MAY 21, 2018

Curug Muncar, Pesona Bidadari Yang Bersembunyi di Pedalaman Purworejo

Siapa bilang jika Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah tidak mempunyai spot petualangan yang keren? Perkenalkan bro, Curug Muncar – Air terjun yang keindahannya bak seorang bidadari tengah bersembunyi di tengah lestarinya alam Purworejo.


Siapa bilang jika Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah tidak mempunyai spot petualangan yang keren? Perkenalkan bro, Curug Muncar – Air terjun yang keindahannya bak seorang bidadari tengah bersembunyi di tengah lestarinya alam Purworejo.

Curug Muncar adalah salah satu spot petualangan yang tengah naik daun di Purworejo. Keberadaanya semakin dikenal banyak petualang. Hal ini jelas terkait dengan keindahan alam bebas di sana yang masih terjaga, dan belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil.

Keindahan alam bebas di Curug Muncar cepat menyebar ke telinga para petualang. Hal ini terkait dengan perkembangan zaman dan sosial media. Tidak sedikit para petualang yang mengabadikan momen keindahan spot petualangan ini dan membagikannya di sosial media.

Terlebih di Instagram, Curug Muncar juga menjadi salah satu spot petualangan yang instagrammable. Banyak sekali yang suka dengan pemandangan alam bebas di Curug Muncar. Nah, hal tersebut jugalah yang membuat rasa penasaran para petualang untuk datang ke sini.

Tidak heran jika tidak hanya para petualang dari dalam negeri yang datang berpetualang ke sini, namun petualang dari mancanegarapun bereksplorasi di Curug Muncar. Panorama keindahan Curug Muncar memang sudah tidak diragukan lagi.

Daya Tarik Curug Muncar

Daya Tarik Curug Muncar - Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: mediamuda.com

Seberapa tinggi air terjun yang terakhir pernah lo kunjungi? 20 meter, atau 50 meter mungkin? Bro, perlu lo ketahui nih, bahwa ketinggian yang ada di Curug Muncar mencapai 90 meter. Jelas dengan ketinggian seperti itu, Curug Muncar menjadi salah satu curug yang berbeda dari pada biasanya.

Debit airnya yang sedang, dan sungai kecil di bawahnya membuat lo akan merasa nyaman untuk sekedar berendam dan berenang menikmati keindahan alam di sana. Perpaduan suara deburan jatuhnya air, suasana teduh karena dikelilingi pepohonan besar, serta suara burung-burung di sekitarnya, membuat Curug Muncar menjadi spot petualangan yang tepat untuk menyendiri.

Airnya yang jernih juga akan membuat lo nyaman di sini. Terlebih, saat lo datang di musim panas, air yang jernih dan bersuhu rendah ini tepat akan membuat lo nyaman di sini. Namun, sayangnya pemandangan indah tersebut tidak mudah untuk lo dapatkan, nih.

Daya Tarik Curug Muncar, Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: tempatwisata.id

Mengapa? Karena medan untuk mencapai ke sini tidaklah mudah. Medan terjal sebelum lo mencapai Curug Muncar adalah teman seperjalanan lo saat trekking ke sana. Tanah dengan bebatuan cadas, beruntung jika lo datang ke sana saat musim panas, sehingga kondisi jalan akan memadat.

Namun, jika lo datang ke sana saat musim hujan, atau di sana lo mendapatkan hujan, bersiap untuk lebih ekstra hati-hati untuk menaklukan trek ini. Saat hujan, kondisi trek yang tanah dan bebatuan tersebut jelas akan lebih licin dari pada biasanya.

Oleh karena itu, sekedar tips untuk lo, untuk selalu menggunakan alas kaki yang cukup baik dan berfungsi baik saat bertemu keadaan-keadaan seperti itu. Sepatu gunung, trekking, atau sepatu sandal khusus mendaki gunung cukup ampuh untuk menaklukan tantangan tersebut.

Lokasi Curug Muncar

Lokasi Curug Muncar - Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: yukpiknik.com

Untuk lo yang sudah semakin penasaran dengan keindahan serta segala tantangan yang ada di Curug Muncar, sila langsung datang ke Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo – Jawa Tengah untuk melihat langsung keindahan dari Curug Muncar.

Bro, tips lain saat akan melintas trek yang terjal tersebut, lo bisa mencoba sensasi lain dengan menggunakan motor trail untuk menaklukan jalan terjal itu. Perlu lo ketahui juga nih – tidak semua trek bisa lo lalui dengan kendaraan roda empat.

Jadi, jika lo membawa mobil pribadi, lo perlu memarkirkannya sebelum melanjutkan perjalanan ke trek yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan roda dua saja.

Fasilitas dan Retribusi di Curug Muncar

Fasilitas dan Retribusi di Curug Muncar - Trek ke Curug Muncar, Porworejo, Jawa Tengah. credit photo: detiknews.com

Kalau hanya kamar mandi dan warung makan kecil, memang sudah ada di spot petualangan ini. Namun, bukan alasan kalau lo akan membawa bekal makanan atau minuman berlebih ya. Kemudian, jika lo berharap akan bertemu dengan akomodasi penginapan di sini, sepertinya lo perlu keluar dari kawasan ini untuk menemukannya.

Jika lo ingin menikmati spot petualangan ini lebih lama lagi tidak ingin menginap di hotel, lo bisa datangi beberapa rumah penduduk sekitar untuk meminta mereka menjadi homestay. Tentunya, lo bisa kembalikan jasa mereka dengan sejumlah biaya, yang jelas tidak semahal saat lo menginap di hotel.

Untuk lo yang sudah terbiasa backpacker-an, tentu cara ini sudah biasa lo gunakan, ya.

Panorama dan Pemandangan di Curug Muncar, Purworejo, Jawa Tengah. credit photo: weekendescape.co.id

Kemudian untuk masuk ke dalam Curug Muncar, lo hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 saja. Wah, cukup terjangkau bukan? Lalu, untuk parkir kendaran roda dua, lo hanya dikenakan biaya Rp. 3.000 dan untuk mobil Rp. 5.000 saja.

Dengan biaya yang cukup terjangkau seperti ini dan dapat menikmati keindahan yang super keren, pasti akan membuat lo semakin penasaran dengan spot petualangan ini. Jika sudah semakin penasaran, langsung saja bro lo siapkan waktu libur atau cuti dari rutinitas.

Siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat ke Curug Muncar di Purworejo, nih! Oh iya, jika lo mengetahui keindahan lain dari Curug Muncar ini, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Jelas, informasi ini akan berguna untuk para petualang lainnya, lho!

 

Source

Feature Image - tokoilmukita.blogspot.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Hengky kik
May 18, 2018 at 12:23 AM

Kereeen banget Pemandangannya ...


Muhammad muhlis
May 18, 2018 at 4:01 AM

Kereeeennnn


Muhammad muhlis
May 22, 2018 at 2:06 AM

Mantafffff