Air Terjun Tanggedu, Serpihan Surga Yang Berada di Sumba Timur, NTT

Konon katanya ada serpihan surga yang jatuh di Sumba Timur dan menjadi sebuah air terjun dengan keindahan yang luar biasa. Penasaran? Simak bahasan kali ini!

Air Terjun Tanggedu, Serpihan Surga Yang Berada di Sumba Timur, NTT

Indonesia, dengan segala keindahannya, menjadi surga bagi mereka yang gemar eksplorasi mencoba menemukan berbagai  serpihan surga, yang konon katanya banyak jatuh di Indonesia. Kali ini, eksplorasi tersebut sampai di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, yaitu Air Terjun Tanggedu.

Berlokasi di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Air Terjun Tanggedu baru-baru ini saja tersorot keberadaannya. Popularitasnya naik dikarenakan oleh mulai banyaknya para petualang yang datang ke sini, dan mengabadikan momen seru mereka ke berbagai platform sosial media.

Keberadaan Air Terjun Tanggedu, air terjun yang lokasinya tersembunyi dari hiruk pikuk kota ini juga dipengaruhi oleh penyebaran informasi yang sangat cepat di sosial media. Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, Air Terjun Tanggedu cepat sekali terkenal melalui Instagram.

Pasalnya, di Instagram, foto-foto atau video tentang Air Terjun Tanggedu cepat sekali menyebar, dan cepat sekali juga mendapat perhatian karena memang kecantikan spot petualangan ini luar biasa. Untuk lo yang mungkin tidak gampang percaya, mungkin akan mengira air terjun ini ada di luar negeri.

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT

Air Terjun Tanggedu, Serpihan Surga Yang Berada di Sumba Timur, NTT

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT. credit photo: kemanalagi.com

Keindahan alamnya yang memukau dan masih asri dan terjaga karena terhindari dari jangkauan tangan-tangan jahil, membuat Air Terjun Tanggedu ini awet keindahannya. Air Terjun Tanggedu konon katanya mirip dengan salah satu spot petualangan di Amerika, yaitu Grand Canyon.

Tetapi, maaf bro – Grand Canyon di Amerika mempunyai karakteristik tersendiri, begitu pulau Air Terjun Tanggedu. Walau mirip dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya, Air Terjun Tanggedu berdiri kokoh di balik tebing-tebing terjal tersebut.

Airnya yang bersih bening kebiru-biruan membuat air terjun ini indah luar biasa. Debit air yang cukup deras menggoda sekali untuk melakukan body rafting atau tubing di sini. Terlebih, air sungai di sini tidak terlalu dalam, sehingga cukup apik untuk melakukan aksi seru tersebut.

Air Terjun Tanggedu, Serpihan Surga Yang Berada di Sumba Timur, NTT

Daya Tarik Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT. credit photo: dimedan.co

Cliff Jumping dari tebing di Air Terjun Tanggedu? Kenapa tidak, bro! Namun, untuk melakukan lompatan ekstrim itu, lo harus pastikan dulu titik kedalaman air sungai atau kolam yang berada persis di bawah air terjun tersebut. Kalau tidak terlalu dalam, sepertinya oikir-pikir lagi, bro.

Jika lo perhatikan, relief yang ada di tebing-tebing yang mengapit aliran sungai Air Terjun Tanggedu yang berkelok-kelok ini mempunyai pola yang unik. Oleh karena itu, tidak sedikit para petualang yang mengabadikan momen seru mereka di sini, dan berlatarbelakang relief tebing tersebut.

Akses ke Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT

Air Terjun Tanggedu, Serpihan Surga Yang Berada di Sumba Timur, NTT

Akses ke Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT. credit photo: travelingyuk.com

Jarak menuju Air Terjun Tanggedu memang terbilang jauh, kondisi jalannya pun belum cukup baik, Berjarak sekitar 45 km dari Kota Waingapu, bisa lo tempuh menggunakan roda dua atau pun roda empat.

Terletak di utara Kota Waingapu, Desa Tanggedu, Sumba Timur, sebelum tiba di tempat wisata ini lo akan melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Untuk menuju ke sini, lo bisa dengan mudah menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, dan lo parkirkan nanti di tempat yang sudah disediakan.

Akses jalanan menuju Air Terjun Tanggedu memang belum begitu baik dan mulus. Kendaraan yang lo bawa harus diparkirkan di rumah warga Desa Tanggedu.

Air Terjun Tanggedu, Serpihan Surga Yang Berada di Sumba Timur, NTT

Akses ke Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT. credit photo: harianpost.co.id

Perjalanan sepanjang 2,5 km pun dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Meski harus berjalan lumayan jauh, lelah lo akan terbayar dengan keindahan dan keseruan objek wisata Air Terjun Tanggedu ini.

Untuk masuk ke dalam, lo juga cukup membayar tiket seharga Rp 2 ribu. Enggak perlu khawatir kalau lo lapar dan haus, ada deretan warga penjual makanan dan air kelapa muda di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun.

Fasilitas di Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT

Air Terjun Tanggedu, Serpihan Surga Yang Berada di Sumba Timur, NTT

Fasilitas di Air Terjun Tanggedu, Sumba Timur – NTT. credit photo: jejakalam.net

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, beberapa deretan warung makan dan penjual es kelapa akan menemani petualangan lo di Air Terjun Tanggedu. Jadi, lo tidak perlu khawatir akan kehabisan bekal logistik makanan dan minuman.

Bro, perlu lo ketahui ni – bahwa Air Terjun Tanggedu ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Sepertinya, pemerintah setempat atau pihak swasta belum tertarik dengan keindahan yang luar biasa di Air Terjun Tanggedu. Padahal spot petualangan ini adalah sebuah potensi yang baik dan bagus.

Hal tersebut bisa dilihat dari fasilitas yang ada di sana. Memang, sekedar warung makan dan kamar mandi sudah ada. Namun, untuk lo yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, sepertinya lo harus menginap di luar daerah, atau meminta rumah masyarakat di sana untuk menjadi guesthouse.

Ketidaklengkapan fasilitas ini semoga bukan menjadi alasan untuk para petualang untuk tidak bereksplorasi dan berpetualang di Air Terjun Tanggedu ini. Keindahannya yang luar biasa patut mendapat perhatian lebih dan dirawat di tangan yang tepat.

Wah bagaimana nih, bro? Apakah lo semakin penasaran dengan keindahan yang ada di Air Terjun Tanggedu ini? Apakah air terjun ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo? Kalau iya, langsung saja nih lo siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat!

Oh iya – kalau dari lo mengetahui lebih banyak informasi yang belum disampaikan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Informasi yang lo berikan pasti bermanfaat untuk setiap petualang yang akan datang ke sini, lho.

 

Source

Feature Image - kesiniaja.com

 

 

Wilderness Beginner Extreme travelling nusa tenggara timur air terjun solo traveling solo backpacker

2 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
kereeeeen banget pemandangannya
Muhammad muhlis
Keren banget