JUN 7, 2018

6 Rekomendasi Spot Wisata Alam Di Pulau Flores Yang Wajib Lo Kunjungi!

Kalau lo memiliki rencana untuk mengunjungi Pulau Flores namun masih bingung mau ngapain? Lihat saja informasinya di bawah ini bro. Semoga lo menemukan jawaban yang lo cari!


Bila mendengar Pulau Flores, tentunya keindahan alam selalu melekat di pulau tersebut. Pulau yang memiliki panorama alam yang indah tersebur merupakan salah satu dari beberapa banyak tempat atau kawasan yang ada di Idonesia yang wajib lo kunjungi bro. Untuk itu di dalam artikel ini akan mengulas 6 destinasi di Pulau Flores yang harus menjadi tujuan lo berikutnya dalam menghabiskan waktu luang lo.

Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini memang bukan menjadi sebuah rahasia lagi mengenai alamnya. Terbukti sudah banyak sekali wisatawan asal luar negeri yang berdatangan ke pulau ini. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa eksistensi dari Pulau Flores itu sendiri sudah terkenal secara global.

Di kawasan Pulau Flores lo juga akan menemukan baik itu dataran rendah maupun dataran tinggi dengan pemandangan alam yang memukau. Hamparan hijau yang menyegarkan juga akan lo dapatkan. Yang membuat unik kawasan ini ialah dengan berubahnya hamparan hijau tersebut pada saat musim kemarau. Iyaa bro, jadi setiap musim kemarau tiba hamparan hijau tersebut berubah menjadi savana yang menyerupai bentangan savana yang ada di Afrika.

Karena beberapa hal di atas itu lah mengapa Pulau Flores sering sekali dijadikan sebagai destinasi banyak orang untuk dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh pulau tersebut. Penasaran spot-spot mana saja yang wajib lo kunjungi apabila berada di Pulau Flores? Berikut akan dijelaskan beberapa spot yang indah dan menawan bro.

Wae Rebo

Suasana Di Desa Wae Rebo. Credit: klikhotel.com

Wae Rebo merupakan sebuah desa yang memiliki beberapa rumah adat yang tentunya masih asli. Sehingga apabila lo bisa menyempatkan waktu lo untuk datang ke desa ini, tentunya lo akan mendapatkan sebuah pengalaman menarik mengenai kehidupan keseharian warga Wae Rebo itu sendiri.

Dengan ketinggian 1.200 mdpl, untuk menuju ke desa ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki karena letaknya di atas gunung. Namun lo harus melewati beberapa rintangan yang tentunya memerlukan ketahanan fisik dan mental yang kuat.

Oleh sebab itu, apabila lo ingin pergi ke Wae Rebo, ada baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu fisik lo dan mental yaa. Lalu tak lupa pergunakana peralatan yang memang diperuntukan untuk kegiatan outdoor yaa bro. Karena itu semua untuk kelancaran perjalanan lo ke Wae Rebo.

Taman Nasional Komodo

Suasana Di Taman Nasional Komodo. Credit: bisniswisata.co.id/

Mungkin ini merupakan salah satu destinasi atau tempat yang paling terkenal di Flores itu sendiri. Karena selain dari keindahan alamnya, Taman Nasional Komodo juga merupakan habitat bagi para kadal raksasa Komodo tinggal.

Namun apakah, di dalam Taman Nasional Komodo itu sendiri lo hanya bisa melihat Komodo-Komodo tersebut hidup secara bebas? Tentu saja tidak bro, karena lo akan menemukan beberapa tempat atau tujuan wisata alam lainnya.

Karena di dalam taman nasional ini terdapat beberapa pulau pilihan, seperti Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Ketiga pulau tersebut harus lo kunjungi agar lo benar-benar merasakan petualangan seru di Taman Nasional Komodo.

Danau Kelimutu

Suasana Di Danau Kelimutu. Credit: phinemo.com

Kalau lo ingin mencari sebuah kawasan dimana lo bisa melihat 3 danau yang memilki warna yang berbeda-beda, tentunya Danau Kelimutu ini bisa menjadi pilihan lo. Terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, Danau Kelimutu menjadi incaran para wisatawan.

Danau 3 warna yang ada di Danau Kelimutu ini memang bukan merupakan angan-angan belaka saja bro, Karena lo bisa secara langsung melihat danau yang memiliki warna merah, biru dan putih. Dan uniknya lagi, warna yang ada di dalam danau tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk mencapai lokasi dari Danau Kelimutu ini sendiri, dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Karena memang dari posisinya yang berada di dataran tinggi sehingga membuat siapapun yang ingin menginjakkan kaki di atas harus mendaki serta melewati beberapa rintangan yang cukup menantang.

Kampung Bena

Suasana Di Kampung Bena. Credit: travel.kompas.com/

Ini merupakan sebuah desa yang memiliki deretan rumah adat yang tentunya tak kalah indahnya dengan Wae Rebo loh bro. Oleh sebab itu, kalau lo sudah pernah mengunjungi Desa Wae Rebo, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu lo di Kampung Bena ini bro.

Terletak di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kampung Bena berada di kaki Gunung Inerie. Sama halnya dengan Wae Rebo, Kampung Bena memiliki 40 buah rumah yang bentuknya serupa dan saling mengelilingi satu sama lain.

Di tengah-tengah pemukiman, terdapat bangunan yang disebut Bhaga dan Ngadhu yang biasa digunakan untuk pesta adat.

Gua Liang Bua

Suasana Di Gua Liang Bua. Credit: id.wikipedia.org

Selain dari pantai serta dataran tingginya, ternyata di Pulau Flores juga terdapat sebuah gua yang memilki pemandangan yang indah serta memukau loh bro. Gua tersebut ialah Gua Liang Bua. Terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Lalu uniknya gua ini merupakan salah satu situs purbakala yang ada di dunia Lalu gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1930an. Jadi memang dulunya gua ini digunakan oleh para manusia purba untuk tinggal dan berkembang biak. Oleh sebab itu tak heran apabila ditemukan peninggalan manusia Flores atau Homo Florensiensis.

Danau Sano Nggoang

Keindahan Danau Sano Nggoang. Credit: dawainusa.com

Tak hanya danau dengan 3 warna yang bisa lo dapatkan di Pulau Flores ini bro. Karena lo juga bisa mendapatkan sebuah danau dengan panorama alamnya yang indah. Danau tersebut ialah Danau Sano Nggoang.

Danau Sano Nggoang sendiri berlokasi di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dengan warnya hijau toskanya, Danau Sano Nggoang ini disebut-sebut sebagai Danau Tobanya Pulau Flores.

Danau Sano Nggoang juga berada di ketinggian 750 mdpl. Sehingga udara sejuk akan langsung lo dapatkan apabila berkunjung ke danau ini.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pulau Flores di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat ingin berkunjung ke sana yaa bro. Selamat beraktifitas dan kobarkan selalu semangat petualang lo bro!


Please login to comment
2 COMMENTS
Hengky kik
June 8, 2018 at 12:29 AM

Pesona Timur Indonesia emang Kereeeeen


Muhammad muhlis
June 8, 2018 at 10:53 PM

Tempat liburang yg wajib didatangi



LOCATION