MAY 31, 2018

15 Gunung Tertinggi di Indonesia, Sudah Menaklukan Yang Mana Saja, Bro?

Indonesia sebagai negara kepulauan yang keberadaan keindahan alamnya sudah diakui dunia, mempunyai berbagai deretan gunung tinggi, yang membuat siapapun yang dapat menaklukannya, akan mendapat kepuasan tersendiri. Penasaran gunung apa saja yang ada di deretan gunung tertinggi di Indonesia?


Indonesia sebagai negara kepulauan yang keberadaan keindahan alamnya sudah diakui dunia, mempunyai berbagai deretan gunung tinggi, yang membuat siapapun yang dapat menaklukannya, akan mendapat kepuasan tersendiri. Penasaran gunung apa saja yang ada di deretan gunung tertinggi di Indonesia?

Pendakian di deretan gunung tertinggi di Indonesia tidak hanya dilakukan oleh para petualang yang berasal dari dalam negeri sendiri, namun juga para petualang dari mancanegarapun berlomba untuk dapat sampai ke deretan gunung tertinggi di Indonesia tersebut.

Cartenzs Pyramid di Papua – 4.884 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: mountaintrip.com

Gunung tertinggi di Indonesia dari deretan tersebut jatuh pada sebuah gunung yang berada di timur Indonesia, yaitu Papua. Dikenal sebagai Puncak Jaya, Cartenzs Pyramid merupakan salah satu seven summit yang ada di dunia ini.

Dengan predikat tersebut, jelas para petualang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri atau mancanegara, berlomba untuk menaklukan puncak yang ganas tersebut, untuk pembuktian diri dan kebanggan tersendiri, karena sudah bisa berhasil menaklukan puncak gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Puncak Mandala – 4.760 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: wikipedia.org

Berlokasi di Kabupaten Bintang, Papua – gunung kedua tertinggi di Indonesia masih berasal dari Indonesia bagian timur, yaitu Papua. Ternyata, Gunung Puncak Mandala ini, masih satu deretan dengan Puncak Jayawijaya.

Gunung Puncak Mandala yang mempunyai ketinggian seperti itu, dahulu puncaknya diselimuti oleh es dan salju. Namun, karena efek dari pemanasan global, es dan salju tersebut perlahan menghilang, karena cuaca yang cukup ekstrim.

Gunung Puncak Trikora – 4.750 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: dzargon.com

Tidak jauh dari Gunung Puncak Mandala, Gunung Puncak Trikora juga berada di Papua. Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti hutan Montane, hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, dan hutan Dipterokarp Atas.

Gunung Puncak Trikora merupakan gunung ketiga tertinggi di Indonesia, yang juga sering diincar oleh para petualang, sebelum mendaki ke Cartenzs Pyramid. Titik awal pendakian gunung ini adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

Gunung Ngga Pilimsit – 4.717 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: triptrus.com

Gunung Ngga Pilimsit pada zaman kolonial terkenal dengan nama gunung Idenburg. Gunung ini terletak di Provinsi Papua tepatnya di Pegunungan Maoke dengan ketinggian gunung mencapai 4.717 mdpl atau sekitar 15.476 kaki.

Gunung ini merupakan salah satu puncak gunung yang paling dekat dengan Cartenzs Pyramid. Oleh karena itu, siapa yang ingin mendaki Cartenzs, biasanya akan melewati puncak dari Gunung Ngga Pilimsit dulu untuk melengkapi puncak tertinggi di Indonesia.

Gunung Yamin – 4.595 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: triptrus.com

Gunung yang masih berlokasi di Provinsi Papua ini memiliki kontur bebatuan gamping, klastik, dan karang glaciated. Para pendaki, biasanya memakan waktu 3-4 hari pendakian untuk menaklukan puncak gunung tersebut.

Untuk lo yang akan mendaki gunung ini, siapkan baju hangat atau jaket tebal, karena temperatur dan suhu di Gunung Yamin ini bisa mencapat -5 derajat Celsius.

Gunung Kerinci – 3.805 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: merdeka.com

Berlokasi di Provinsi Jambi, Sumatera, Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung dengan taman nasional yang luas di Indonesia. Termasuk ke golongan gunung berapi yang masih aktif, Gunung Kerinci terakhir meletus pada tahun 2009.

