MAY 16, 2018

Wisata Purworejo, 9 Spot Petualangan Yang Hits di Kawasan Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah tidak melulu identik dengan Yogyakarta yang memang sudah terkenal dengan berbagai spot petualangan yang seru. Namun kali ini, 9 spot petualangan yang hits datang dari Kabupaten Purworejo, mau tahu seperti apa saja spot petualangan tersebut?


Provinsi Jawa Tengah tidak melulu identik dengan Yogyakarta yang memang sudah terkenal dengan berbagai spot petualangan yang seru. Namun kali ini, 9 spot petualangan yang hits datang dari Kabupaten Purworejo, mau tahu seperti apa saja spot petualangan tersebut?

Kabupaten Purworejo, sekitar 1-2 jam perjalanan jika lo berada di Kota Yogyakarta, mempunyai berbagai spot petualangan yang tidak kalah seru dan hits. Dengan perkembangan sosial media, khususnya pengguna Instagram, keberadaan beberapa spot petualangan di Purworejo ini mulai muncul ke permukaan dan terkenal.

Hal ini tidak ayal karena keindahan serta panorama yang disuguhkan di berbagai spot petualangan yang ada di Purworejo, yang tidak kalah indah dengan spot petualangan lainnya. Namun, karena baru-baru ini saja muncul ke permukaan, spot-spot tersebut masih sepi akan petualang atau para traveller.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari simak bahasan kali ini yang akan mengupas 9 spot petualangan hits di kawasan atau wilayah Purworejo.

Curug Silangit

Curug Silangit - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: spadepicnic.wordpress.com

Berlokasi di Desa Somongari, Curug Silangit menjadi salah satu aset atau spot petualangan yang hits yang berada di Kabupaten Purworejo. Curug dengan ketinggian mencapai 50 meter dengan volume air yang cukup deras ini dapat menggugah adrenalin para petualang.

Pasalnya, sungai yang berada di bawahnya ternyata cukup dalam, jadi sepertinya bisa digunakan untuk cliff jumping. Namun, walau begitu, sampai saat ini sepertinya pihak pengelola belum mengizinkan para petualangan melakukan aksi ekstrim tersebut.

Hutan Alam – Kusumo Asri

Hutan Alam – Kusumo Asri, Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: asikanjakarta.blogspot.com

Hutan Alam Purworejo atau terkenal juga dengan nama Kusumo Asri adalah hutan alam yang kondisinya masih terjaga dengan baik oleh pihak pengelola. Hal ini terlihat dari kebun binatang mini di dalamnya yang mempunyai berbagai spesies satwa endemik Pulau Jawa.

Hutan ini cukup tepat untuk dijadikan spot berkemah. Pasalnya, udara serta panorama dan pemandangan indah di sini cukup membuat lo puas. Hutan alam Purworejo ini juga cocok untuk para petualang yang mencari ketenangan dan menghindar dari hiruk pikuk kota.

Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: berbagifun.com

Tidak hanya air terjun atau lebatnya hutan alam, Purworejo juga mempunyai pantai yang tidak kalah indah dari deretan pantai yang ada di Indonesia, nih. Pantai yang terkenal dengan nama Pantai Jatimalang adalah salah satu spot petualangan yang tengah hits di kalangan petualang purworejo.

Seperti ciri khas deretan pantai lainnya di selatan Pulau Jawa, Pantai Jatimalang juga terkenal dengan ombaknya yang besar. Maka tidak heran jika banyak para petualang yang ke sini sembari menjinjing papan selancar. Pantai Jatimalang juga menjadi spot keren untuk berselancar.

Pantai Ketawang

Pantai Ketawang - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: travelingyuk.com

Salah satu pantai lainnya yang berada di Kabupaten Purworejo adalah Pantai Ketawang. Pantai yang mempunyai mercusuar ini juga mendadak terkenal keberadaanya. Pasalnya, hiasan yang instagrammable tersedia di sini, jadi para petualang bisa mengabadikan momen petualangan mereka di spot-spot yang instagrammable.

