JUN 5, 2018

6 Pilihan Kuliner Halal Di Singkawang Dengan Cita Rasa Yang Unik!

Bilamana lo sedang berlibur di Singkawang, tentunya jangan sampai lupa untuk mencicipi kulinernya yang nikmat yaa bro. Lihat saja informasi di bawah ini mengenai kuliner Singkawang! Semoga dapat berguna bro!


Terkenal dengan kota seribu vihara ini tak membuat Singkawang luput dari perburuan kulinernya. Memang cita rasa yang khas serta nikmat akan lo temukan di kawasan Kota Singkawang ini sendiri. Penasaran dengan pilihan kuliner yang wajib lo cicipi di kota tersebut? Simak saja informasinya di bawah ini.

Terletak di Kalimantan Barat, Kota Singkawang sendiri memang terkenal dengan banyaknya gedung-gedung vihara yang ada. Namun ada baiknya pada saat lo berkunjung ke kota ini untuk mencoba beberapa pilihan tempat kuliner yang menyediakan kenikmatan yang hakiki.

Kuliner yang ada di Kota Singkawang sendiri memang sedikit tercampur dengan budaya Tiongkok dan Melayu. Oleh sebab itu cita rasa yang unik dan menggoda akan selalu lo dapatkan. Tak perlu khawatir mengenai halal atau tidaknya bro, karena di dalam artikel ini hanya mengulas beberapa tempat kuliner yang tentunya halal.

Mulai dari makanan kecil hingga makanan yang berat pun dapat lo jumpai di kota ini. Dan kurang lengkap rasanya apabila lo berkunjung ke Singkawang namun tidak menikmati kulinernya. Jadi, berikut beberapa pilihan kuliner yang wajib lo cicipi bro.

Bubur Gunting

Semangkuk Bubur Gunting Yang Menggoda. Credit: phinemo.com

Pada saat berkunjung ke Kota Singkawang, pertama kali yang harus lo coba ialah Bubur Gunting. Dari namanya memang cukup unik yaa, namun bukan berarti di dalam bubur ini terdapat gunting bro. Melainkan terdapat biji kedelai yang sudah dikupas dan direndam dalam kuah kental manis bersama dengan potongan cakwe.

Dikarenakan dari ukuran cakwenya yang panjang, membuat sang pembuat bubur ini harus memotong cakwe tersebut. Kurang lebih hal tersebut yang menyebabkan nama Bubur Gunting itu muncul. Untuk memakan bubur gunting ini lo tinggal datang saja ke Jalan Antasari.

Disarankan untuk datang pada saat pagi hari, karena biasanya pada siang hari lo akan kehabisan bubur ini. Dan bubur ini juga memang sangat nikmat sekali apabila dijadikan santapan sarapan lo bro.

Mie Tiaw Asu

Penampakan Mie Tiaw Asu. Credit: satyawinnie.com

Nama kedai ini berasal dari kata asuk yang berarti paman dalam bahasa Singkawang. Meskipun namanya yang sedikit nyeleneh, namun tenang saja mie yang dijual di dalam kedai ini bukan dicampur dengan daging anjing kok bro. Karena itu cuman sekedar nama saja bro.

Lo akan mendapatkan sebuah mie yang berbentuk pipih diracik dengan kecap, tauge, telur, daun cengkok manis (mirip daun katuk) dan perasan jeruk nipis. Semua bahan tersebut di oseng lalu disajikan dalam orsi besar. Tentunya ini halal yaa bro.

Buat lo yang tertarik untuk makan Mie Tiaw Asu, lo bisa langsung menghampiri kedai mereka di Jalan Yos Sudarso. Lidah lo bakal bergoyang bro dengan campuran rasa yang gurih dan legit.

Mie Kering Haji Aman

Kenikmatan Mie Kering Haji Aman. Credit:pontianak.tribunnews.com/

Memang pada saat berkunjung ke Kota Singkawang lo tidak akan lepas dari mie bro. Karena banyak sekali pilihan santapan kuliner yang berbahan dasar mie. Salah satunya ialah Mie Kering Haji Aman ini. Sesuai dengan namanya memang di dalam kedai ini disediakan mie kering yang memiliki citarasa unik.

Lalu bakmi kering tersebut diberi daging sapi dan bakso yang empuk serta tahu bakso dan irisan telur yang digoreng tipis. Dan yang membuat banyak hati orang bergembira ialah dengan harganya yang sangat bersahabat. Kurang lebih lo hanya butuh Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00 lo sudah bisa memesan bakmi kering.

Kedai yang berada di Jalan Ahmad Yani, Sedau Singkawang Selatan ini buka dari pukul 8 pagi hingga 9 malam.

