JUN 7, 2018

Ingin Berpetualang Ke Bukit Selong Bro? Simak 5 Tips Ini Agar Petulangan Lo Semakin Seru!

Buat lo yang ingin berlibur seta merasakan serunya berpetualang di alam yang bebas, tentunya Bukit Selong bisa menjadi salah satu pilihan lo. Namun sebelum pergi, simak dulu 5 tips di bawah ini yaa bro!


Berbicara mengenai keindahan alam, Bukit Selong merupakan salah satu kawasan dimana lo dapat menemukan hal tersebut. Di kawasan ini banyak sekali hal yang dapar lo temukan, mulai dari perbukitannya yang unik hingga hamparan hijau yang menyegarkan.

Bukit Selong sendiri terletak di Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di daerah Sembalun Lawang, bukit yang memang sering sekali menjadi buah bibir dikalangan para traveller. Bukan merupakan sebuah isapan belaka mengenai sebuah struktur perbukitan yang indah.

Pemandangan yang indah dan menarik ini memang menjadi daya tarik para traveller untuk menikmati secara langsung suasana serta banyak hal lainnya. Apalagi kalau lo mampu melihat pemandangan alami dari atas bukit ini sendiri, itu merupakan sebuah pencapaian yang tak ternilai.

Nah, buat lo yang penasaran dan ingin pergi ke Bukit selong, di dalam artikel ini akan membahas beberapa tips untuk dapat mencapai bukit Selong ini. Tentunya dengan tips ini akan mempermudahkan lo serta akan terus mengutamakan keselamatan lo dalam melakukan perjalanan. Jadi langsung saja bro simak beberapa informasinya di bawah ini.

Cek Cuaca

Suasana Cuaca Kurang Baik Di Bukit Selong. Credit: mmahathir.wordpress.com

Hal utama yang harus lo lakukan sebelum melakukan perjalanan ke Bukit Selong itu ialah dengan memastikan kondisi cuaca yang ada di kawasan bukit tersebut. Apakah cuacanya sedang hujan atau tidak, tentunya agar tak ada hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi.

Karena apabila hujan turun di kawasan Bukit Selong ini sendiri akan mengakibatkan kondisi bukit menjadi sangat licin sehingga akan membahayakan bagi siapapun yang ingin mendaki bukit ini. Serta pemandangannya tertutup oleh kabut. Jadi lo juga tidak bisa menikmati keindahan dari bukit ini secara optimal.

Selain itu bahaya longsor akan selalu menghantui lo apabila lo datang pas sedang musim penghujan. Oleh sebab itu, disarankan untuk datang ke kawasan Bukit Selong ini pada saat musim kemarau tiba. Karena pada saat musim kemarau secara tidak langsung curah hujannya akan menipis, sehingga akan lebih aman untuk lo dapat melakukan perjalanan ke Bukit Selong ini sendiri.

Alas Kaki

Ilustrasi Sepatu Hiking. Credit: ebay.com

Ini merupakan salah satu faktor atau hal yang tidak boleh lo sepelekan bro. Selain dapat melindungi lo dari bahaya cedera, memilih alas kaki yang tepat untuk perjalananan lo menuju Bukit Selong juga akan membuat perjalanan lo jauh lebih nyaman dan aman.

Karena untuk mendaki Bukit Selong, lo akan melewati banyak sekali anak tangga. Namun untuk menuju ke titik yang paling tinggi, anak tangga tersebut tidak akan selalu menemani lo. Untuk mendapatkan sebuah pemandangan yang lebih indah, lo harus mendaki lebih lagi ke atas bro. Dan di bagian ini tidak ada anak tangga lagi.

Agar tidak mudah terpeleset atau terjatuh, alangkah baiknya lo menggunakan alas kaki yang memang diperuntukan untuk mendaki gunung. Sendal gunung atau sepatu yang berkaret keras yang biasa digunakan oleh para pendaki bisa menjadi pilihan lo.

Persiapkan Kendaraan

Ilustrasi Pengecekan Mesin Kendaraan.Credit: youtube.com

Untuk menuju ke Bukit Selong ini sendiri memang dibutuhkan sebuah kendaraan yang siap untuk digunakan kapan pun. Sehingga untuk mempermudah serta membuat lo lebih nyaman, ada baiknya memang untuk menyewa sebuah kendaraan. Jadi jangan lupa sisihkan budget lo atau rencanakanlah budget untuk menyewa sebuah kendaraan yaa bro.

Perjalanan menuju ke Bukit Selong akan melalui jalanan yang dihiasi oleh pepohonan rimbun dan jalan berkelok. Jadi kendaraan yang lo sewa pun harus dalam kondisi prima, oleh sebab itu carilah informasi yang memang dapat memberikan sebuah kendaraan dalam keadaan yang prima.

Nah, perjalanan lo paling mudah dimulai dari Mataram bro. Kurang lebih akan memakan waktu 2 jam perjalanan. Jadi benar-benar perhatikan kesiapan dari kendaraan lo yaa bro. Dari kondisi oli mesin yang memang harus baru, hingga beberapa partikel-partikel penting lainnya.

Mengabadikan Momen

Suasana Di Bukit Selong. Credit: berugaqelen2010.wordpress.com

Pada saat lo sudah merencanakan perjalanan lo ke Bukit Selong, jangan lupa untuk membawa kamera lo yaa bro. Karena tentunya dengan keindahan alam yang ada di atas bukit ini, akan sangat disayangkan sekali apabila lo tidak dapat mengabadikan momen yang ada. Pemandangan asri nan indah sudah pasti disuguhkan Bukita Selong ini.

Dari atas bukit ini lo bisa melihat desa adat Sembalun Lawang yang terdiri dari 7 rumah khas Lombok, Anak Gunung Dara dan sawah. Namun untuk selalu diingat yaa, dari peralatan kamera yang lo bawa jangan sampai malah merepotkan diri sendiri dalam melakukan perjalanan lo.

Untuk Juli hingga Agustus lo akan akan mendapatkan pemandangan yang kuning. Sebaliknya pada bulan Desember hingga April lo akan mendapatkan sebuah pemandangan yang hijau nan menyegarkan. Lalu disarankan pula lo untuk menggunakan kamera yang dilengkapi dengan fitur tahan air. Sebab cuaca di daerah Bukit Selong ini dapat berubah secara tiba-tiba bro.

Membawa Perbekalan

Keindahan Bukit Selong. Credit: desainermales.com

Salah satu hal penting yang harus lo lakukan ialah jangan sampai lupa untuk membawa perbekalan lo sendiri yaa. Dikarenakan selain dapat menghemat budget lo, membawa perbekalan makanan atau minuman sendiri juga akan mengurangi waktu yang akan terbuang.

Karena apabila lo makan di watung makan yang ada, tentunya lo harus menunggu terlebih dahulu dan waktu lo akan terbuang. Namun selalu diingat yaa bro, untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari kawasan ini. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila keindahan Bukit Selong ini akan hilang diakibatkan oleh kelalaian dari manusianya sendiri.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Bukit Selong di atas? Semoga dapat menjadi panduan yang berguna pada saat lo berkunjung ke sana. Selamat beraktifitas dan selalu kobarkan semangat petualang lo bro!

 

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Hengky kik
June 10, 2018 at 2:25 AM

Thanks artikelnya ...bisa buat referensi



LOCATION