5 Aktivitas Seru di Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah salah satu pantai yang keberadaanya sudah terkenal di kalangan petualang. Baik petualang yang berasal dari dalam negeri sendiri maupun mancanegara, sudah sering menjadian Pantai Pulau Merah sebagai salah satu spot petualangan mereka.

5 Aktivitas Seru di Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah salah satu pantai yang keberadaanya sudah terkenal di kalangan petualang. Baik petualang yang berasal dari dalam negeri sendiri maupun mancanegara, sudah sering menjadian Pantai Pulau Merah sebagai salah satu spot petualangan mereka.

Salah satu hal yang menarik di Pantai Pulau Merah ini adalah ombak lautnya yang besar, sehingga cocok sekali untuk berselancar. Oleh karena itu, bahasan kali ini juga akan mengulas tentang 5 aktivitas seru yang bisa lo lakukan saat berpetualang di Pantai Pulau Merah.

Banyuwangi, salah satu Kabupaten di Jawa Timur memang terkenal dengan spot petualangan deretan pantainya. Hal inilah yang mempopulerkan Banyuwangi sebagai salah satu daftar spot petualangan yagn wajib dikunjungi.

5 Aktivitas Seru di Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur

Keindahan Pantai Pulau Merah. credit photo: wisatapriangan.com

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah pantai yang berlokasi di ujung selatan kota tersebut, yaitu Pantai Pulau Merah. Mempunyai luas sekitar 3 kilometer, dengan bukit kecil setinggi 200 meter dan dibagian timurnya, para petualang disuguhi oleh pemandangan pegunungan, serta di bagian barat, lo akan menikmati momen matahari terbenam yang ciamik.

Pantai yang menawan ini juga dikelilingi oleh pohon mangrove. Artinya, pantai ini cukup terjaga dari abrasi atau terjaga jika da gelombang tinggi dan besar yang menghantam bibir pantai tersebut. Salah satu daya tarik pantai ini, seperti yang sudah disebutkan di atas, Pantai Pulau Merah mempunyai ombak yang tingginya sampai 2 meter lebih.

Pantai Pulau Merah ini dikenal dengan Pantai Ringin Pintu oleh masyarakat setempat. Hal tersebut merujuk ke sebuah bukit kecil dekat laut, dan tanahnya yang berwarna merah. Pantai ini akan terlihat sangat merah saat momen matahari terbenam. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh lembayung senja dari matahari.

Pantai Pulau Merah sudah dikelola oleh pemerintah setempat dan swasta. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai keamana yang ada di pantai ini. Mulai dari tower setinggi 5 meter yang dapat membantu pengawasan dari ketinggian, dan berbagai pos keamanan lainnya.

Oleh karena itu, Pantai Pulau Merah sangat cepat tanggap jika ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak diingkan karena petugas yang sergap dan tanggap ini pasti langsung akan melakukan tindakan pengamanan.

Bro, Pantai Pulau Merah adalah surga bagi para petualang. Hal ini bisa dilihat dari berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini. Nah, untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dapat menambah keseruan lo saat berpetualang di sini, simak bahasan kali ini, ya.

Surfing

5 Aktivitas Seru di Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur

Keindahan Pantai Pulau Merah. credit photo: sportourism.id

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, daya tarik Pantai Pulau Merah adalah karena ombak yang dimiliki nya. Dan hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi mereka yang hobi berselancar. Pantai ini selalu dipenuhi oleh peselancar mancanegara setiap harinya.

Bahkan banyak dari mereka memilih untuk menginap selama berhari-hari dan beberapa ada yang sampai berminggu-minggu. Memang ombak yang dihasilkan oleh pantai Pulau Merah tidak setinggi G-Land. Akan tetapi hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang masih pemula dan tahap belajar berselancar.

Dengan ketinggian rata rata ombak 2 meter, lebih tidak membahayakan untuk mereka yang belum professional. Namun apabila sudah professional, memang G-Land sangat direkomendasikan.

Hingga saat ini, pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mengadakan event surfing rutin setiap tahunnya. Dan event tersebut melibatkan peserta dari 20 negara diseluruh dunia.

Memancing

5 Aktivitas Seru di Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur

Keindahan Pantai Pulau Merah. credit photo: katalogwisata.com

Untuk mereka yang mempunyai hobi memancing, dapat memanfaatkan jasa perahu tradisional untuk memancing di tengah laut. Hal ini tentu sangat menyenangkan, karena selain mendapatkan ikan, wisatawan juga akan dapat menikmati hembusan sejuk air laut.

Perlu lo ketahui nih, bro – bahwa laut lepas di Pantai pulau Merah terkenal dengan ikan-ikan besar. Oleh karena itu, memancing di sini adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu petualangan.

Snorkeling

5 Aktivitas Seru di Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur

Keindahan Pantai Pulau Merah. credit photo: reresepan.com

Aktivitas eksklusif lainnya adalah snorkeling. Di lokasi pantai Pulau Merah terdapat pihak yang menyewakan perlengkapan untuk snorkeling. Dan satu hal yang menarik adalah, harga sewa nya tidak semahal tempat sewa pada umumnya.

Alam bawah laut dari Pantai Pulau Merah memang tidak bisa lo lewatkan begitu saja, bro. Pemandangan berbagai terumbu karang, koral ,dan ikan kecil sampai ikan besar, akan memanjakan penglihatan lo di berbagai spot snorkeling yang ada di Pantai Pulau Merah.

Mendaki Bukit

Ketika laut sedang surut, lo dapat berjalan ke tengah laut untuk menaiki Bukit yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Melalui bukit tersebut lo dapat menyaksikan keindahan laut lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi pantai Pulau Merah.

Kulineran

Setelah lelah bermain main atau berselancar, penjaja makanan dan minuman akan siap melayani makanan dan minuman. Di dalam lokasi pantai terdapat banyak kios yang menjual berbagai macam konsumsi. Mulai dari makanan ringan, minuman, hingga masakan berjenis kuliner.

Fasilitas Akomodasi Penginapan

Ketika lo berencana ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, lo dapat menyewa homestay disekitar pantai yang disediakan oleh warga setempat. Harga sewa nya relatif murah jika dibandingkan dengan penginapan tempat wisata lain, yaitu mulai dari Rp.100.000 per malam.

lo dapat memilih homestay sesusai dengan fasilitas yang anda inginkan. Fasilitas homestay yang diberikan, seperti kamar tidur, bed, TV, AC dsb tergantung dari harga yang lo inginkan.

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo sudah semakin penasaran dengan berbagai aktivitas seru di Pantai Pulau Merah? Atau spot petualangan ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo?

Kalau sudah, langsung saja lo siapkan waktu kosong, atau ambil cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat, bro!

 

Source

Feature Image - cerita.picmix.id

 

 

Wilderness Beginner Extreme travelling pantai solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!