7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Tentu saja Gili Trawangan bukan merupakan hal yang asing, namun apakah lo sudah tahu kalau pulau kecil itu menyimpan beberapa fakta yang menarik untuk diketahui? Penasaran? Simak saja bacaan di bawah ini bro!

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi liburan yang memang sudah banyak menjadi tempat tujuan terfavorit. Tak heran apabila pulau kecil ini selalu terpenuhi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun apakah lo sudah tahu kalau pulau tersebut menyimpan beberapa fakta yang unik? Kalau belum lihat saja informasinya di bawah ini yaa.

Gili Trawangan merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Nusa Tenggara Barat. Keindahan dari pulau ini pun sudah terkenal hingga luar negeri. Bahkan banyak yang beranggapan pula kalau pulau ini lebih menarik ketimbang Pulau Bali.

Hal itu karena dari luas wilayah dari pulau ini yang kecil sehingga membuat semuanya terasa dekat dan tentunya memilki beberapa tempat hiburan yang menarik. Pokoknya kalau berlibur di dalam pulau ini serasa seperti sedang berlibur di pulau yang ada di dalam film-film bro.

Mengenai keindahan serta panorama alam yang ada di dalam pulau ini pun bukan menjadi sebuah pertanyaan lagi. Karena lo akan mendapatkan bentangan alam nan menawan dari segala sudut di dalam pulau ini. Serta terdapat beberapa hal unik yang mungkin hanya lo dapatkan di GIli Trawangan. Penasaran? Lihat saja informasinya bro.

Hampir Semuanya Turis Asing

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Suasana Di Gili Trawangan. Credit: gilitrawangan777.blogspot.co.id/

Salah satu hal yang mungkin akan membuat kita bangga sebagai orang Indonesia, karena Gili Trawangan tersebut merupakan destinasi favorit pada wisatawan asing untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Secara tidak langsung juga langsung mengangkat nama Indonesia di mata dunia loh bro.

Gili Trawangan pun sangat tersohor di kalangan wisatawan luar negeri, maka tak heran apabila banyak wisatawan asal luar negeri yang sengaja datang ke Indonesia hanya untuk merasakan bagaimana suasana alam di pulau nan kecil ini.

Hal yang membuat para wisatawan asing suka untuk mengunjungi pulau ini ialah dengan suasananya yang dibuat layaknya pantai-pantai di Hawaii dengan kafe di pinggir-pinggir pantai. Konsepnya pun sangat internasional.

Penduduk Lokal Tinggal Di Bagian Tengah Pulau

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Suasana Hotel Di Pinggiran Gili Trawangan. Credit: travel.idntimes.com

Hal unik yang bisa lo dapatkan di Gili Trawangan ialah ini bro. Karena lo akan menemukan para penduduk lokal tinggal di bagian tengah pulau. Jadi lo akan sulit untuk menemukan rumah-rumah warga lokal di pinggiran pulau ini. Bagian pinggiran dari pulau ini memang dikhususkan untuk perhotelan dan semacamnya.

Mungkin hal ini dilakukan agar terus menjaga kelestarian alam yang terdapat di dalam pulau tersebut. Tapi memang sih bro, kalau dipikir-pikir apabila semua lahan di dalam pulau ini dijadikan sebagai tempat penginapan atau hiburan, kondisi alam di dalam pulau ini mau jadi apa.

Homestay Murah Ada Di Tengah Pulau, Hotel Mahal Ada Pinggiran

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Salah Satu Homestay Di GIli Trawangan. Credit: reservasi.com

Umumnya memang terdapat banyak hotel-hotel mahal dengan pemandangan yang sangat indah terdapat di pinggi-pinggir pulau ini. Karena memang seperti apa yang sudah dikatakan di poin sebelumnya kalau para warga lokal tinggal di bagian tengah pulau ini.

