MAY 15, 2018

Deretan Pantai di Gunung Kidul, 7 Pantai Ini Dinyatakan Yang Paling Bagus, Setuju Bro?

Berpetualang ke 7 deretan pantai yang mendapat predikat pantai yang paling indah di Gunung Kidul, Yogyakarta - wah, seperti apa itu ya, bro?


Identik dengan wisata sejarahnya, Yogyakarta juga mempunyai spot petualangan yang bergantung dengan kondisi alamnya. Salah satunya adalah berbagai deretan pantai yang ada di Gunung Kidul. Karena banyak sekali pantai di sana, berikut 7 pantai terbaik yang ada di Gunung Kidul.

Yogyakarta, khususnya daerah Gunung Kidul, memang dianugrahi berbagai pantai yang indah pemandangannya. Oleh karena itu, tidak heran jika daerah Gunung Kidul selalu ramai dikunjungi oleh para petualang, baik petualang yang datang dari dalam negeri sendiri atau yang dari mancanegara.

Karena banyak para petualang yang singgah di berbagai spot petualangan di sana, daerah Gunung Kidul juga menjadi cepat perkembangan infrastrukturnya. Hal ini dikarenakan oleh berbagai pembangunan villa, hotel, atau cottage, dan berbagai fasilitas lainnya untuk mendukung pariwisata serta para petualang yang datang dari berbagai daerah.

Nah, apakah lo semakin penasaran dengan spot-spot terbaik dan favorit para petualang di sana? Simak nih bahasannya, ya!

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu - Pemandangan Dari Atas di Pantai Wohkudu, Gunung Kidul. credit photo: brobali.com

Menjadi salah satu deretan pantai yang indah di Gunung Kidul bukan tanpa alasan untuk Pantai Wohkudu ini. Letaknya yang tersembunyi karena diapit oleh dua batu karang yang besar menjadikan spot petualangan ini seperti serpihan surga yang tersembunyi.

Tidak memiliki hamparan pasir yang luas, justru membuat Pantai Wohkudu menjadi salah satu pantai yang bernuansa eksklusif. Karena tempatnya yang sedikit tersembunyi, para petualang yang biasanya ke sini adalah mereka yang menghindari keramaian atau ingin menyendiri dari hiruk pikuk rutinitas.

Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo - Deretan Pantai di Gunung Kidul. credit photo: brobali.com

Walau pantai ini tidak terlalu luas, namun pemandangan indah di Pantai Wedi Ombo ini juga tidak bisa lo lewatkan begitu saja. Hal ini berkaitan dengan keindahan yang ada di sana, air laut yang jernih kebiruan, serta batu karang terkadang timbul kepermukaan, membuat spot petualangan ini juga terkenal karena spot snorkelling dan divingnya.

Pulau Timang – Pantai Timang

Pulau Timang – Pantai Timang, Deretan Pantai di Gunung Kidul. credit photo: sagitariustours.com

Terkenal dengan jembatan gantungnya yang ekstrim dan kontur pantai yang tidak seperti biasanya, Pulau Timang adalah salah satu pantai dengan pemandangan yang indah dan luar biasa berbeda dari beberapa deretan pantai di Gunung Kidul.

Bongkahan batu besar nan cadas menghiasi sekeliling pantai. Namun, tetap saja ada hamparan pasir putih disekelilingnya walau tidak banyak atau luas. Di pinggir pantainya terdapat tumbuhan pandan yang tumbuh subur. Mirip dengan deretan pantai lainnya, tidak banyak petualang yang sudah mengetahui spot petualangan ini.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis - Deretan Pantai di Gunung Kidul. credit photo: satujam.com

Kalau spot petualangan yang satu ini sudah tidak perlu lo ragukan lagi keindahan pemandangannya, bro. Pantai Parangtritis adalah salah satu deretan pantai di Gunung Kidul yang sudah terkenal. Banyak petualang yang akan memadati spot ini saat menjelang akhir pekan.

Pantai dengan kontur alam yang berbukit, membuat aktivitas seru di pantai ini semakin banyak. Salah satunya yang diminati banyak petualang adalah Paralayang. Selain memacu adrenalin karena ketinggiannya, lo juga bisa menikmati pemandangan indah dari ketinggian tersebut.

Oh iya, perlu lo ketahui juga, nih, Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai di deretan garis selatan Gunung Kidul yang mempunyai spot sempurna untuk melihat momen matahari terbenam. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak para petualang yang membawa kamera canggih untuk mendapatkan kesempurnaan momen matahari terbenam tersebut.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti - Deretan Pantai di Gunung Kidul. credit photo: piknikdong.com

Dahulu, pantai ini disebut dengan nama Pantai Pulang Syawal ata juga biasa disebut dengan nama “Pantai Pulsa”. Nama dari pantai ini diambil dari nama sepasang suami istri yang tinggal di dekat pantai dan mendirikan kafe atau restoran bernama Indrayanti.

Kemudian, karena nama Pantai Pulang Syawal tidak mudah diingat, jadilah nama sepasang suami istri tersebut yang dijadikan nama tempat ini. Keindahan pemandangan yang ada di pantai ini tidak kalah dengan deretan pantai yang ada di Pulau Bali dan Lombok.

Pantai Kukup

Pantai Kukup - Deretan Pantai Gunung Kidul. credit photo: wisatanasional.net

Sebagai salah satu deretan pantai di Gunung Kidul yang indah karena pemandangannya, Pantai Kukup adalah salah satu pantai yang mempunyai biota laut terlengkap. Ragam ikan laut dan beragam biota laut lainnya serta terumbu karang – menghiasi spot petualangan ini.

Oleh karena itu, Pantai Kukup juga menjadi salah satu spot snorkelling dan diving yang seru karena pemandangan alam bawah lautnya yang luar biasa. Lalu, keindahannya tidak sampai situ saja, seperti Tanah Lot, Pantai Kukup juga memiliki gardu pandang di atas batuan tebing.

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran - Deretan Pantai di Gunung Kidul, credit photo: wisataku.id

Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang eksotik di deretan pantai di Gunung Kidul. Eksotisme tersebut akan terlihat saat air laut sedang surut. Hal tersebut akan membuat alga hijau atau coklat akan menghiasai pinggiran Pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang terawat. Hal ini bisa dilihat dari hiasan patung-patung atau stupa bebatuan yang ada di sekitaran pantai. Hal ini juga menambah manisnya pemandangan yang ada di Pantai Ngobaran ini.

Bebatuan besar yang cadas juga ikut mengindahkan panorama yang ada di spot petualangan tersebut. Kemudian, fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah cukup lengkap. Hal ini terlihat dari warung makan serta akomodasi penginapan yang sudah ada di sana.

Wah, bagaimana nih bro dengan 7 pantai yang ada di Gunung Kidul? Apakah sudah ada yang masuk ke dalam daftar perjalanan atau petualangan lo? Kalau iya, langsung saja lo siapkan cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - travel.idntimes.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!