MAY 16, 2018

Wisata Magelang, 6 Spot Unik Dan Menantang Yang Tak Akan Terlupakan

Sebagai salah satu kota yang terkenal dengan candinya, tentunya Kota Magelang tidak hanya sampai di situ saja. Karena masih banyak hal yang akan membuat lo terkesan. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini. 


Kota Magelang sendiri merupakan kota yang memiliki berbagai destinasi wisata yang unik. Salah satu tempat yang terkenal dari kota ini ialah Candi Borobudur. Namun apakah keseruan dari kota yang berada di Jawa Tengah tersebut hanya sampai di situ saja? Tentu saja tidak bro, maka di dalam artikel ini akan mengulas beberapa pilihan tempat wisata di Kota Magelang yang tak kalah serunya.

Memang jika berbicara mengenai Kota Magelang itu sendiri akan selalu tercuat kalau kota tersebut meruapakan tempat untuk candi-candi yang ada di Indonesia, namun ternyata bro keindahan dari kota tersebut tidak berhenti sampai situ saja. Seperti tempat berbelanja, tempat wisata alam yang unik dan tempat-tempat bersejarah juga ada di kota ini.

Kota ini juga terkenal dengan beberapa pilihan wisata kuliner yang tentunya akan membuat siapapun ingin mengunjungi serta merasakan bagaimana citarasa dari kota ini sendiri. Kota ini juga bisa menjadi salah satu tujuan lo pada saat waktu libur tiba atau hanya sekedar ingin melepaskan penat. Langsung saja bro, berikut pilhan tempat-tempat wisata di Kota Magelang yang wajib untuk lo kunjungi.

Pinusan Kragilan Magelang

Suasana Di Pinusan Kragilan Magelang. Credit: efenerr.com

Tempat satu ini memang menawarkan sebuah pemandangan atau panorama alam yang sangat indah. Oleh sebab itu, tak heran banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk datang ke tempat ini. Selain itu tempat ini juga memiliki banyak spot-spot unik untuk berfoto.

Berlokasi di Kaponan, Kecamatan Pakis ini meruapakan sebuah hamparan luas yang dipenuhi dengan pohon-pohon pinus yang tentunya memiliki keindahan serta suasana khas alami. Panorama alam menjadi salah satu daya tarik utama yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Untuk masuh ke dalam area ini pun gratis, namun untuk lo yang membawa kendaraan tentu saja akan dikenakan biaya parkir.

Candi Pawon

Keindahan Dari Candi Pawon. Credit: candi1001.blogspot.co.id

Selain dari Candi Borobudur, tentunya terdapat pilihan candi yang tentunya memiliki keindahan serta cerita yang tak kalah menariknya dibandingkan dengan candi yang pernah masuk ke dalam keajaiban dunia tersebut.

Candi Pawon merupakan salah satu candi yang layak untuk diperbincangkan. Dengan nama lain Candi Brajanalan ini letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur. Kurang lebih sekitar 2 Km apabila lo berangkat dari sana. Uniknya lagi dari letaknya, candi ini memiliki garis lurus dengan Candi Mendut dan Candi Borobudur. Yang secara tidak langsung memberikan sebuah hubungan sejarah yang kuat.

Dengan ketinggian sekitar 1,5 meter, bentuk bangunan dari candi ini sendiri memiliki keunikannya tersendiri. Yaitu dari bentuk denahnya yang kotak, lalu dari tepi candi ini yang berliku-liku yang memiliki 20 sudut, batu dari dinding dihiasi dengan pahatan dari berbagai motif yang berbentuk sulur-suluran yang merupakan ciri khas dari candi ini sendiri.

Candi Mendut

Keindahan Dari Candi Mendut. Credit: id.wikipedia.org

Apabila sudah menyebutkan Candi Pawon, tentunya akan kurang asik apabila tidak membahas candi satu ini. Karena memang selain dari tempatnya yang tidak jauh dari Candi Pawon, terdapat sebuah kelarasan antara candi-candi tersebut.

