Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban Atau Pantai Blue Point di Bali

Jangan bingung dulu ya, spot petualangan ini memang mempunyai dua nama. Nama pertama adalah Pantai Suluban dan yang kedua adalah Pantai Blue Point. Pantai ini adalah salah satu pantai terbaik yang ada di Bali.

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban Atau Pantai Blue Point di Bali

Jangan bingung dulu ya, spot petualangan ini memang mempunyai dua nama. Nama pertama adalah Pantai Suluban dan yang kedua adalah Pantai Blue Point. Pantai ini adalah salah satu pantai terbaik yang ada di Bali.

Keberadaan dan popularitas spot petualangan ini semakin terkenal karena adanya pengaruh dari sosial media, khususnya Instagram. Tidak dipungkiri, keindahan Pantai Suluban memang instagrammable. Namun, selain memang indah, Pantai Suluban mempunyai ombak yang besar dan menantang.

Karena ombaknya yang besar dan menantang, hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi para petualang yang suka selancar. Tidak heran, pantai ini selalu ramai oleh para petualang dari dalam negeri sendiri serta petualang dari mancanegara yang ingin mencoba ombak besar tersebut.

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban Atau Pantai Blue Point di Bali

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban, Bali. credit photo: gulalives.co

Darimana asal ombak besar yang menantang ini berasal? Pantai Suluban berada di selatan Pulau Bali, tepatnya di Kabupaten Badung. Spot petualangan ini juga dekat dengan Pantai Padang Padang. Kemudian, Pantai Suluban langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.

Nah, sekedar tips untuk lo yang rindu akan tantangan untuk ombak yang besar, datanglah ke Pantai Suluban saat menjelang sore. Pada saat itu, ombak akan semakin membesar karena kondisi laut dan pantai yang tengah pasang.

Saat seperti ini, ombak akan semakin besar dan semakin menantang. Lo bisa puaskan adrenalin lo dengan berselancar di sini dan menaklukan ombak yang besar tersebut. Nah, karena luas pantai yang tidak seluas Pantai Kuta, saat pasang, bahkan hampir seluruh bibir pantai akan terendam air saat sedang pasang.

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban Atau Pantai Blue Point di Bali

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban - Surfing di Pantai Suluban. credit photo: kabarwisata.com

Hal ini adalah salah satu alasan mengapa Pantai Suluban mendapatkan ombak yang besar dan menantang. Keindahan Pantai Suluban semakin lengkap karena kondisi pantainya sendiri. Pasir putih yang luas menghampar, air laut yang jernih dan biru, serta dikelilingi oleh bebatuan besar atau tebing yang menambah nilai keindahan yang ada di pantai ini.

Oh iya, perlu lo ketahui nih, asal muasal kata atau nama Suluban. Nama tersebut berasal dari kata Mesulub, yang artinya berjalan di bawah sesuatu, atau lewat dibawah sesuatu. Arti kata ini cocok dengan kondisi pantainya.

Untuk mencapai Pantai Suluban, lo harus berjalan di bawah tebing atau batu karang yang ada disekeliling pantai ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pantai Suluban berada di kepungan karang-karang atau tebing yang tinggi dan terjal.

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban Atau Pantai Blue Point di Bali

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban - Surfing di Blue Point. credit photo: pedomanwisata.com

Jalan setapak yang ada di tengah-tengah kepungan batu karang atau tebing terjal yang dimaksudkan juga hanya muat untuk satu orang saja, jadi sebaiknya bergantian saat hendak ingin naik dari pantai atau turun ke pantai.

Kondisi pantai yang indah, ombak besar yang menantang, keindahan Pantai Suluban dilengkapi dengan momen matahari terbenam yang menjadi banyak favorit para petualang. Dengan banyak cara mereka menikmati momen tersebut.

Dari santai di pinggir pantai, hingga menikmati momen matahari terbenam atau sunset tersebut dari kafe serta hotel yang ada di atas Pantai Suluban dan sekitarnya. Berbicara tentang kafe atau hotel, Pantai Suluban juga terkenal dengan berbagai fasilitas lengkapnya.

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban Atau Pantai Blue Point di Bali

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban - Bersiap Untuk Surfing. credit photo: balisaritour.com

Deretan kafe dan deretan akoomodasi penginapan akan terlihat dari atas bukit dan batu karang serta tebing-tebing terjal. Deretan fasilitas lengkap tersebut langsung menghadap ke bibir pantai, sehingga menikmati momen matahari terbenam adalah salah satu momen yang ditunggu di sana.

Walau fasilitasnya yang lengkap dan cenderung mewah, Pantai Suluban juga terbuka lebar untuk para backpacker! Artinya, tidak semua fasilitas bisa dikatakan mahal, karena tidak sedikit para backpacker yang menghabiskan waktu petualangannya di sini.

Untuk mencapai ke Pantai Suluban, lo akan dihadapkan oleh dua jalan yang menuju ke dua spot yang berbeda, satu akan ke Pantai Suluban dan satu lagi akan ke Pantai Blue Point. Nah, sekedar tips untuk lo nih – kalau ingin sekedar santai menikmati suasana, langsung saja mengarah ke Blue Point.

Di Blue Point sendiri, lo akan dimanjakan dengan berbagai deretan kafe yang keren. Kafe-kafe tersebut banyak yang menjadi pilihan untuk menikmati momen matahari terbenam.

Kemudian, tips kedua, saat lo tidak ingin menikmati momen matahari terbenam yang itu-itu saja, lo bisa datang ke Pura Uluwatu untuk melihat pertunjukan Tari Kecak. Bro, perlu lo ketahui, melihat Tari Kecak langsung dan secara dekat mempunyai daya magisnya tersendiri, lho.

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban Atau Pantai Blue Point di Bali

Keseruan Berpetualang di Pantai Suluban - Sunset di Pantai Suluban. credit photo: mealoku.com

Lalu, hal sederhana ini juga perlu lo ketahui nih, untuk masuk ke dalam kawasan Pantai Suluban atau Pantai Blue Point, lo tidak akan dikenakan biaya tambahan seperti tiket masuk. Keperluan yang perlu biaya dan hanya seharga Rp. 5.000 adalah biaya parkir di sana.

Setelah itu, waktu yang paling tepat untuk datang dan menyaksikan keindahan yang ada di Pantai Suluban atau Pantai Blue Point adalah saat siang hari dan saat matahari akan terbenam. Saat siang hari, banyak para surfer yang tengah mengadu adrenalinnya ditengah laut dan diantara ombak-ombak besar.

Selanjutnya, saat menjelang matahari terbenam, seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, sunset di Pantai Suluban adalah salah satu yang terbaik di Bali. Oleh karena itu, tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih pemandangan yang magis tersebut.

Wah, bagaimana nih bro? Apakah lo semakin penasaran dengan Pantai Suluban atau Pantai Blue Point ini? Kalau iya, itu artinya sekarang lo tinggal mencari waktu libur dan cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - backpackeninazie.nl

 

Wilderness Beginner travelling pantai bali solo traveling solo backpacker

1 COMMENTS

SHARE
Indahhhhh banget