MAY 28, 2018

Berlibur Ke Pulau Pahawang? Simak 5 Tips Ini Agar Liburan Lo Semakin Seru Bro!

Buat lo yang ingin berlibur ke Pulau Pahawang, perhatikan 5 tips yang ada dibawah ini yaa. Semoga berguna bro!


Pulau Pahawang merupakan sebuah destinasi liburan yang memiliki pemandangan serta panorama alamnya yang indah. Banyka hal yang akan lo dapatkan di dalam pulau ini. Ingin berlibur namun masih bingung mau kemana? Pulau Pahawang bisa menjadi pilhan lo, di bawah ini juga terdapat beberapa informasi atau tips yang lo butuhkan apabila ingin berlibur ke pulau tersebut.

Terletak di Kabupatern Pesawaran, Lampung Selatan, Pulau Pahawang ini tiba-tiba menjadi salah satu tujuan liburan alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Oleh sebab itu tak heran nama dari pulau ini pun mulai meluap ke angkasa. Dari Pelabuhan Bakauheni atau Kota Bandar Lampung, lo harus menyewa kendaraan dengan perjalanan 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan tinggal naik kapal sekitar 20-30 menit menuju Pahawang Besar.

Di Pulau Pahawang sendiri terdapat banyak spot-spot snorkeling yang patut untuk lo kunjungi, untuk itu buat lo yang memiliki hobi untuk menikmati keindahan alam laut, tentunya jangan sampai lupa untuk membawa peralatan snorkeling lo yaa. Karena pengalaman yang tak akan lo lupakan akan terdapat di dalam Pulau Pahawang ini.

Ada baiknya pula apabila lo ingin berlibur ke Pulau Pahawang ini untuk memperhatikan beberapa hal penting yang akan mempermudah serta membuat lo lebih nyaman untuk berlibur di pulau tersebut. Berikut beberapa tips yang semoga dapat berguna untuk lo bro.

Akses

Keindahan Pulau Pahawang. Credit: gondeztour.com

Untuk akses ke Pulau Pahawang sendiri tergolong susah-susah gampang. Karena Provinsi Lampung sendiri bisa lo akses menggunakan jalan darat maupun udara. Bagi lo yang berasal dari Kota Jakarta dan ingin merasakan serunya perjalanan lintas pulau, jalan darat bisa menjadi salah satu pilihan lo. Karena akan terdapat banyak momen seru loh.

Selain darat dan udara, akses menuju ke Provinsi Lampung pun bisa melalui laut. Nah untuk yang menggunakan transportasi udara, lo langsung menuju ke Bandara Radin Inten II di Bandar Lampung, kemudian lanjut ke beberapa destinasi di sekitarnya. Kalau lo mengambil jalur laut, lo bisa mengambil kapal ferry dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan dengan naik kendaraan carter sekitar 3 jam menuju Pelabuhan Ketapang. Untuk harga carter mobilnya kurang lebih Rp. 600.000,- per hari. Lalu lo harus carter boat untuk perjalanan 20-30 menit sampai tiba di Pahawang Besar. Untuk harga dari boat itu pun beragam, mulai dari Rp. 2.000.000,- untuk 2 hari itu pun termasuk akan mengantarkan lo untuk berpindah-pindah pulau.

Akomodasi

Suasana Di Pulau Pahawang. 

Tentunya akomodasi merupakan hal penting dalam lo menikmati waktu liburan lo, karena semakin bagus atau murahnya akomodasinya tersebut, tentunya akan membuat lo lebih nyaman atau senang dalam menikmati masa liburan lo tersebut. 

Untuk tempat penginapan yang ada di Pulau Pahawang ini terpusat di Pahawang Besar. Tiga dusun utama lokasi penginapan adalah Pagetahan, Jelarangan dan Cukuh Nyai. Terdapat 3 – 4 villa yang ada di kawasan dusun tersebut. Untuk estimasi harga per villa kurang lebih Rp 2 – 4 juta per malam. Itu pun tergantung, kalau sedang high season tentunya harga tersebut akan berubah. Satu villa pun bisa diinapi 15-40 orang, sudah termasuk makan.

