MAY 26, 2018

5 Pilihan Tempat Oleh-Oleh Jogja Anti Mainstream Selain Bakpiak!

Bosan dengan oleh-oleh Jogja yang itu-itu saja bro? Lihat saja beberapa pilihan tempat di bawah ini yang bisa menjadi alternatif lo bro. Selamat membaca!


Bila lo berkunjung ke Jogja tentunya merupakan hal yang sangat menyenangkan yaa. Apalagi kalau bisa membawakan oleh-oleh untuk orang-orang kesayangan di rumah atau bisa juga untuk diri lo sendiri. Nah, di Jogja sendiri terdapat beberapa spot unik yang menjual oleh-oleh yang berbeda dengan kota-kota lainnya bro. Penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini.

Berbicara mengenai Jogja memang enggak akan pernah habisnya bro. Kota yang penuh dengan budaya serta seninya yang unik ini memang selalu menjadi tujuan utama banyak orang dalam menghabiskan waktu liburnya. Tak heran apabila kota ini selalu dipenuhi oleh wisatawan baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Lalu di kota indah ini lo juga bisa mendapatkan oleh-oleh yang menarik selain dari bakpiaknya yang terkenal ataupun patung-patungan Candi Borobudur. Karena hal tersebut sudah menjadi hal yang biasa apabila lo sudah pulang dari Jogja. Jadi, apa sih oleh-oleh yang tidak biasa tersebut? Nah, tepat sekali lo berada di dalam artikel ini. Karena disini akan mengulas beberapa hal yang berkaitan dengan dimana lo bisa membeli barang-barang aneh tersebut.

Kasongan -  Berburu Gerabah

Hasil Dari Kerajinan Tangan Kasongan. Credit: bangunjiwo-bantul.desa.id

Ingin mencari kerajinan tangan gerabah bro? Kasongan menjadi salah satu tempat yang pas untuk lo kunjungi. Karena di kawasan ini banyak pengrajin gerabah yang memang menjual hasil buah tangannya dan memiliki kualitas yang baik.Tak heran jika banyak orang yang berdatangan ke tempat ini.

Gerabah yang asli dan memiliki beragam variannya ada di Kasongan. Terletak tak jauh dari jantung Kota Jogja ini, lo hanya memerlukan waktu kurang lebih 10-20 menit untuk tiba di kawasan yang indah dan alami. Uniknya selain bisa membeli gerabah, lo juga bisa menikmati keindahan alam yang terdapat di kawasan ini.

Karena memang panorama alam indah seperti persawahan dan bukit-bukti serta hamparan hijau akan menjadi hal yang sering lo temui selama perjalanan lo dari Kota Jogja. Jadi kalau lo ingin mencari kerajinan tangan gerabah, jangan lupa untuk datang ke Kasongan yaa bro!

Suka Dengan Barang Vintage? Ke Pasar Klithikan Aja!

Keseruan Di Pasar Klithikan. Credit: /travel.kompas.com

Pasar Klithikan sendiri merupakan surge bagi para pecinta barang-barang tua atau vintage. Dikarenakan di dalam pasar ini banyak menjual barang-barang tua yang unik serta memiliki nilai tersendiri. Lalu lo juga bisa menemukan barang-barang yang mungkin sudah tidak ada di peredaran, namun dengan haraga yang miring.

Tak sedikit barang yang dijual di pasar ini berstatus “bebas pakai” atau sudah pernah dipakai. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk lo dapat menemukan barang yang masih dalam kondisi prima. Oleh sebab itu telitilah pada saat sedang mencari barang-barang yang ada di pasar ini.

Untuk lo yang penggemar novel-novel zaman dahulu juga bisa menemukan barang tersebut di pasar ini. Lalu untuk lokasi dari tempat ini berada di Jl. HOS. Cokroaminoto No. 34, Kuncen, Kasihan, Pakuncen, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lalu untuk jam operasional dari pasar ini buka setiap hari dari jam 10.00-23.00.

Kerajinan Kulit Yang Eksotik Ada Di Desa Manding

Suasana Di Desa Manding. Credit: tribunnews.com

Kalau lo ingin mencari kerajinan kulit yang unik tentunya ada di Jogja bro. Tepatnya di Desa Manding yang berada di kawasan Bantul. Mulai sepatu, tas hingga jaket kulit bisa lo dapatkan di kawasan ini. Dan uniknya lo bisa meminta untuk dibikinkan sesuai dengan kemauan lo.

Apalagi kalau lo punya hasil rancangan sendiri atas apa yang lo mau atau inginkan tinggal berikan saja hasil tersebut ke tangan-tangan pengrajin yang ada di Desa Manding ini. Harganya pun relative murah bro. Untuk lokasi tepat dari Desa Manding ini terletak di Jl. Doktor Wahidin Sudirohusodo, Manding, Sabdodadi, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Batik Kayu? Coba Aja Ke Desa Wisata Krebet

Kerajinan Tangan Di Desa Wisata Krebet. Credit: tour-yogyakarta.com

Memang bilamana lo berlibur ke Kota Jogja, batik merupakan salah satu hal yang akan lo cari. Karena kota ini memang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang merupakan penghasil batik yang memilki kualitas terbaik. Namun apakah batik berupa kemeja saja yang bisa lo dapatkan di Jogja? Tentu saja tidak bro!

Karena lo bisa mendapatkan batik yang tenun di media yang berbeda. Yaitu kayu. Wah, sebuah hal yang unik yaa bro. Dan tentunya hal ini hanya lo bisa dapatkan di Desa Wisata Krebet. Karena di sana terdapat sekumpulan pengrajin yang memang khusus menenun batik di kayu.

Pembuatannya pun berbeda dengan batik-batik yang dibuat di kain. Karena memerlukan kreativitas dan tingkat konsentrasi yang tinggi. Tak hanya itu, teryata membuat batik di kayu juga harus memilki kemampuan yang khusus. Penasaran bagaimana proses batik kayu ini dibuat? Datang aja ke Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

Pasar Seni Variatif – Pasar Seni Gabusan

Suasana Di Pasar Seni Gabusan. Credit: merahputih.com

Ingin mencari barang-barang seni bro? Di Jogja terdapat sebuah pasar yang memang menjual barang-barang seni dengan kualitas yang sangat baik. Tak heran apabila pasar ini sering didatangi oleh para penyuka seni baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Mulai dari patung-patung hingga penghias kamar juga akan lo dapatkan lo pasar seni ini. Hitung-hitung juga lo membantu para pengrajin tangan yang ada di kawasan ini. Selain dari barang-barang seni yang ada di pasar ini, lo juga dapat melakukan wisata kuliner.

Sate Klathak hingga Tiwul bisa lo rasakan di pasar ini. Jadi merupakan hal yang lengkap apabila lo berkunjung ke pasar ini. Sudah dapat oleh-oleh lalu lo bisa sekaligus wisata kuliner lagi! Lokasi dari pasar ini terdapat di Jalan Parangtritis, Sewon, Timbulharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan buka setiap hari dari jam 10.00 – 17.00.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tempat oleh-oleh Jogja di atas? Semoga dapat berguna sebagai panduan lo pada saa berkunjung ke Jogja yaa bro. Selamat beraktifitas!

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Hengky kik
June 12, 2018 at 3:19 AM

penting nih biar orang yang berkunjung tidak mengenal cuma Bakpia aja



LOCATION