MAY 28, 2018

12 Fakta Bunga Abadi, Bunga Yang Dekat Di Hati Para Pendaki

Bunga dengan keindahan yang menawan tentu akan membuat siapapun terpesona. Hal ini juga lo bisa dapatkan pada bunga abadi. Penasaran apa itu bunga abadi? Lihat saja informasinya di bawah ini dan selamat membaca bro!


Bunga abadi merupakan julukan untuk sebuah bunga yang memang dekat di hati para pendaki. Bunga yang sering sekali menjadi salah satu ikon apabila sedang mendaki gunung atau sebuah bunga yang suka dicari karena keindahannya yang dimiliki. Bunga tersebut ialah Bunga Edelweis. Dan dibawah ini terdapat 12 fakta mengenai bunga abadi buat lo bro. 

Bunga yang memilki keindahan tersebut memang selalu akan membuat orang yang melihatnya akan terpesona. Perpaduan warna yang indah ditambah dengan latar belakang gunung menawan juga menjadi salah satu daya tarik bunga ini sendiri.

Uniknya bunga ini memiliki beberapa fakta yang harus lo ketahui bro. Lo enggak mau dong kalau misalkan kehadiran dari bunga indah ini akan hilang dikarenakan oleh tangan-tangan nakal yang suka mencabutinya. Karena itu pula di dalam artikel ini akan mengulas beberapa fakta mengenai bunga ini. Berikut faktanya bro.

Terancam

Keindahan Bunga Edelweis. Credit: kumparan.com

Mungkin ini bisa menjadi satu kata yang tepat untuk Bunga Edelweis saat ini. Bunga abadi tersebut bisa menjadi bunga yang tak abadi karena masih banyak para pendaki yang nakal dan tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu pula bunga ini terancam.

Bagi para pendaki mohon untuk lebih peka dan peduli terhadap lingkungan. Karena bisa dibayangkan apabila hal itu terjadi kepada lo. Karena memang Bunga Edelweis itu memang salah satu jenis bunga yang dilindungi. Jadi jangan main asal cabut yaa, apalagi lo bawa pulang bro.

Bunga Abadi

Bunga Edelweis Dengan Kecantikannya. Credit: kumparan.com

Bunga abadi sendiri bukan hanya merupakan julukan semata saja. Karena dibalik dari nama tersebut memiliki sebuah fakta yang menarik. Terdapat hormon di dalam Bunga Edelweis itu sendiri yang bisa mencegah kerontokan pada kelopak bunga. Nama hormone tersebut ialah Etilen.

Sebagai Obat

Bunga Edelweis Yang Menawan. Credit: kuyahejo.com

Selain dari keindahannya, ternyata Bunga Edelweis ini sendiri memiliki fungsi lain yang menguntungkan kesehatan kita bro. Ekstrak yang dimiliki oleh bunga ini dapat dijadikan sebuah obat. Pada saat peradaban kuno ekstrak Bunga Edelweis ini digunakan untuk mengobati penyakit seperti diare, disentri, TBC dan difteri.

Dikarenakan bunga ini juga memilki kandungan anti-oksidan yang cukup banyak. Maka bunga ini juga dapat membunuh jamur dan bakteri. Ekstrak dari bunga ini juga bermanfaat bagi kulit manusia bro. Karena bisa melindungi untuk keremejaan sel-sel dalam kulit agar terus kelihat bersih dan muda.

Selain itu bunga ini juga bisa menjadi teh yang dapat mengobati sirkulasi yang buruk, batuk dan kanker payudara. Namun biarpun memiliki beberapa kegunaan yang menguntungkan, bukan berarti lo dengan secara bebas dapat mengambil bunga ini. Karena memerlukan izin terlebih dahulu.

Pertama Kali Ditemukan

Kelopak Bunga Edelweis Yang Menggoda. Credit: travel.tribunnews.com

Bunga Edelweis ini sendiri pertama kali ditemukan oleh naturalis asal Jerman bernama Georg Carl Reinwardt pada tahun 1819 silam di lereng Gunung Gede. Kemudian diteliti kembali oleh botanis asal Jerman lainnya bernama Carl Heinrich Schultz.

Tempat Tumbuh

Tempat Dimana Biasanya Bunga Edelweis Tumbuh. Credit: kuyahejo.com

Mengenai dimana bunga ini biasanya tumbuh, merupakan hal unik dan berbeda dengan bunga-bunga pada umumnya. Karena bunga ini suka tumbuh di tempat bebatuan sekitar 1.800 – 3.000 mdpl. Hal ini juga tergantung terhadap suhu udara dan kelembapan pada ketinggian tersebut.

