JUN 7, 2018

Danau Tambing Dan 5 Fakta Menariknya Yang Buat Petualang Betah!

Danau Tambing merupakan salah satu dari bagian wilayah Taman Nasional Lore Lindu. Danau yang cantik ini dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan juga Pemerintah Kabupaten Poso. Dengan pengelola tersebut, tidak heran jika fasilitas di Danau Tambing cukup mumpuni.


Danau Tambing yang berlokasi di Desa Sedoa, Lore Utara, Kabupaten Poso – Sulawesi Tengah, merupakan salah satu spot petualangan yang keberadaannya sudah terkenal. Hal ini dibuktikan dengan kedatangan berbagai macam latarbelakang para petualang, baik yang datang dari dalam negeri sendiri, dan mancanegara.

Danau Tambing merupakan salah satu dari bagian wilayah Taman Nasional Lore Lindu. Danau yang cantik ini dikelola oleh Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan juga Pemerintah Kabupaten Poso. Dengan pengelola tersebut, tidak heran jika fasilitas di Danau Tambing cukup mumpuni.

Keindahan dan Panorama Alam di Danau Tambing, Sulawesi Tengah. credit photo: id.wikipedia.org

Lokasinya yang jauh dari keramaian, membuat danau ini menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat setempat dan para petualang yang ingin melepas penat dari kegiatan rutinitas. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut 5 fakta menarik yang membuat para petualang betah di Danau Tambing, ini!

Letak Lokasinya Yang Mudah Diakses

Keindahan dan Panorama Alam di Danau Tambing, Sulawesi Tengah. credit photo: lenteraa.blogspot.com

Danau Tambing adalah salah satu spot petualangan dan destinasi wisata yang lokasinya mudah untuk diakses. Bermodal kendaraan roda dua atau roda empat, cukup melewati jalan Trans Palu-Napu dengan jarak 90 kilometer, lo bisa sampai di sini dengan waktu tempuh 2-3 jam perjalanan.

Perjalanan cukup panjang tersebut tidak akan terasa bosan. Akses jalan yang sudah baik, serta kondisi jalan yang sehat, kemudian perjalanan yang ditemani oleh hutan lebat, akan membuat perjalanan lo untuk sampai di Danau Tambing semakin seru.

Lokasinya yang cukup strategis untuk masyarakat dan para petualang yang ingin ke sana, membuat destinasi ini akan selalu ramai untuk waktu menjelang akhir pekan. Nah, oleh karena itu, untuk lo yang akan ke sini dengan niat untuk bersantai, hindari waktu akhir pekan karena akan ramai di sana, bro.

Danau Tambing Terletak di Ketinggian 1.700 mdpl

Keindahan dan Panorama Alam di Danau Tambing, Sulawesi Tengah. credit photo: youtube.com

Akses perjalanan tersebut tidak akan diisi dengan jalan lurus saja, lho, tanjakan atau turunan pasti akan lo temukan dalam perjalanan ke Danau Tambing. Hal tersebut berkaitan dengan status lokasi Danau Tambing itu sendiri.

Status yang dimaksudkan adalah lokasi Danau Tambing yang berada di ketinggian 1.700 mdpl. Cukup tinggi untuk lokasi sebuah danau. Namun, dengan status lokasi seperti ini, jelas pemandangan yang ada di lokasi ini sangat indah.

Panorama dan pemandangan alam yang indah dengan mudah dapat lo temukan di Danau Tambing. Danau ini juga dikelilingi oleh hutan-hutan lebat, namun juga mempunyai tempat yang cocok untuk mendirikan tenda dan berkemah.

Suhu Dingin Dapat Mencapai 10-15 derajat Saja

Keindahan dan Panorama Alam di Danau Tambing, Sulawesi Tengah. credit photo: kompasiana.com

Dengan ketinggian yang sudah disebutkan di atas, wajar jika Danau Tambing mempunyai udara dan cuaca yang teduh dan sejuk. Walau tengah hari, dan sinar matahari cukup mencolok, namun udara segar tetap akan terasa di sini.

Akan tetapi, jika senja sudah datang dan lokasi Danau Tambing mulai gelap, suhu udara di sana bisa mencapai 10-15 derajat celcius saja, lho. Hal ini membuat para petualang dan masyarakat setempat untuk tidak lepas dari baju hangat atau jaket yang mereka pakai.

Dengan suhu udara yang sejuk tersebut, wajar jika banyak para petualang dan masyarakat setempat yang menjadikan Danau Tambing sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berakhir pekan. Suhu udara yang sejuk dapat memanjakan mereka yang penat dari rutinitas.

260 Varian Jenis Burung di Danau Tambing

Keindahan dan Panorama Alam di Danau Tambing, Sulawesi Tengah. credit photo: travel.detik.com

Danau Tambing merupakan salah satu surga untuk unggas, khususnya burung di Sulawesi Selatan. Setidaknya ada 260 jenis burung di Danau Tambing, dan 30% adalah spesies endemik di sana. Spesies endemik ini artinya lo hanya menemukan spesies tersebut di sana saja.

Berbagai spesies burung ini menjadi salah satu faktor banyak petualang yang datang ke sini dilengkapi dengan fotografi gear. Tidak sedikit para petualang yang datang ke sini dilengkapi dengan lensa tele yang bisa membantu untuk mendapatkan gambar terbaik.

Bro, 260 spesies burung di sini mendapat perlindungan penuh, lho. Artinya, lo tidak bisa sembarang untuk memburu atau bahkan mengambil mereka dari alam bebas untuk lo pelihara dibawa pulang. Itu adalah tindakan yang dilarang ya.

Santai Santai Santai

Keindahan dan Panorama Alam di Danau Tambing, Sulawesi Tengah. credit photo: jurnalsulawesi.com

Berkemah, memancing, dan bahkan bermalas-malasan di hammock merupakan kegiatan yang bisa lo lakukan di Danau Tambing. Lebih santai lagi, lo bisa membuat kopi di sana, nikmati sesapan kopi lo dengan buku bacaan favorit, Danau Tambing merupakan tempat sempurna untuk waktu santai lo.

Seluruh faktor di atas merupakan kombinasi sempurna untuk bersantai di Danau Tambing. Tidak heran jika saat akhir pekan, Danau Tambing langsung dipenuhi para petualang yang sudah siap untuk mendirikan tenda dan bersantai di sana.

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo sudah penasaran dengan keindahan dan segala sesuatu di dalam Danau Tambing? Kalau iya, langsung saja nih lo siapkan cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

Oh iya, kalau lo mengetahui informasi lain yang belum disebutkan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya. Informasi tambahan tersebut pasti akan berguna dan bermanfaat untuk para petualang yang akan berangkat ke sana.

 

Source

Feature Image - sportourism.id


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
June 8, 2018 at 12:30 AM

Kereeeee sekalii


Hengky kik
June 15, 2018 at 3:02 AM

indah nian pemandangan alamnya