MAY 16, 2018

Mengungkap Kecantikan Pantai Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah

Deretan pantai di selatan Pulau Jawa ada yang tengah naik daun karena keindahannya, tersebutlah Pantai Jatimalang. Penasaran dengan keindahannya? Simak terus bahasan kali ini, ya!


Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Purworejo mengarah ke selatan, terdapat spot petualangan yang tidak kalah indah dan seru dari spot lainnya. Tersebut Pantai Jatimalang yang keindahannya sudah mulai muncul ke permukaan. Penasaran bagaimana keindahan pantai tersebut?

Asal usul dari nama spot petualangan ini adalah dari desa di mana spot ini terletak. Pantai Jatimalang berlokasi di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai yang ternyata mempunyai panorama yang indah ini mempunyai potensi pariwisata yang bagus.

Oleh karena itu, tidak heran jika mulai banyak para petualang yang datang ke Pantai Jatimalang. Para petualang dari berbagai daerah, baik dari dalam negeri sendiri, maupun para petualang dari mancanegara.

Pantai Jatimalang ini cukup berbeda dengan beberapa deretan pantai yang indah di Indonesia. Namun, dengan perbedaannya tersebut, keindahan yang spot petualangan ini punya tetap terpancar. Wajar jika media sosial, khususnya Instagram, tempat di mana banyak orang memamerkan tempat keindahan menjadi ajang Pantai Jatimalang menunjukan keindahannya.

Daya Tarik Pantai Jatimalang

Daya Tarik Pantai Jatimalang - Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: berbagifun.com

Salah satu daya tarik yang ada di Pantai Jatimalang adalah penduduk lokalnya yang ramah. Keramahan dari penduduk setempat membuat para petualang tidak merasa asing di spot petualangan yang satu ini. Oleh karena itu, wajar jika para petualang suka dengan tempat ini.

Kemudian, soal pemandangan serta panorama alamnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Pada umumnya, pasir pantai berwarna putih bersih, tapi tidak di Pantai Jatimalang. Seluas garis pantainya, spot petualangan ini dihiasi oleh pasir yang berwarna gelap, bahkan cenderung berwarna hitam.

Namun, walau pasirnya berwarna gelap atau cenderung hitam, Pantai Jatimalang tetap mempunyai warna air laut yang jernih dan bersih. Gradasi warna biru dan hijau toska menjadi salah satu warna yang ada di sana.

Spot Snorkeling di Pantai Jatimalang

Spot Snorkeling di Pantai Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: dowisata.com

Walau tidak seindah spot snorkelling lainnya, namun Pantai Jatimalang juga memiliki spot snorkelling yang wajib untuk di coba. Berbagai batu karang dan biota laut di sana siap menyambut kedatangan lo. Untuk lo yang belum mempunyai peralatan untuk snorkelling, lo bisa sewa di sana.

Ombak Yang Besar Khas Deretan Pantai Selatan

Ombak Yang Besar Khas Deretan Pantai Selatan - Pantai Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: travel.tribunnews.com

Karena terletak di selatan Pulau Jawa, jelas karakteristik yang mudah terlihat dari Pantai Jatimalang ini adalah ombaknya yang besar. Pantai Jatimalang mempunyai ombak yang cukup besar, terlebih saat air laut sedang pasang.

Tetapi, dengan ombak yang besar tersebut muncul tantangan tersendiri untuk para petualang, yaitu berselancar. Tidak sedikit para petualang yang datang dari dalam negeri sendiri dan dari mancanegara, membawa papan selancar mereka untuk menaklukan gulungan ombak besar di Pantai Jatimalang ini.

Walau memiliki ombak yang cukup asyik untuk berselancar, namun Pantai Jatimalang sepertinya belum pernah mengadakan kompetisi atau kejuaraan selancar. Dengan daya tarik seperti ini, jelas Pantai Jatimalang sedikit demi sedikit akan mulai terkenal keberadaannya.

Bro, perlu lo ketahui juga nih – bahwa Pantai Jatimalang adalah salah satu spot yang keren untuk menikmati momen matahari terbenam. Dengan kondisi alam yang seperti itu, momen matahari terbenam akan terasa berbeda di sini.

Fasilitas Yang Sudah Cukup Lengkap

Fasilitas Yang Sudah Cukup Lengkap - Pantai Jatimalang, Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: travel.tribunnews.com

Berbicara fasilitas, Pantai Jatimalang memang belum memiliki fasilitas semewah deretan pantai yang ada di Pulau Bali, namun cukup memadai. Untuk lo yang suka berenang di pantai namun menghindari ombak besar, di pinggir Pantai Jatimalang, para pengelola membangun kolam renang air tawar.

Jadi lo tetap bisa berenang di kolam renang tersebut dengan sensasi berenang di pantai atau di laut. Kemudian, selain kolam renang, fasilitas warung makan serta akomodasi penginapan sudah cukup memadai di Pantai Jatimalang ini.

Nah, bicara tentang warung makan dan kuliner di Pantai Jatimalang, ada sebuah kuliner yang cukup ekstrim nih dan jarang tersajikan, nih bro. Pantai Jatimalang dekat dengan TPI. Tempat Pelelangan Ikan ini juga dekat dengan warung makan yang menyediakan seafood khas Pantai Jatimalang.

Nah, warung makan tersebut yang menyajikan kuliner ekstrim. Di sana lo dapat memesan menu makanan yang terbuat dari daging ikan hiu. Wah, tentunya ini menantang lo adrenalin lo untuk mencoba makanan tersebut, kan?

Transportasi Menuju Pantai Jatimalang

Transportasi Menuju Pantai Jatimalang - Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: youtube.com

Cukup mudah untuk dicapai, transportasi ke Pantai Jatimalang bisa lo tentukan dengan menaiki kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Namun sayangnya, kendaraan umum tidak sampai mengantarkan lo sampai di depan pantai tersebut.

Oleh karena itu, biasanya para petualang beramai-ramai menyewa mobil pribadi untuk mencapai ke sini. Akses jalan yang sudah terbuka jelas juga memudahkan para petualang untuk ke sana. Tidak hanya mobil, kendaraan bermotor roda dua juga bisa mengantarkan lo sampai ke spot petualangan Pantai Jatimalang.

Dengan motor, ongkos lo saat sedang backpacker-an ke Pantai Jatimalang ini bisa sesuai dan tidak perlu takut mengeluarkan ongkos berlebihan, ya.

Wah bagaimana nih bro? Dengan berbagai keindahan yang ada di Pantai Jatimalang, apakah semakin membuat lo penasaran dengan tempat ini? Kalau iya, langsung saja lo cepat mengambil cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat!

Oh iya, kalau lo mengetahui keindahan lain dari Pantai Jatimalang, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Tentu informasi tersebut akan berguna untuk para petualang lain yang akan menuju ke spot petualangan tersebut.

 

Source

Feature Image - berbagifun.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
May 18, 2018 at 12:21 AM

Kereeen banget Pemandangannya ...


Muhammad muhlis
May 18, 2018 at 4:02 AM

Kereeeennnn