MAY 16, 2018

Bukit Campuhan, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Trekking Ke Sana, Bro!

Bukit Campuhan adalah salah satu spot petualangan yang paling foto genik, atau instagrammable di Ubud, Bali. Penasaran bagaimana spot petualangan tersebut?


Campuhan atau Bukit Campuhan, mungkin nama ini sudah tidak asing di telinga para petualang yang suka berpetualang di Pulau Dewata, Bali. Salah satu spot petualangan yang paling foto genik, atau instagrammable di Ubud, Bali. Penasaran bagaimana spot petualangan tersebut?

Bali, Pulau Dewata memang tidak selalu tentang deretan pantai yang berfasilitas lengkap. Di Ubud, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada salah satu spot petualangan yang tengah muncul ke permukaan dan keberadaanya sudah dikenal oleh berbagai petualang dari dalam negeri sendiri dan mancanegara.

Naiknya popularitas Bukit Campuhan sebagai salah satu spot petualangan yang instagrammable juga terkait dengan keindahan pemandangan panorama alamnya. Tidak dipungkiri, hamparan rerumputan hijau yang ada di sana memang menyejukan mata.

Jadi, tidak heran jika dapat memandangi foto atau bentuk rekaman lainnya tentang bukit tersebut bisa berlama-lama dan tidak bosan. Nah, jika lo sudah penasaran dan sudah berada di Ubud Bali, ada 5 hal yang perlu lo ketahui nih, sebelum naik atau trekking ke Bukit Campuhan tersebut.

Lokasi Bukit Campuhan, Ubud – Bali

Lokasi Bukit Campuhan, Ubud – Bali, Bukit Campuhan. credit photo: kintamani.id

Salah satu hal utama yang perlu lo ketahui untuk sampai di perbukitan hijau yang instagrammable tersebut adalah lokasinya. Bukit Campuhan terletak di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Bukit Campuhan juga satu kawasan dengan Pura Gunung Lebah.

Pintu masuk ke Bukit Campuhan ada di Ibah Villas & Suites. Saat sudah masuk ke kawasan Ibah Villas & Suites tersebut, masuk dan ambilah jalur kiri. Di papan petunjuk jalan juga menyatakan arah tersebut akan menuju ke bukit hijau tersebut.

Jika lo tidak menemukan tanda panah atau papan petunjuk tersebut, sebaiknya tanya kepada pengelola dari Ibah Villas & Suites ke mana arah untuk menuju Bukit Campuhan.

Trek Ke Bukit Campuhan

Trek Ke Bukit Campuhan, Ubud - Bali. credit photo: punapibali.com

Setelah melewati gerbang masuk dari Ibah Villas & Suites tersebut, lo akan menemui sebuah pura. Pura tersebut adalah Pura Gunung Lebah. Jika sudah menemukan pura tersebut, di sana juga akan ada papan petunjuk yang akan mengarahkan lo ke sebelah kanan.

Depan pura ini, trek untuk menuju Bukit Campuhan sudah terbuka untuk lo. Treknya cukup bersahabat, dengan lebar 1.5 meter dan jarak sepanjang 2 kilometer, membuat perjalanan lo pasti akan tetap seru. Dengan waktu tempuh 15-20 menit, lo sudah bisa menikmati pemandangan indah di Bukit Campuhan.

Oh iya bro, perlu lo ketahui nih, ketika lo memasuki kawasan Bukit Campuhan ini, lo tidak akan dipungut biaya apapun. Jadi, dengan bebas lo bisa eksplorasi spot petualangan yang instagrammable ini, nih!

Waktu Terbaik ke Bukit Campuhan

Waktu Terbaik ke Bukit Campuhan, Ubud - Bali. credit photo: jadiberita.com

Bukit yang luas dan memiliki hamparan rumput hijau yang instagrammable ini mempunyai ‘waktu emas’ untuk dikunjungi. Salah satu waktu emas yang sering dijadikan waktu kunjungan para petualang adalah saat pagi hari.

Bahkan ada yang sudah dari subuh datang ke Bukit Campuhan ini untuk mengejar momen matahari terbit. Memang tidak bisa disangkal bahwa pemandangan di Bukit Campuhan saat pagi hari sangat magis. Daya tarik ini yang membuat para petualang akan selalu kembali ke sini.

Lalu, tidak hanya saat matahari terbit saja bro, namun saat matahari terbenam, Bukit Campuhan juga akan ramai dengan para petualang yang ingin mengabadikan momen matahari tersebut. Senja di Bukit Campuhan memang salah satu yang terbaik.

Semburat senja di Bukit Campuhan akan terlihat jelas saat sedang musim panas. Oleh karena itu, lo bisa hindari musim hujan saat ingin ke spot petualangan ini.

Jalan Kaki atau Bersepeda

Jalan Kaki atau Bersepeda - Bukit Campuhan, Ubud - Bali. credit photo: nianastiti.com

Dua-duanya adalah aktivitas yang seru bro di Bukit Campuhan. Saat bersepeda, lo akan mendapatkan tantangan di beberapa trek yang sedikit menanjak di bukit ini. Untuk mendapatkan sepeda, lo bisa pergi ke tempat rental sepeda di beberapa titik yang ada di Ubud.

Biasanya, tempat penginapan lo juga akan menawarkan rental sepeda untuk pergi dan menikmati Bukit Campuhan. Namun, jika lo tengah bersantai, menikmati Bukit Campuhan dengan berjalan kaki juga salah satu pilihan yang tepat, kok.

Namun, walau hanya bukit dan lo akan berjalan kaki untuk melewatinya, sekedar tips untuk lo agar tetap menggunakan sepatu atau alas kaki yang cocok untuk bergerak leluasa di alam bebas, ya. Sepatu trekking atau sepatu sandal trekking mungkin lebih pas untuk suasana santai di Bukit Campuhan.

Bawa Air Mineral

Bawa Air Mineral - Bukit Campuhan, Ubud - Bali. credit photo: winnetnews.com

Untuk menikmati suasana santai di Bukit Campuhan, silahkan bawa minuman sendiri atau air mineral ya. Hal ini dikarenakan di sepanjang spot petualangan tersebut tidak ada warung pemberhentian. Hanya ada minimarket di pintu gerbang bukit ini yaitu di Ibah Villas& Suite.

Oleh karena itu, siapkan air minum agar terhindar dari dehidrasi saat menikmati pemandangan yang apik di Bukit Campuhan ini.

Nah, bagaimana nih bro? Dari 5 hal yang sudah disebutkan di atas barusan, apakah lo sudah mengerti bagaimana mempersiapkan diri untuk menikmati pemandangan alam bebas yang indah di Bukit Campuhan?

Oh iya, kalau lo dapat menambahkan informasi tentang Bukit Campuhan, sila tambahkan hal tersebut di kolom komentar di bawah ya. Hal ini tentu akan berguna untuk para petualang lainnya saat ingin melakukan perjalanan atau petualangan ke sana.

Kalau lo semakin penasaran dengan keindahan yang dimiliki oleh Bukit Campuhan, langsung saja lo siapkan cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat, bro!

 

Source

Feature Image - pegipegi.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
May 19, 2018 at 3:47 AM

makasih sudah share ....nambah pengetahuan


Raden Syahid
October 2, 2018 at 7:07 PM

1 lagi jga kesehatan kikiki