Untuk lo yang akan mendaki gunung ini, rute termudah untuk melakukan pendakian gunung Kerinci adalah di Desa Kersik Tuo yang berada di ketinggian 1.400 mdpl.

Gunung Rinjani – 3.726 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: kembangwisata.com

Berlokasi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat – Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang banyak diminati oleh para pendaki. Hal tersebut dikarenakan pemandangan di sana yang sangat indah.

Gunung yang mempunyai danau yang bernama Segara Anakan ini menjadi salah satu hot spot untuk petualangan. Terlebih danau Segara Anakan, yang mempunyai keindahan yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih.

Gunung Semeru – 3.676 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: malangtoday.com

Berlokasi di Lumajang, Malang, Jawa Timur, Gunung Semeru adalah salah satu gunung favorit bagi para pendaki yang berada di Pulau Jawa. Gunung yang mempunyai puncak bernama Mahameru ini adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang masih aktif.

Gunung Sanggar – 3.564 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: galuhhandayani.sch.id

Berlokasi di Nusa Tenggara Barat, Gunung Sanggar kalah pamor dengan Gunung Rinjani. Namun, walau begitu, pemandangan alam serta berbagai rintangan saat pendakian tidak kalah seru dengan Gunung Rinjani. Oleh karena itu, sekarang ini, sudah banyak pendaki yang menaklukan gunung ini.

Gunung Latimojong – 3.478 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: surbaktineva.com

Berlokasi di Enrekang, Sulawesi Selatan, Gunung Latimojong menjadi gunung tertinggi di Sulawesi. Gunung ini juga mempunyai puncak yang terkenal, dengan nama Rante Mario. Pemandangan alam yang luar biasa dan berbagai tantangan pendakian menjadi daya tarik tersendiri untuk gunung ini.

Gunung Slamet – 3.428 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: triptrus.com

Gunung Selamet merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di pulau Jawa. Gunung ini terletak di 5 Kabupaten propinsi Jawa Tengah yaitu kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang. Gunung yang mempunyai pemandangan indah ini menjadi salah satu spot petualangan favorit untuk para pendaki.

Gunung Sumbing – 3.371 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: tanahnusantara.com

Berlokasi di tiga kabupaten sekaligus, Gunung Sumbing juga menjadi salah satu favorit para pendaki, karena terkenal rintangan pendakiannya yang tidak terlalu sulit. Untuk melakukan pendakian gunung Selamet, jalur yang bisa dipilih oleh para pendaki adalah melaui Desa Garung yang terletak di kaki Gunung Sumbing bagian utara.

Gunung Raung – 3.344 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: viapendaki.com

Gunung tertinggi selanjutnya adalah gunung Raung yang terletak di Jawa Timur, tepatnya gunung ini terletak di 3 kabupaten, yaitu Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi. Gunung Raung pertama kali meletus pada tahun 1586 dan terakhir kali meletus pada tahun 2015 yaitu di bulan Juli.

Gunung Lawu – 3.265 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: tabloidwisata.com

Gunung Lawu adalah sebuah gunung berapi yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur, dan Kabupaten Karanganyar di Provinsi Jawa Tengah. Menjadi salah satu gunung yang sakral oleh masyarakat sekitar, namun gunung ini tetap menjadi favorit para pendaki.

Rute termudah untuk melakukan kegiatan tersebut adalah dari Cemorokandang di Tawang Mangu Jawa tengah atau dari Cemorosewu di Sarangan Jawa Timur.

Gunung Merbabu – 3.145 mdpl

Gunung Tertinggi di Indonesia. credit photo: gunung.id

Gunung merbabu merupakan gunung berjenis stratovolcano yang berada di 4 Kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali, Salatiga, dan Semarang. Meskipun medan yang dilalui tidak terlalu sulit, namun para pendaki bisa menghadapi beberapa hambatan seperti tidak adanya sumber air, kabut tebal, udara yang dingin, serta harus melewati hutan yang lebat.

Wah bagaimana nih, bro? 15 gunung tertinggi di Indonesia ini pasti membuat lo berkeinginan untuk mendaki salah satunya, bukan? Langsung saja ambil cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - id.baliglory.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
June 2, 2018 at 2:26 PM

Gunung Rinjani, Semeru dan Gunung Slamet


Dyastantya Ekmawanto
August 12, 2018 at 12:04 AM

Baru Merbabu, Lawu, Semeru