Pantai yang masih belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah setempat ataupun pengelola swasta ini sering mengadakan lomba pacuan kuda. Acara ini lumayan menyedot perhatian para petualang yang tengah berada di sini. Namun, sayang lomba pacuan kuda ini belum menjadi acara yang rutin.

Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: sumber.com

Siapa bilang Purworejo tidak mempunyai spot petualangan yang menyibak sejarah zaman dahulu? Museum Tosan Aji atau juga terkenal dengan nama Museum Pusaka menjadi spot petualangan yang tengah hits di Purworejo.

Dengan bangunan dan nuansa klasik, museum ini dengan apik merawat serta mempertunjukan berbagai koleksi sejarah dan koleksi pusaka khas tanah Jawa. Koleksi-koleksi di museum ini juga termasuk yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi, lho.

Gua Seplawan

Gua Seplawan - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: sobondeso.com

Berlokasi di Desa Donorejo, Gua Seplawan ini menjadi salah satu spot petualangan di Purworejo yang hits dan terkenal. Keberadaanya semakin terkenal saat di dalam gua ini ditemukan sepasang arca emas dari Dewi Pawestri dan Dewa Siwa dengan berat lebih dari 1 kilogram.

Namun, dua arca emas itu sekarang berada di Museum Nasional Jakarta. Selain penemuan tersebut, popularitas spot petualangan ini juga naik karena pemandangan yang tidak biasa di dalamnya. Stalagmit dan Stalaktit khas sebuah gua terlihat jelas di dalamnya.

Untuk masuk dan keluar gua pun sudah mudah aksesnya. Pengelola spot petualangan ini membuatkan akses jalan yang cukup mudah dilalui oleh para petualang. Hal ini terlihat dari tangga besi yang memudahkan para pengunjung gua untu masuk dan keluar dari spot petualangan tersebut.

Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: fajarbeve07.blogspot.com

Berlokasi di Kelurahan Baledono – Purworejo, Puncak Geger Menjangan menjadi salah satu spot petualangan yang hits dan terkenal di sana. Sebuah puncak di atas bukit ini akan menyuguhkan pemandangan Kota Purworejo dan Pantai Selatan.

Pihak pengelola yang mengembangkan Puncak Geger Menjangan bahkan menambahkan beberapa spot keren di Puncak Geger Menjangan yang disenangi oleh anak muda, nih. Salah satunya adalah fasilitas meja billiar, arena minicross, dan arena panjat tebing.

Benteng Pendem

Benteng Pendem - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: wisatalova.com

Pada masa penjajahan, Purworejo adalah salah satu markas dari para penjajah. Oleh karena itu, tidak heran sekarang terlihat berbagai peninggalannya, salah satunya adalah Benteng Pendem. Sekarang ini Benteng Pendem menjadi salah satu spot petualangan yang menarik, sayangnya kurang perawatan saja.

Curug Muncar

Curug Muncar - Wisata Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: tokoilmukita.blogspot.com

Nah, spot petualangan yang ke 9 ini adalah sebuah curug yang berada di Desa Kaliwungu. Curug Muncar adalah salah satu spot petualangan yang ada di Purworejo yang masih jarang terjamah oleh tangan manusia.

Medan perjalanan yang cukup terjal dan menantang cukup cocok untuk para petualang yang merindukan tantangan untuk menaklukan sebuah air terjun, nah air terjun Muncar ini adalah salah satu yang bisa memuaskan tantangan yang diterima oleh para petualang.

Wah, bagaimana nih bro? Semakin tidak sabar untuk berpetualang di spot-spot hits yang ada di Purworejo? Kalau iya, langsung saja siapkan waktu kosong untuk berpetualang, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - panwis.com

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Muhammad muhlis
May 16, 2018 at 1:30 PM

Mantaffff