Berbunga

Keindahan Bunga Edelweis Di Atas Gunung. Credit: jitunews.com

Buat lo yang ingin melihat bagaimana Bunga Edelweis ini sedang berbunga, lo bisa datang pada saat musim penghujan sudah berakhir. Karena pada saat itu sinar matahari datang secara intensif. Untuk waktu tepatnya, disarankan untuk datang pada bulan April hingga September.

Bunga Edelweis Indonesia Berbeda

Suasana Di Kawasan Bertumbuhnya Bunga Edelweis. Credit: tigapilarnews.com

Bunga yang memiliki keindahan dari bentuknya ini memang memilki nama lain. Dan nama lainnya tersebut lebih terkenal secara global. Nama lainnya tersebut ialah Leontopodium Alpinum. Dan ternyata bunga edelweiss yang ada di Indonesia dan luar negeri itu berbeda. Bila Bunga Edelweis di Indonesia berjenis Anaphalis Javanica.

Tumbuh Tinggi

Bunga Edelweis Dengan Keindahanya. Credit: kuyahejo.com

Bunga Edelweis atau bunga abadi ini juga memiliki keunikan lainnya. Yaitu bisa tumbuh hingga mencapai tinggi kurang lebih 4 meter. Dan sering sekali ditemukan di Pulau Jawa. Tepatnya di sekitar kawasan pegunungan. Jadi tidak heran, apabila lo sedang melakukan pendakian akan menemukan sebatang Bunga Edelweis yang menjulang tinggi.

Bunga Nasional Austria Dan Swiss

Lambang Negara Austria. Credit: id.aliexpress.com

Karena dari keindahannya pula, Bunga Edelweis dijadikan bunga nasional dua negara yang ada di Benua Eropa. Kedua negara tersebut ialah Austria dan Swiss. Hal itu dikarenakan bunga ini tumbuh di gunung. Lalu terdapat kepercayaan, kalau seorang kekasih yang memberikan bunga ini kepada pasangannya itu merupakan tanda janji suci yang abadi.

Hasil Budidaya Petani

Bunga Edelweis Yang Indah. Credit: inspiradata.com/

Pada tempat wisata tempat tinggi, seperti di Dieng, Bunga Edelweis yang diperjualbelikan adalah hasil budidaya petani bunga tersebut. Untuk aneka ragam warna yang ada di dalam bunga tersebut selain putih kecoklatan merupakan hasil pewarnaan buatan.

Bunga hasil budidaya akan terlihat lebih gemuk dan subur daripada yang ada di alam bebas. Jadi buat lo yang ingin memilkki Bunga Edelweis ini, jangan mencabutnya di alam bebas. Karena lo bisa membeli di setiap kios-kios yang menjualnya.

Mengembang

Bunga Edelweis Yang Menyegarkan. Credit: indahnyaperjalanan.com

Kalau lo sudah beli Bunga Edelweis yang dibudidayakan oleh para petani tersebut, ketika disimpan pada suhu ruangan akan mengembang pada musim hujan. Lalu pada saat musim kemarau datang, bunga ini akan sedikit menyusut.

Dapat Bertahan Di Tanah Tandus

Bunga Edelweis Di Tempat Tandus. Credit: suarantb.com

Walaupun hidup di pegunungan, Bunga Edelweis ini mampu bertahan dalam keadaan tanah yang tandus. Hal itu bisa terjadi karena bunga ini mampu mengeluarkan atau membuat mikoriza yang dapat memperluas kawasan untuk para akar-akarnya agar dapat menjangkau dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Bunga Edelweis di atas? Semoga dapat berguna sebgai panduan lo untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai bunga ini. Dan perlu diingat selalu untuk menjadi kelestarian dari bunga ini. Jangan mecabut atau membawa pulang bunga ini secara sembarangan yaa. Karena terdapat beberapa tempat yang menjual hasil budidaya bunga tersebut.

 

 

 


Please login to comment
4 COMMENTS
Sunaryo Widodo
June 7, 2018 at 2:50 PM

Semoga terjaga kelestariannya...


Muhammad muhlis
June 9, 2018 at 9:10 PM

Super keren


Hengky kik
June 12, 2018 at 3:21 AM

Bunga abadi ..jangan mengambilnya para penyuka ketinggia


hengky tri kurniawan
June 17, 2018 at 3:47 AM

bunga abadi kebanggaan para pendaki