Choi Pan

Kenikmatan Choi Pan. Credit: news.bbmessaging.com

Untuk kuliner satu ini sebenarnya memang berasal dari Tiongkok, namun dikarenakan banyak sekali warga keturunan Tiongkok di Singkawang menjadikan Choi Pan ini sebagai makanan asli Singkawang. Nah, untuk kedai legendaris yang menyediakan Choi Pan yang enak, lo tinggal datang ke Jalan Budi Utomo No. 38, lalu lo tinggal mencari kedai yang dimiliki oleh keluarga Tjhia.

Choi Pan sendiri terbuat dari tepung beras yang diisi dengan bengkuang lalu diiris tipis dicampur dengan udang, ayam dan ikan. Lalu cara memasaknya dikukus dan unutk pemanisnya biasanya diatasnya diberi bawang putih goreng untuk hiasan dan penambah rasa gurih.

Untuk menikmatinya tinggal cukup disantap dengan saus sambal atau dengan kecap asin yang diberi cabe kering yang dihaluskan.

Rujak Thai Pui Ji atau Rujak Ebi

Rujak Ebi Yang Nikmat Serta Menggoda. Credit: phinemo.com

Di kota Singkawang sendiri memilki sebuah santapan rujak yang unik dan nikmat loh bro. Buat lo yang suka dengan rujak tentunya harus mencoba salah satu makanan yang menjadi ikon di kota ini. Perbedaaan dari rujak satu ini dengan rujak pada umumnya ialah dengan terdapat serutan ebi kering yang ditaburi di atas buah-buahan.

Penambahan ebi sendiri merupakan penambah rasa gurih dari rujak ini. Kalau lo ingin mencobai rujak ini, tinggal datang saja di Jalan Muslimin Ismail No. 8. Selain dari rujak ebi di kedai ini juga terdapat rujak biasa bro.

Bubur Pedas

Bubur Pedas Yang Menggoda Lidah. Credit: winnetnews.com

Walaupun di Kalimantan Barat sendiri terdapat banyak pilihan Bubur Pedas yang bermacam-macam, namun kalau ingin merasakan Bubur pedas yang memilki rasa paling nikmat, Kota Singkawang merupakan destinasi yang tepat.

Bubur pedas ini sendiri merupakan bubur dengan campuran kaldu, jagung, pakis, kangkung, tauge serta taburan kacang tanah dan ikan teri kecil yang sudah digoreng. Kalau ingin merasakan Bubur Pedas ini datang saja ke Rumah Makan Benareh.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner di Singkawang di atas? Semoga bisa berguna menjadi panduan pada saat lo sedang berkunjung ke sana yaa bro. Selamat beraktifitas dan teruslah mengeksplorasi kenikmatan kuliner Nusantara!


Please login to comment
13 COMMENTS
Sunaryo Widodo
June 7, 2018 at 2:48 PM

Mantap ajiiibbb


Muhammad muhlis
June 9, 2018 at 9:09 PM

Keren abis


Hengky kik
June 12, 2018 at 3:19 AM

Mantul ....Mantap Betuk


Hengky kik
June 14, 2018 at 4:00 AM

pengen rasanya mencicipinya


hengky tri kurniawan
June 16, 2018 at 5:22 AM

maknyuuus


hengky tri kurniawan
June 17, 2018 at 3:46 AM

jadi kepengen rasainnya


selfie
July 6, 2018 at 5:05 PM

I agree with the above comment, the internet is with a doubt growing into the most important medium of communication across the globe and its due to sites like this that ideas are spreading so quickly.
MBA college in punjab


Iksanwish
July 8, 2018 at 9:51 PM

Sueeegeer....


selfie
July 10, 2018 at 6:49 PM

Our journey started as frontrunner to bring Apple technology to the Indian subcontinent. Today, SRSG has emerged as one of the leading full-service player offering an array of products and services for system integration, broadcast consultancy, IT infrastructure services, maintenance services and digital archiving services for the broadcast industry.
FM Channel License
Apple Product Dealers in Ahmedabad
ipad dealers in Delhi
iphone 7 dealers in kolkata


selfie
July 11, 2018 at 6:35 PM

Our academic pursuits, along with a range of extracurricular activities, help in honing a child's skills and ensuring that he/she grows to be a mature and responsible citizen.
best school in greater noida
admission 2018 top school in greater Noida


selfie
July 11, 2018 at 6:36 PM

Moonlight Films and Theatre Studio operates under the Moonlight Films and Theatre Society , a non-profit association whose goals are to spread knowledge of and interest in theatrical and media arts through education.
Acting school in delhi
Acting classes in delhi


selfie
September 24, 2018 at 6:38 PM

Nice blog, the article you have shared is good.This article is very useful. My friend suggest me to use this blog.
Rashpal singh dhaliwal
Rashpal singh dhaliwal
Rashpal singh dhaliwal


john
October 10, 2018 at 5:22 PM

Hi admin, A very well article written. You have done a good research on this topic. Amazing writing skills shown. Here is a piece of my writing What is malware?. Do let me know your views on it.