MAY 17, 2018

5 Destinasi Solok Selatan, Eksotisme Jantung Pariwisata Di Sumatera Barat

Ingin berilbur di kawasan Sumatera Barat namun masih bingung tujuannya ke mana bro? Coba saja ke Kabupaten Solok Selatan bro. Di sana lo akan mendapatkan sebuah pengalaman menarik. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini. 


Solok Selatan merupakan destinasi liburan dimana lo bisa menikmati sebuah eksotisme alam serta dengan beberapa hal menarik di dalam kawasan ini. Tak hanya itu, Solok Selatan sendiri sudah menjadi jantung pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Maka tak heran bilamana kawasan ini menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan. Oleh sebab itu di dalam artikel ini akan mengulas beberapa tempat wisata yang ada di kawasan Solok Selatan.

Sebelumnya ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Solok Selatan. Solok Selatan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Sumatera Barat. Dengan luas wilayah sekitar 3.346,20 Km2, kawasan ini memiliki beberapa wisata alam yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Secara administratif, kebupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di bagian selatan dan dikelilingi oleh tiga kabupaten lain di Sumatera Barat. Oleh sebab itu maka tak heran apabila Solok Selatan ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan, karena memang dari lokasinya yang strategis.

Pada saat lo belibur atau berkunjung ke Solok Selatan ini tentunya bukan hanya panorama alam indah saja yang bisa lo dapatkan, karena masih banyak hal atau tujuan lainnya yang juga tak kalah menariknya. Jadi langsung saja bro, berikut beberapa tempat yang ada di kawasan Solok Selatan yang wajib lo kunjungi.

Air Terjun Ulu Suliti

Kesegaran Serta Keseruan Di Air Terjun Ulu Suliti. Credit: geloraminangwisata.blogspot.co.id

Bila berbicara mengenai air terjun, tentunya terdapat banyak spot yang bisa lo dapatkan di Provinsi Sumatera Barat. Nah, salah satunya ada di Solok Selatan. Air Terjun Ulu Suliti sendiri merupakan air terjun yang memilki keindahan serta keunikannya sendiri.

Dengan ketinggian kurang lebih 40 meter, tentu saja akan memberikan sebuah pengalaman menarik apabila dapat basah-basahan di kawasan air terjun ini. Terletak di Jorong Ulu Suliti, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Untuk dapat menginjakan kakai di Air Terjun Ulu Suliti ini, lo harus melewati perjalanan di medan yang tergolong sulit.

Oleh sebab itu, kesiapan mental dan fisik harus lo persiapkan terlebih dahulu yaa sebelum melakukan perjalanan ke air terjun ini. Namun tenang saja bro, pada saat lo sudah tiba di lokasi tentunya pemandangan alam nan asri akan lo dapatkan. Belum lagi dengan tebing yang tinggi menambah suasana semakin seru bro. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi yang akan sangat sayang sekali apabila dilewatkan.

Kebun Teh Liki

Suasana Di Kawasan Kebun Teh Liki. Credit: urangsolsel.blogspot.co.id

Merupakan sebuah hamparan luas yang sangat menenangkan apabila lo bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Kebun Teh Liki yang berada di kawasan Solok Selatan ini. Tepatnya di Lubuk Gadang Selatan, Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Lokasinya pun tak jauh dari kaki Gunung Kerinci.

Berada di ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl ini memang menyimpan sebuah kesejukan serta dengan luas wilayah sekitar 2.025 Hektar sepintas akan membuat siapun yang datang ke tempat ini merasakan rasa nyaman dan tentram. Kebun Teh Liki ini juga merupakan salah satu penghasil teh hijau terbesar di Asia Tenggara dan Indonesia.