Terdapat sebuah keunikan dari candi ini, yaitu terdapat sebuah ruangan yang berisikan altar tempat tiga arca Buddha berdiri dan keadaan dari arca itu sendiri masih dalam kondisi terbaiknya. Serta dari relief-relief yang ada di dalam candi tersebut juga masih dalam kondisi baik dan bentuknya pun masih jelas.

Tak hanya itu, relief tersebut juga mengandung beberapa cerita berupa ajaran moral dengan menggunakan tokoh-tokoh binatang sebagai pemerannya. Lalu Candi Mendut ini sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1836. Namun mengalami beberapa kali renovasi hingga pada tahun 1925. Candi ini sendiri berdiri dengan ketinggian 26,4 meter dan dengan luas bangunan 13,7 x 13,7.

Air Terjun Kedung Kayangan

Suasana Di Air Terjun Kedung Kayangan. Credit: jogjaempatroda.com

Objek wisata Air Terjun Kedung Kayangan terletak di alur Sungai Pabelan yang berasal dari 2 gunung yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Atau lebih tepatnya berada di sekitar perbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali. Yaitu diantara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kabupaten Boyolali.

Dengan ketinggian mencapai 39 meter dengan kejernihan airnya bisa membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tak lupa dari kesegaran airnya yang membuat setiap orang yang sudah datang ke air terjun ini ingin kembali lagi untuk merasakan kesegaran tersebut.

Kali Elo

Keseruan Di Objek Wisata Kali Elo. Credit: fsyofianjalanjalan.wordpress.com

Objek Wisata Kali Elo ini merupakan salah satu destinasi yang menyimpan sebuah tantangan yang bisa lo taklukan. Karena lo bisa melakuka aktivitas arum jeram di dalam kali ini. Selain itu, dari tingkat kesulitannya pun tidak terlalu susah. Lain kata, bahwa tempat ini memang cocok untuk lo yang baru memulai olahraga ini.

Dengan pemandangan yang indah tentunya akan menambah keseruan pada saat lo bermain aru jeram di tempat ini. Tentu saja, tak heran apabila objek wisata ini laku di kalangan para penikmat arum jeram. Ada jarak tempuhnya yang berjarak 10-11 Km, dan akan memakan waktu kurang lebih 3 jam.

Lalu, objek wisata ini sudah berdiri dari tahun 1997 dan tentunya sampai hari ini masih tergolong ramai. Dan tenang saja bro, apabila lo ingin bermain arum jeram di tempat ini tidak akan langsung dilepas begitu saja, karena akan ditemani oleh para profesional.

Gunung Andong

Keindahan Gunung Andong. Credit: piknikasik.com

Ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang unik serta menantang. Buat lo yang suka dengan suasana gunung yang khas. Gunung Andong dengan ketinggian 1.726 mdpl. Lo akan mendapatkan sebuah pemandangan indah di atas puncak dari gunung, seperti Kota Magelang, Ambarawa dan Salatiga. Lalu ada satu hal yang menarik, yaitu lo bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Sindoro dan Gunung Sumbing.

Gunung Andong ini sendiri merupakan salah satu tempat untuk para pemula yang ingin mendaki gunung. Karena dari medan serta waktu yang diperlukan tidak terlalu lama, jadi hal itu menjadi salah satu alasan mengapa gunung ini cocok untuk para pemula.

Lokasinya berada di Dusun Sawit, Kecamatan, Ngablak. Setibanya di basecamp, lo tinggal melakukan registrasi dengan membayar Rp. 3000,00. Gunung yang bertipe perisai. Secara administrative terletak di dua kecamatan yaitu Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tempat wisata yang ada di Kota Magelang? Semoga dapat berguna sebagai panduan pada saat lo berkunjung ke sana. Selamat beraktivitas bro!

 

 

 

 

 

 

 

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!