Mengenai harga tentunya akan mencapai langit, bayangkan saja terdapat beberapa tempat penginapan yang memiliki estimasi harga hingga puluhan juta per malamnya. Namun buat lo para backpacker jangan mudah berkecil hati yaa. Karena terdapat beberapa kost-kostan atau homestay yang memiliki harga sesusai dengan dompet lo.

Lo bisa menemukan tempat penginapan yang jauh lebih murah apabila lo masuk lebih dalam lagi di wilayah pulau ini. Karena di sana para waga lokal menyediakan beberapa tempat sederhana yang mungkin bisa menjadi salah satu tempat penginapan lo bro. Menariknya lagi harganya bisa lo tawar sesuai kesepakatan.

Banyak Kucing

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Kucing-Kucing Yang Ada Di Gili Trawangan. Credit: cerita.picmix.it

Bagi lo penyuka kucing, tentunya hal ini bisa menjadi hal yang akan membuat lo betah untuk berlama-lama berlibur di pulau ini. Hal ini pun dikarenakan oleh para warga lokal Gili Trawangan yang sangat menghargai makhluk hidup. Oleh sebab itu, kucing ituoun dibiarkan untuk berkembang biak secara bebas di dalam pulau ini.

Bahkan, di pulau ini terdapat sebuah klinik yang dapat membuat lo dapat bermain-bermain dengan hewan mungil ini. Di klinik tersebut lo bisa memberi makan kucing-kucing yang ada serta dapat memberikan perhatian lebih terhadap mereka.

Namun biarpun bebas, perkembangbiakan dari kucing itu sendiri terus akan diawasi. Hal ini agar mereka tidak berkembangbiak terlalu tajam.

Tempat Pembuangan Narapidana

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Keindahan Gili Trawangan. Credit: traveloka.com/

Salah satu fakta yang cukup mengangetkan dari pulau kecil nan menawan ini. Ternyata tepat sebelum tahun 1970, Gili Trawangan merupakan tempat dimana para narapidana dibuang. Hal ini dikarenakan dari lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat kota serta aksesnya yang tergolong mudah.

Bebas Polusi

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Wisatawan Sedang Bersepeda Di Gili Trawangan. Credit: travel.kompas.com

Selain dari alamnya yang indah, Gili Trawangan juga terkenal dengan kondisi lingkungan yang ada disekitarnya. Karena memang di Gili Trawangan sendiri itu bebas dari polusi bro. Hal ini dikarenakan tak adanya kendaraan bermotor yang boleh beroperasi. Jadi lo hanya menemukan delman ataupun sepeda yang menjadi salah satu unit transportasi yang dapat lo gunakan.

Karena memang dari luas wilayahnya yang kecil, bayangkan saja lo bisa menuju kemana pun di dalam pulau ini hanya dengan berjalan kaki. Itu merupakan salah satu alasan kuat mengapa tidak perlunya kendaraan bermotor beroperasi di dalam pulau kecil ini.

Pulau Yang Kecil

7 Fakta Unik Gili Trawangan, Pulau Favorit Wisatawan Luar Negeri!

Keindahan Gili Trawangan Dari Ketinggian. Credit: hindustantimes.com

Seperti apa yang sudah dikatakan sebelumnya, kalau memang Gili Trawangan ini memilki ukuran serta lokasi yang relatif kecil. Bayangkan saja lo hanya perlu waktu sekitar 2 jam berjalan kaki untuk menyusuri seluruh penjuru dari pulau ini.

Memiliki panjang 3 Km serta lebar 2 Km, menjadi salah satu bukti kalau pulau ini memang memilki ukuran yang sangat kecil. Biarpun kecil namun pesonanya sudah terkenal hingga luar negeri.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gili Trawangan di atas? Semoga bisa berguna sebagai panduan lo pada saat berkunjung ke sana. Selamat beraktifitas dan kobarkan terus semangat petualang lo bro!

 

Wilderness travelling pantai solo traveling solo backpacker

4 COMMENTS

SHARE
Keren banget
indonesia itu indaah
Keren banget
apresiasi buat superadventure yang terus mengeksplore wisata" yang ada di Indonesia