir di depan mata lo bro. Tentunya ini merupakan momen yang jarang akan lo dapatkan.

Tanpa Sketsa

Ilustrasi Yayoi Kusama Dalam Menciptakan Karyanya. Credit: highsnobiety.com

Dengan karyanya yang mendunia tersebut, ternyata Yayoi Kusama sendiri tak pernah membuat sketsa terlebih dahulu. Jadi semua hasil karya seninya murni datang dari pemikirannya sendiri. Memang ia memiliki pemikiran yang bebas namun bisa di realisasikan secara seni.

Oleh sebab itu mengapa dari setiap hasil karya yang ia buat benar – benar mencerminkan dirinya. Mulai dari setiap titik yang ia tuangkan di atas kanvas maupun melalui media lain memang berasal dari dalam dirinya.

Maka tak heran bilamana lo melihat hasil karya yang dibuat oleh Yayoi Kusama akan mendapatkan sebuah karakteristik yang kuat.

Rumah Sakit Jiwa

Ilustrasi Yayoi Kusama. Credit: dezeen.com/

Salah satu hal menarik dari Yayoi Kusama selain dari karya seninya ialah rumah sakit jiwa. Yaa memang kehidupan dari Yayoi Kusama pernah masuk ke dalam rumah sakit jiwa. Tepatnya rumah sakit Seiwa pada tahun 1977.

Konon katanya ia pun mendaftarkan dirinya sendiri ke rumah sakit tersebut karena untuk menyembuhkan halusinasinya. Namun ia menyadari kalau hal tersebut bukanlah hal yang tepat. Lalu di dekat rumah sakit jiwa tersebut yang terletak di Shinjuku, Tokyo ini pula ia membangun sebuah studio miliknya.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Yayoi Kusama serta pamerannya yang ada di Museum Macan? Semoga bisa menjadi panduan pada saat lo mengunjungi pameran tersebut. Selamat beraktivitas bro!

 


Please login to comment
4 COMMENTS
Muhammad muhlis
May 16, 2018 at 1:31 PM

Mantaffffff


Anggi
May 18, 2018 at 4:32 AM

good job


Muhammad muhlis
May 20, 2018 at 10:40 PM

Keren banget deh


Hengky kik
May 22, 2018 at 11:56 PM

Inspiratif ....kereeen