Di dalam perkebunan ini pula, lo dapat langsung mendapatkan seputar informasi mengenai proses pembuatan teh itu sendiri. Bagaimana dari cara pemetikannya, pengolahannya hingga benar-benar sampai ke tangan para konsumen. Dari lokasi ini, lo juga bisa langsung melanjutkan perjalanan lo ke Gunung Kerinci apabila memumpuni. Namun, bilamana hanya ingin menikmati keindahan dari perkebunan teh ini sendiri juga bisa bro.

Kawasan Seribu Rumah Gadang

Suasana Di Kawasan Seribu Rumah Gadang. Credit: takaitu.com

Kalau lo ingin mengetahui tentang sejarah budaya masyarakat Minangkabau, tempat ini bisa menjadi pilihan lo bro. Lokasi yang merupakan perkampungan tradisional Minangkabau masa lampau ini memang memiliki keindahan serta eksotisme yang tiada duanya.

Lo seperti akan dibawa kembali ke masa lampau ketika peradaban masyarakat Minangkabau masa lampau sedang berjaya. Ratusan Rumah Minangkabau atau Rumah Gadang di lokasi ini memang masih dalam kondisi baik dan terawat. Pemandangan rumah Bagonjong yang artistic ini mampu menghilangkan rasa penat lo.

Lokasi yang dapat ditempuh kurang lebih 3,5 jam dari Kota Padang ini memang selalu memberikan sebuah pengalaman yang berarti bagi para wisatawan yang sudah datang ke sana. Supaya lo dapat menikmati keindahan serta keunikan yang ditawarkan, lo bisa berjalan kaki mengitari kawasan ini sambil benar-benar memperhatikan apa saja yang ditawarkan dari Kawasan Seribu Rumah Gadang ini.

Air Terjun Kembar

Keindahan Yang Ditawarkan Air Terjun Kembar. Credit: .harianpost.co.id

Selain dari Air Terjun Ulu Suliti, ternyata di kawasan Olok Selatan ini juga terdapat sebuah air terjun yang tentunya tidak kalah indahnya. Air terjun yang memiliki keindahan serta keunikannya ini sendiri, memang selalu menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan.

Keindahan dari air terjun ini dapat dilihat dari pancurannya yang berjumlah dua pancuran. Oleh sebab itu pula, nama Air Terjun Kembar muncul. Selain dari itu kesegaran serta kejernihan dari airnya sendiri juga menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke tempat ini, ditambah pula dengan ketinggian air terjun ini yang mencapai kurang lebih 25 meter.

Dengan hamparan hijau alami yang ada di sekitar kawasan air terjun ini, juga menambah suasana santai dan menenangkan. Tempat ini juga bisa menjadi salah satu tujuan lo apabila ingin menghilangkan rasa penat lo atau ingin mendapatkan waktu sendiri untuk menikmati keindahan alam yang ada.

Gua Batu Kapal

Suasana Di Dalam Gua Batu Kapal. Credit: intiruh.blogspot.co.id/

Gua ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang patut untuk lo kunjungi pada saat sedang berlibur atau berkunjung ke kawasan Olok Selatan. Gua yang memiliki keindahan alami ini memang menjadi salah satu goa terindah di Sumatera Barat. Dikarenakan dari bentuk gua ini sendiri yang menyerupai sebuah kapal, oleh sebab itu para warga sekitar memberikan nama Batu Gua Kapal pada gua ini.

Serta dengan sensasi seru dan menantang membuat gua ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang suka dengan fenomena alam yang unik. Dengan dinding yang berwarna-warni ini juga menjadi salah satu daya tarik dari gua ini. Jika sudah sampai di gua ini, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang ada.

Jadi bagaimana bro mengenai informasi seputar Destinasi Solok Selatan yang ada di atas? Semoga dapat berguna sebagai panduan pada saat lo berkunjung ke sana. Selamat beraktivitas bro!

 


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
May 18, 2018 at 12:22 AM

bisa jadi referensi jika berlibur ke kota solok


Muhammad muhlis
May 18, 2018 at 4:00 AM

Kereeeennnn



LOCATION