MAY 27, 2018

3 Jenis Kopi Robusta Indonesia Yang Berkualitas Dan Mendunia!

Dengan kualitas yang dimiliki, tentunya kopi yang berasal dari Indonesia ini sudah terkenal secara mendunia. Khususunya kopi robusta yaa. Penasaran dari mana saja asalnya bro? Lihat saja informasinya di bawah ini. 


Untuk para penikmat kopi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan kopi robusta. Robusta itu sendiri merupakan salah satu jenis tanaman kopi yang memiliki banyak penggemarnya, apalagi di Indonesia sendiri. Nah, untuk pilihan jenis kopi robusta yang paling enak di Indonesia ada bermacam-macam bro. Untuk itu di dalam artikel ini akan mengulas 3 jenis kopi robusta Indonesia yang memiliki rasa terenak.

Namun sebelum itu ada baiknya kita mengetahui dulu sebenarnya apa itu kopi robusta, karena tidak semua orang mengetahui seperti apa kopi jenis ini dan rasanya seperti apa. Memiliki nama ilmiah Coffea Canephora, nama robusta itu sendiri diambil dari kata “robust”.

Robust itu sendiri berarti kuat. Sesuai dengan arti dan namanya tersebut, jenis kopi robusta memang memiliki cita rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit ketimbang jenis kopi arabika. Lalu biji kopi robusta banyak digunakan bahan baku kopi siap saji dan pencampur kopi racikan untuk menambah cita rasa kopi. Selain itu, biasanya juga digunakan untuk membuat minuman kopi berbasis susu seperti cappuccino, café latte dan macchiato.

Untuk di Indonesia sendiri, kopi robusta memang menjadi salah satu jenis kopi yang banyak digemari. Karena perlu diketahui juga bro kalau Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia. Sebagian besar dari perkebunan kopi yang ada di Indonesia sendiri ditanami kopi jenis robusta.

Oleh sebab itu pula, maka tak heran banyak terdapat beberapa jenis kopi robusta yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Contohnya saja untuk di Pulau Jawa dan Sumatera memiliki rasa yang berbeda padahal jenis kopinya sama-sama jenis robusta. Untuk itu mari kita lihat beberapa pilihan kopi jenis robusta yang ada di Indonesia tentunya dengan rasa yang terbaik.

Kopi Lampung

Biji Kopi Robusta Lampung. Credit: kupastuntas.co

Buat lo yang sudah pernah mendengar kalau daerah Lampung memiliki kopi dengan rasa yang enak, itu bukan hanya isapan belaka. Karena memang, daerah Lampung sendiri memiliki jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Bahkan penjualannya pun tidak main-main bro. Mencapai pasar internasional loh, maka tak heran kalau banyak orang yang mencari kopi robusta yang berasal dari Lampung.

Kopi robusta Lampung ini ditanam di atas ketinggian sekitar 600 mdpl. Lalu dari letak geografis, iklim, serta kondisi tanah yang subur membuat kopi robusta Lampung ini memiliki cita rasa yang berbeda ketimbang kopi robusta lainnya.

Robusta Dampit Malang

Biji Kopi Robusta Dampit Malang. Credit; coffeetherapy.id

Kalau lo ingin mencari sebuah kopi robusta yang unik, Robusta Dampit Malang bisa menjadi salah satu pilihan lo. Kopi tersebut berasal dari Kecamatan Dampit. Yang merupakan salah satu kawasan yang menghasilkan jenis kopi robusta yang cukup terkenal. Kenikmatan dari kopi robusta dari daerah Dampit pun merupakan hal yang tidak perlu untuk dipertanyakan.

Tanpa terkecuali kopi Robusta Dampit malang ini memang sudah terkenal hingga luar negeri. Penjualannya pun sudah sangat banyak di dataran Eropa. Bahkan tidak sedikit orang Eropa yang menjadi penggemar dari kopi ini. Dan kopi ini memiliki rasa yang spesial atau special taste. Hal ini dikarenakan biji kopi ini ditanam atau dibudidayakan di lahan dengan ketinggian 800 mdpl serta memiliki kontur tanah yang subur.

Tak hanya itu, 90% dari hasil pengembang biakan dari kopi Robusta Dampit Malang ini di ekspor ke luar negeri. Oleh sebab itu, tak heran apabila kopi asal Malang sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hitung-hitung juga akan membawa nama baik Indonesia secara mendunia.

Robusta Bali Tabanan

Biji Kopi Robusta Bali Tabanan. Credit: lapakkopi.wordpress.com

Buat lo penikmati kopi sejati, kurang rasanya apabila lo tidak mencicipi beberapa pilihan kopi yang berasal dari Bali. Salah satunya ialah Robusta Bali Tabanan. Kopi yang memilki rasa yang unik serta beraroma wangi cokelat nan menggoda.

Belakangan ini, cita rasa kopi dari Pulau Dewata itu terus dikembangkan, karena orang banyak mengenal kopi arabika dari Kintamani yang telah mendunia. Mungkin sebagian dari lo belum mengenal kopi yang ditanam di daerah Pupuan oleh petani lokal.

Meski harga biji kopi robusta yang murah, rasanya sangat nikmat jika lo menyesap. Rasanya cenderung tidak terlalu pahit, karena biji kopi itu tumbuh di atas ketinggian 400-700 mdpl, ditambah cuacanya sejuk. Untuk kebun kopinya, berada di 14 desa yang dikelola oleh petani lokal. Setiap musim tanam, mereka berusaha mencari bibit unggul yang bisa menghasilkan biji kopi sempurna. Penduduk desa saling berbondong-bondong untuk menanam kopi sampai menunggu masa panen tiba.

Ada ciri khas tersendiri yang dilakukan oleh petani lokal di sana dalam menanam kopi tersebut. Kalau sudah, biji kopi hijau dijemur di atas terik matahari. Aromanya tercium wangi ketika biji kopi ini sudah dipanggang. Lalu, kopi siap digiling halus dan diseduh dengan air panas.

Sementara itu, kopi ini telah diakui dunia karena punya cita rasa yang mantap. Tapi memang popularitasnya belum bisa mengalahkan kopi arabika Kintamani bercita rasa asam dan wangi lemonnya menyeruak di hidung.

Pohon Kopi Robusta Bali Tabanan. Credit: balipost.com

Hampir di semua wilayah Tabanan, kopi dari Pupuan dipasarkan. Selain bisa diminum di sana, lo bisa membawanya sebagai buah tangan. Harga per kilogramnya dijual murah yakni sekira Rp30 ribu untuk kualitas biasa. Lalu, untuk biji kopi premium sekiranya lo harus merogoh kocek Rp45 ribuan.

Jadi bagaimana bro dengan informasi mengenai 3 jenis kopi robusta Indonesia yang terkenal tersebut? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat ingin memilih jenis kopi robusta yang terbaik dari Indonesia. Dari informasi di atas, seharusnya sebagai warga Indonesia kita harus turut bangga karena dari kopi nama Indonesia terkenal secara mendunia.


Please login to comment
4 COMMENTS
Sunaryo Widodo
June 7, 2018 at 2:50 PM

Coffee nggak pernah bohong....


Muhammad muhlis
June 9, 2018 at 9:10 PM

Mantap jiwa


Hengky kik
June 12, 2018 at 3:21 AM

Ketika Otak Perlu Insprisasi


hengky tri kurniawan
June 17, 2018 at 3:47 AM

nambah ilmu lagi tentang kopi