Selain dari villa, juga terdapat beberapa pilihan homestay yang bisa menjadi tempat penginapan lo. Kurang lebih terdapat 50 homestay yang bisa lo inapi bro. Untuk estimasi harganya sekitar Rp. 600.000,- hingga Rp. 2.000.000,- per malam.

Listrik

Hamparan Pasir Putih Di Pulau Pahawang. Credit: kabarpenumpang.com

Untuk masalah listrik, di Pulau Pahawang sendiri belum memliki sumber listrik yang memumpuni bro. Oleh sebab itu lo akan benar-benar mendapatkan sebuah pengalaman yang benar-benar menyatu kepada alam. Dari sebagian tempat penginapan yang ada di kawasan ini pun di lengkapi dengan genset yang merupakan salah satu sumber listriknya.

Pulau Pahawang sendiri juga dihuni sekitar 900 Kepala Keluarga. Oleh sebab itu, pasokan listrik di dalam pulau ini belum ada bro. Gensetnya pun hanya nyala pada saat malam hari. Dan pada siang menjelang sore hari, genset tersebut akan dimatikan. Jadi buat lo yang ingin membawa alat elektronik, tentunya sudah harus mengatasi hal ini yaa.

Waktu Terbaik

Kejernihan Air Laur Di Pulau Pahawang. Credit: pulautidung.tours

Ini merupakan hal yang penting untuk lo ketahui bro, karena memang untuk mendapatkan keindahan alam secara optimal, lo harus tahu kapan waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan pulau ini. Namun, secara keseluruhan, Pulau Pahawang bisa lo kunjungi sepanjang tahun. Namun memang ada waktu-waktu terbaik untuk berlibur ke pulau eksotis ini.

Disarankan apabila lo ingin berlibur ke pulau ini, waktu terbaiknya adalah sekitar bulan Mei hingga Agustus. Karena di waktu tersebut suasana serta keindahan alam yang ada di pulau ini pun sedang berada di titik paling optimal. Namun, semuanya itu tergantung dari cuaca, karena bilamana berbicara mengenai cuaca semuanya tidak bisa diprediksi.

Perlu diketahui pula, untuk menghindari ketika adanya musim angina barat. Karena pada saat musim tersebut ombak-ombaknya akan membesar seta sedikit orang yang beraktifitas di kawasan pulau tersebut. Musim angin barat pun biasanya akan datang pada bulan September hingga Desember. Namun, kembali lagi semuanya itu tergantung kepada cuaca yang terjadi bro. Karena cuaca akhir-akhir2 sedikit sudah untuk diprediksi.

Hewan Laut Yang Harus Dihindari

Biota Laut Yang Ada Di Pulau Pahawang. Credit: wisatalova.com

Tentunya aktifitas snorkeling merupakan salah satu hal yang seru sekali bila dapat lo lakukan di Pulau Pahawang ini. Lalu ditambah dengan banyaknya spot snorkeling yang tersebar di perairan Pahawang Besar, Pahawang Kecil, Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. Lalu dari spot-spot tersebut terdapat sebuah papan beton bertuliskan “I Love Pahawang” dan sejenisnya, yang sengaja ditenggelamkan untuk membuat habitat baru.

Karena hal itu pula maka tak heran apabila lo melihat banyak biota laut yang tersebar di perairan Pualu Pahawang ini. Nah, ada beberapa hewan laut yang harus lo hindari bro. Seperti Bulu Babi, Ikan Batu, Pari, Ubur-Ubur dan Ulat Laut. Dan terdapat juga Bulu Seribu, bentuknya seperti bintang laut namun memiliki bulu yang banyak diatasnya.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai Pulau Pahawang di atas ini? Semoga bisa berguna sebagai panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa. Selamat beraktifitas dan kobarkan selalu semangat petualang lo bro!

 

 


Please login to comment
3 COMMENTS
Muhammad muhlis
May 29, 2018 at 12:10 AM

Keren banget


Falahudin
June 21, 2018 at 7:33 AM

Tahun depan Insya Allah kesini


hengky tri kurniawan
June 26, 2018 at 1:22 AM

mantaaaaaap ini