7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Kawah Ijen adalah salah satu kawah di Indonesia yang menyimpan berbagai keindahan. Nah, untuk kali ini lo akan mengetahui 7 hal menarik di balik Kawah Ijen dan rahasia dibalik Blue Fire.

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Kawah Ijen menjadi salah satu spot petualangan yang paling diincar oleh para petualang, baik yang datang dari dalam negeri sendiri dan mancanegara.

Mempunyai ketinggian 2.444 mdpl, trekking ke Kawah Ijen membutuhkan waktu 2-3 jam. Namun, untuk pemula, biasanya lebih lama satu jam. Spot petualangan yang terkenal keberadaanya karena kawah besar yang megah, serta fenomena Blue Fire, yaitu api biru.

Dari dua hal tersebut, tidak heran jika Kawah Ijen sering sekali kedatangan para petualang yang penasaran dengan fenomena alam tersebut. Tidak sedikit para petualang yang bangun pagi-pagi buta untuk mendapat melihat fenomena yang indah tersebut.

Namun, seperti namanya, apakah Blue Fire benar-benar sebuah api yang berwarna biru? Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari simak bahasan kali ini yang akan mengulas tentang 7 fakta menarik Kawah Ijen, dan membongkar serta menyibak rahasia Blue Fire.

Memiliki Kaldera Paling Luas

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Memiliki Kaldera Paling Luas - Kawah Ijen. credit photo: travelingyuk.com

Memiliki kedalaman sedalam 200 meter, Kawah Ijen berada pada kedalaman lebih dari 300 meter dari dinding Kaldera di bawah. Kemudian, ukuran kalderanya sendiri mencapai 20 kilometer luasnya. Hal dan kondisi ini menjadikan Kawah Ijen sebagai Kaldera yang paling luas di Pulau Jawa.

Untuk lo yang belum mengetahui apa itu Kaldera, Kaldera adalah sebuah kawah vulkanik yang berisikan air panas yang juga telah bercampur dengan belerang. Kaldera di Kawah Ijen mempunyai warna yang cukup unik, yaitu hijau toska.

Suhu tinggi di dalam Kaldera di Kawah Ijen ini terlihat dari kepulan asap yang sesekali berhembus dari pinggir kawah tersebut. Hal tersebut jelas menandakan masih ada aktivitas lava atau belerang panas yang wajib lo waspadai saat berpetualang ke sana.

Sebagai Gunung Berapi Yang Masih Aktif

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Sebagai Gunung Berapi Yang Masih Aktif - Kawah Ijen. credit photo: satriogrup.blogspot.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kepulan asap belerang dan terkadang bau yang menyengat adalah pertanda bahwa Kawah Ijen, sebagai gunung berapi yang masih aktif. Aktivitasnya yang selalu berubah-ubah menjadi tanda bahwa kawah ini bisa kapan saja meluapkan lagi isi perutnya.

Terakhir beraktivitas tinggi, Kawah Ijen sempat mengeluarkan isi perutnya pada tahun 2012 silam. Pada tahun yang sama, status siaga disematkan ke pada Kawah Ijen. Berdasarkan catatan geologi Indonesia, Kawah Ijen pernah meletus pada tahun 1796, 1817, 1913, 1936.

Walau begitu, aktivitas Kawah Ijen yang masih aktif ini juga menjadi salah satu ciri khas dari spot petualangan ini. Bau menyengat belerang – mengharuskan para petualang yang datang ke sini untuk minimal menggunakan masker.

Kawasan Tambang Belerang Tradisional

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Kawasan Tambang Belerang Tradisional - Kawah Ijen. credit photo: phinemo.com

Aktivitas Kawah Ijen yang berkaitan dengan belerang, membuat masyarakat sekitar menjadi penambang belerang. Walau menekuni salah satu pekerjaan ekstrim, penambang belerang di Kawah Ijen selalu tampak bersemangat memanggul lempengan belerang yang mereka ambil dari tambang tersebut.

