MAY 16, 2018

Air Terjun Cikanteh, Kesegaran Curug Dengan 3 Tingkat Yang Berbeda

Buat lo yang ingin mencari kesegaran di air terjun, tentunya Air Terjun Cikanteh bisa menjadi salah satu destinasi lo berikutnya. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini.


Kota Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki berbagai jenis wisata alam yang tentunya memiliki keindahan serta suasananya yang asri. Hal itu bisa dilihat dari salah satu air terjun yang bernama Air Terjun Cikanteh. Dengan memiliki 3 tingkatan, air terjun terus menjadi salah satu air terjun yang memiliki daya tarik kuat bagi para wisatawan.

Air terjun yang ada di kawasan Cimeas, Sukabumi, Jawa Barat ini memang memiliki kesegaran serta airnya yang jernih dan bersih. Tak hanya itu saja, setiap lo yang berkunjung ke kawasan ini langsung merasakan sebuah hal yang tidak akan lo dapatkan lagi di tempat lain.

Berbicara mengenai 3 tingkatan yang ada di dalam air terjun ini, selain dari keindahannya tingkatan tersebut juga memiliki sebuah nama. Untuk tingkatan yang paling tinggi diberi nama Curug Cikanteh, sedangkan untuk tingkatan yang kedua diberi nama Curug Ngelai dan untuk tingkatan yang paling rendah diberi nama Curug Sondong.

Apabila lo berkunjung ke air terjun ini, tentu saja langsung mendapatkan keindahan dari ketiga tingkatan air terjun itu sendiri. Namun aktivitas apa saja sih yang dapat lo lakukan apabila berada di kawasan Air Terjun Cikanteh ini? Karena memang dengan keindahan serta kesegaran yang ditawarkan pasti akan membuat lo ingin sekali basah-basahan di bawah air terjun tersebut.

Bermain Air

Suasana Di Air Terjun Cikanteh. Credit: tempatwisataunik.com

Tentu saja ini merupakan aktivitas utama yang bisa lo lakukan di kawasan air terjun ini. Namun ada yang berbeda ketimbang air terjun lainnya yang bisa lo dapatkan. Karena lo akan ditemani oleh 3 air terjun secara sekaligus serta dengan kesegaran airnya.

Dari kejernihan airnya juga akan membuat ingin sekali untuk memasukan badan lo serta merasakan bagaimana air alami tersebut menyentuh kulit lo. Tak hanya itu saja, lo juga bisa langsung berinterasi bersama para ikan yang memang hidup di kawasan ari terjun nan indah ini.

Namun untuk selalu diperhatikan mengenai keselamatan pribadi lo yaa bro, karena memang biarpun indah namun medan yang ada di tempat ini tergolong licin dan memiliki batu yang lumayan banyak. Belum lagi dengan dasar air terjunnya yang curam. Selalu utamakan keselamatan lo yaa!

Keindahan Air Terjun Cikanteh

Keindahan Air Terjun Cikanteh Yang Menyegarkan. Credit: xplora.id

Air terjun Cikanteh ini sendiri merupakan salah satu wisata alam di Sukabumi yang tentunya memiliki keindahan yang alami. Dari lokasinya saja menunjukan kalau memang air terjun ini merupakan hasil prakarya alam yang memang berhasil membuat mata kita terpesona.

Terletak di kawasan Geopark Ciletuh serta lokasinya yang tergolong tersembunyi ini membuat lo untuk sampai di lokasi harus melakukan perjalanan melalui hutan hujan tropis yang sejuk dan lebat. Bukan hanya itu saja lo harus menyusuri semak-semak serta menyeberangi sungai. Walaupun harus melewati sedikit rintangan itu, namun tenang saja bro pada saat tiba di lokasi air terjun ini langsung akan terbayarkan dengan keindahannya.

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 60 meter ini memang memilki bentuknya yang cukup lebar. Air terjun yang jatuh dari atas tebing ini memang mirip sekali dengan wahana-wahana air yang terdapat di taman permainan air. Ditambah lagi dengan suhu airnya dingin, sungguh segar bro!

Tak hanya sampai di situ saja, dari formasi jatuhnya air terjun ini serta lokasi yang sembunyi dan suasana alamnya bersatu menjadi satu sehingga menciptakan sebuah perpaduan yang sangat indah serta mengesankan. Karena hal itu pula membuat banyak pengunjung yang betah untuk berlama-lama di kawasan ini.

Hunting Foto

Keindahan Air Terjun Cikanteh. Credit: commons.wikimedia.org

Bagi lo yang memiliki hobi fotografi tentunya lokasi serta air terjun ini sendiri merupakan sebuah kanvas yang indah serta cocok untuk diabadikan. Serta terdapat sebuah spot unik yang ada di tempat ini. Yaitu terdapat sebuah jembatan kayu yang unik. Di sanalah menjadi salah satu tempat atau spot yang akan memberikan lo hasil foto yang memuaskan.

Selain itu dari pesona yang ditawarkan oleh air terjun ini juga bisa menjadi salah satu perhitungan lo pada saat ingin mengambil foto di kawasan ini. Karena memang suasana hutan hujan tropis yang sejuk serta hijau akan menjadi sebuah alternatif lain dalam pengambilan gambar di kawasan ini. Insting lo pada saat berfoto akan selalu di uji di tempat ini.

Namun harus selalu diperhatikan juga bro pada saat melakukan sesi foto atau berfoto-foto di kawasan air terjun ini, yaitu selalu menjaga keselamatan lo serta perangkat foto yang lo bawa. Karena memang dari air merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan.

Akses Menuju Air Terjun Cikanteh

Suasana Di Kawasan Air Terjun Cikanteh. Credit: rahmaliza.weebly.com

Bilamana lo ingin menuju ke kawasan air terjun ini, ada beberapa hal yang harus lo perhatikan bro. Untuk letak pastinya berada di titik Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Cimeas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dikarenakan lokasi air terjun yang ada di kawasan Geopark Ciletuh, oleh sebab itu akses yang akan lo lalui memiliki jalan yang cukup baik. Aksesnya pun bisa lo lewati dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Namun tetap harus berhati-hati bro, karena masih terdapat beberapa jalan serta titik dimana masih terdapat beberapa lubang serta kondisinya yang masih rusak.

Untuk rutenya sendiri, bisa lo mulai dari Kota Bandung atau Jakarta yang langsung menuju ke Kota Sukabumi. Ketika lo sudah sampai di Kota Sukabumi, yang harus lo lakukan ialah teruskan perjalanan lo menuju Cimeas melalui Cimanggu. Kurang lebih akan memakan waktu 3 jam.

Dari pusat Kecamatan Cimeas dilanjutkan ke Dusun Cikanteh dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Untuk kondisi jalan dari Kecamatan Cimeas hingga Dusun Cikanteh didominasi dengan jalan aspal yang sempit, oleh sebab itu untuk selau berhati-hati pada saat melakukan perjalanan ke sana yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Air Terjun Cikanteh di atas? Semoga dapat berguna sebagai informasi yang dapat membantu lo pada saat berkunjung di kawasan ini. Tentunya harus selalu bersyukur karena di negeri Indonesia ini memiliki berbagai keindahan alam yag beragam. Selamat beraktivitas bro!


Please login to comment
1 COMMENTS
Muhammad muhlis
May 16, 2018 at 1:29 PM

Kereeennnnnnn



LOCATION