JUN 4, 2018

5 Trik Dasar Skateboard Yang Harus Lo Kuasai Bro!

Skater pemula? Enggak usah malu bro, asalkan terus berlatih pasti lo akan sampai di titik yang lo inginkan. Di bawah ini terdapat beberapa pilihan trik untuk lo para pemula. Jadi jangan berkecil hati yaa bro, teruslah berjuang!


Skateboard merupakan salah satu cabang olahraga ekstrim yang memang memiliki banyak penggemarnya. Olahraga yang memacu adrenalin lo ini memang memerlukan sebuah niat tinggi, karena dari tingkat kesulitannya yang cukup tinggi. Oleh sebab itu di dalam artikel ini akan mengulas beberapa trik skateboard yang harus lo kuasai pada saat baru ingin memulai olahraga ni.

Olahraga yang berasal dari negeri Paman Sam ini memang merupakan olahraga yang bisa dibilang dapat menimbulkan berbagai jenis cedera. Tak heran apabila memerlukan sebuah tekad serta konsistensi yang tinggi untuk dapat menguasai olahraga ini. Selain itu, olahraga ini juga banyak memiliki trik-trik yang cukup rumit.

Hal tersebut biasanya membuat para pemula berkecil hati, namun ada baiknya untuk selalu memiliki pemikiran yang positif bro.  Karena di bawah ini akan ada beberapa trik awal yang harus lo kuasai terlebih dahulu. Karena kalau trik awal ini sudah lo kuasai, secara tidak langsung akan mempermudahkan lo untuk menguasai trik-trik lainnya. Namun perlu diingat kembali, lo harus menguasai terlebih dahulu cara untuk menggunakan skateboard. Seperti menemukan keseimbangan, berjalan atau meluncur serta cara memberhentikan skatenya itu sendiri, baru lo lanjut ke pembelajaran trik-trik yang ada di bawah ini.

Ollie

Ilustrasi Trik Ollie. Credit: en.wikipedia.org

Trik ini merupakan salah satu hal dasar yang harus lo kuasai bro sebelum merambah ke trik-trik lainnya. Ollie merupakan sebuah trik yang akan membuat papan skate lo tersebut melompat bro. Dengan menghentakkan bagian belakang papan lo, lalu slide kaki depan lo ke arah depan dan melompat di saat bersamaan akan membuat papan lo melayang di udara bro.

Tentu saja trik ini tidak akan langsung lo kuasai dalam sekejap. Butuh waktu yang cukup lama serta latihan berkali-kali sampai lo merasa mudah untuk melakukan trik ini. Banyak hal yang dapat lo lakukan agar cepat menguasai trik ini. Salah satunya lo bisa berlatih di atas rumput.

Hal tersebut akan mempemudahkan lo agar mendapatkan keseimbangan serta akan mengurangi kemungkinan lo jatuh di tempat yang keras.

Nollie

Ilustrasi Trik Nollie. Credit: wikihow.com

Jika lo sudah menguasai trik ollie, tentunya trik satu ini juga harus lo kuasai bro. Sebenarnya jika berbicara mengenai tehnik yang digunakan hampir sama dengan cara lo ollie. Perbedaannya ialah kalau ollie lo lakukan pada saat melaju atau meluncur ke depan, nah kalo nollie ini sebaliknya.

Dengan meluncur ke belakang, lo harus melompat. Tak banyak perbedaan sih sebenarnya, masih sama saja lo hentakkan bagian belakang dari papan skate lo, lalu slide kaki bagian depan lo ke arah depan dan melompat di saat yang bersamaan.

Mungkin kesulitan yang akan lo temukan ialah dengan arah lajunya yang berbeda, sehingga lo memerlukan waktu untuk beradaptasi agar dapat menguasai trik ini. Setelah trik ini dapat lo kuasai tentunya trik-trik lainnya akan terasa mudah.

Kickflip

Ilustrasi Trik Kickflip. Credit: exploratorium.edu

Kalau trik ollie dan nollie sudah lo kuasai, saatnya untuk berpindah ke trik yang memiliki tingkat kesulitan di atas itu. Kickflip merupakan salah satu trik dasar yang patut untuk lo kuasai. Selain dari triknya yang keren, pada saat lo sudah menguasainya tentunya rasa puas yang tak terbayarkan akan lo rasakan.

Cara untuk menguasai tehnik kickflip ini ialah dengan menghentakkan bagian belakang dari papan skate lo, lalu slide kaki depan lo ke arah keluar dan lompat dengan waktu yang bersamaan. Mungkin mudahnya akan seperti ini, kalau kaki depan lo merupakan kaki kiri berarti slide kaki lo ke kiri dan sebaliknya. Karena kickflip ini sendiri merupakan salah satu trik yang dasar serta dapat lo gunakan dalam beberapa variasi trik lainnya.

Tak hanya itu, kickflip sendiri juga sebuah trik yang keren loh bro. Apabila lo bisa melakukannya tentunya hal memuaskan akan lo rasakan. Jadi teruslah berlatih dan jangan mudah menyerah jika lo ingin menguasai trik kickflip yaa.

Heelflip

Ilustrasi Trik Heelflip. Credit: skatesradar.com

Setelah menguasai kickflip, selanjutnya lo bisa beranjak ke heelflip bro. Trik satu ini juga memiliki kesulitan yang cukup tinggi bro. Uniknya memiliki beberapa persamaan dengan kickflip. Perbedaannya ialah kaki bagian depan lo slide ke arah dalam.

Mudahnya ialah pada saat lo menghentakkan bagian belakang dari papan skate lo, slide bagian depan kaki lo ke arah dalam. Apabila kaki depan merupakan kaki kiri berarti lo slide kaki lo tersebut ke arah kanan bro. Begitu juga sebaliknya. Dan jangan lupa untuk melompat dalam waktu yang bersamaan yaa.

Kickflip dan Heelflip ini sendiri merupakan sebuah trik yang cukup sulit. Sehingga memerlukan waktu yang lama agar lo dapat menguasainya. Jadi jangan berkecil hati terlebih dahulu bro. Karena memang lo tidak akan menguasainya dalam waktu sekejap. Butuh latihan keras serta determinasi yang tinggi. Teruslah berjuang bro.

Grinds

Ilustrasi Trik Grinds. Credit: enacademic.com

Setelah menguasai beberapa trik yang ada di atas, tentunya lo harus beranjak ke trik berikutnya yang cukup menantang bro. Yaitu grinds, trik yang akan membuat lo meluncur di atas sebuah obyek untuk sementara. Dan biasanya menggunakan trucks lo untuk meluncur di atas sebuah obyek tersebut.

Tentu saja apabila sudah menguasai trik ollie, grinds ini akan langsung terasa mudah dikarenakan lo tinggal mengarahkan papan lo pada saat melayang di udara ke atas sebuah objek dan usahakan mendaratkannya di trucks lo yaa bro. Trucks merupakan tulang yang ada di bawah papan lo yang menjadi tempat menempelnya ban lo.

Jadi bagaimana dengan beberapa informasi seputar trik-trik dasar skateboard yang ada di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo agar bisa menguasai dan terus bermain skateboard. Teruslah berlatih dan jangan mudah menyerah bro, milikilah pemikiran bahwa apa yang dilakukan oleh orang lain pasti bisa lo lakukan juga bro! Selamat beraktifitas dan teruslah bersemangat!


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
June 10, 2018 at 2:26 AM

NAMBAH WAWASAN KITA


hengky tri kurniawan
June 26, 2018 at 1:21 AM

kereeeeeen bro