Setiap harinya, setidaknya ada 200 penambang tradisional belerang, yang memikul beban atau berat belerang sebanyak 80 kilogram. Belum menggunakan mesin atau teknologi yang lebih canggih, para penambang mempertahankan cara tradisional mereka untuk mengambil belerang tersebut.

Danau Asam Terbesar di Dunia

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Danau Asam Terbesar di Dunia - Kawah Ijen. credit photo: suzieagelopoulos.com

Pemandangan danau yang berwarna hijau toska ini menjadi salah satu pemandangan utama yang ada di Kawah Ijen. Memiliki kedalaman sekitar 200 meter, danau di Kawah Ijen memiliki luas 5466 Ha. Namun, perlu lo ingat nih, walau mempunyai pemandangan yang bagus, tetapi air di danau ini tidak bisa dipakai untuk berenang atau keperluan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan air yang ada di danau Kawah Ijen ini mempunyai titik asam mencapai angka 0. Artinya, air ini dapat melarutkan berbagai benda, termasuk tubuh lo itu. Oleh karena itu, jangan pernah coba-coba untuk menyentuh atau bahkan meminum air tersebut, ya.

Arti Dibalik Nama Ijen

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Arti Dibalik Nama Ijen - Kawah Putih. credit photo: indonesiakaya.com

Bro, perlu lo ketahui nih, di Bahasa Jawa, Ijen memiliki arti sendiri, atau sendirian. Arti ini dapat digunakan di Kawah Ijen, yang sebenarnya ingin memberitahukan bahwa Kawah atau Gunung berapi ini hanyalah sendiri.

Namun, pada kenyataanya, jelas berbeda sekali. Kawah Ijen adalah kawasan gunung berapi yang tidak sendirian. Disekitarnya terdapat banyak pegunungan dan perbukitan. Salah satu pegunungan yang ada di sekitar Kawah Ijen adalah Gunung Rante, Gunung Pendil, Gunung Suket, dan Gunung Raung.

Fakta Dibalik Fenomena Blue Fire

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Fakta Dibalik Fenomena Blue Fire - Kawah Ijen. credit photo: brobali.com

Banyak petualangan yang sudah ke sana atau orang lain yang sudah ke Kawah Ijen bilang kalau Blue Fire adalah sebuah keajaiban, karena merupakan sebuah api tetapi warna biru. Sayangnya, Blue Fire bukan Api Biru.

Blue Fire adalah gas belerang yang muncul atau menyembur dari celah-celah bebatuan dengan suhu 600 derajat celcius dan bertemu dengan udara sekitar. Hal tersebutlah yang membuat gas belerang tersebut menjadi warna biru.

Dan karena bentuknya gas, serta bertekananan tinggi, gas belerang tersebut berbentuk seperti api yang sedang tersembur dan berwarna biru. Jadi, sudah jelas bahwa Blue Fire, bukanlah api biru, ya.

Fenomena Blue Fire Hanya Ada 2 di Dunia

7 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen, Dan Rahasia Dibalik Blue Fire

Fenomena Blue Fire Hanya Ada 2 di Dunia. credit photo: goodnewsfromindonesia.com

Bro, perlu lo ketahui nih, bahwa fenomena Blue Fire hanya ada 2 tempat di dunia, satu ada di Indonesia, Kawah Ijen, dan yang kedua adalah Islandia. Oleh karena itu, wajar jika Indonesia, khususnya Kawah Ijen juga didatangi para petualang dari mancanegara.

Wah, bagaimana nih bro? Apakah lo sudah semakin penasaran dengan megahnya Kawah Ijen serta fenomena Blue Fire? Kalau iya, langsung saja lo siapkan hari libur, siapkan budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - tripal.co

Wilderness Beginner Extreme travelling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
Emang salah satu fenomena alam yang menakjubkan, ga rugi pernah melihat langsung blue fire
Dedi Junaedi
Dari Jakarta ke kawah Ijen bisa naik kereta dengan transit di Surabaya. Mantap kawah Ijen.