JUN 8, 2018

4 Tempat Wisata Yang Mencerminkan Eksotisme Alam Di Papua

Ingin merencanakan liburan ke Papua bro? Simak 4 tempat wisata di Papua yang eksotis dan indah di bawah ini. Semoga dapat berguna dan selamat membaca bro!


Berbicara mengenai keindahan serta panorama alam, tentunya Papua banyak menyimpan tempat atau spot-spot yang wajib untuk lo kunjungi. Oleh sebab itu, tak heran apabila banyak wisatawan yang penasaran untuk datang ke kawasan ini. Buat lo yang ingin merencanakan untuk berlibur di Papua pas banget nih bro karena di dalam artikel ini juga akan membahas beberapa pilihan tempat yang tentunya memiliki keindahan yang memukau.

Pulau yang terletak di bagian paling timur dari Indonesia ini juga sering sekali menjadi bahan pembicaraan banyak kalangan dikarenakan dari alamnya yang indah. Dan seakan-akan kekayaan alamnya tak akan pernah ada habisnya. Mulai dari daratan hingga alam bawah lautnya menjadi surge tersendiri bagi para penikmat wisata alam.

Bukan hanya dari alamnya saja yang menjadi magnet bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, namun Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih bertahan di era modern seperti sekarang. Menjelajahi Papua sendiri akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berarti dan menarik yang bisa selalu lo kenang di dalam hidup lo.

Untuk itu, di bawah ini akan terdapat beberapa tempat yang ada di Papua yang wajib untuk lo kunjungi bro. Simak dan jelajahilah tempat-tempat berikut ini.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Suasana Diving Di Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Credit: indonesiaexplorer.net

Pada saat lo merencanakan untuk pergi ke Papua, tentunya tujuan pertama yang harus masuk ke dalam daftar lo adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Karena di taman nasional ini lo akan menemukan banyak hal yang dapat lo lakukan serta ditemani dengan pemandangan alam yang indah.

Taman nasional yang berdiri di atas tanah seluas 1.453.500 hektar ini hampir 90% berupa perairan. Tak heran kalau Taman Nasional Teluk Cendrawasih ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Di dalam kawasan taman nasional ini lo dapat melihat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa lo lihat di alam bawah lautnya.

Tak jarang pula lo akan ditemani oleh kura-kura,penyu, hiu dan lumba-lumba pada saat lo menyelam di kawasan ini. Pulau Mioswaar merupakan salah satu pulau terbesar di Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Di dalam Pulau Mioswaar itu sendiri terdapat sebuah gua dan tempat permandian air panas yang memiliki kandungan belerang dan tempat-tempat tersebut wajib pula untuk lo kunjungi.

Secara administrative, taman nasional ini berada di dua kabupaten yaitu Wondama dan Nabire. Lalu tempat ini juga sering sekali dijadikan sebagai tempat untuk melakukan penelitian hiu loh bro.

Raja Ampat

Keindahan Di Raja Ampat. Credit: traveltomtom.net/

Mungkin ini menjadi salah satu primadona dari Papua itu sendiri. Bila membicarakan mengenai eksisitensi dari Raja Ampat itu, sudah tidak perlu lagi dipertanyakan. Karena nama dari kawasan ini sudah terkenal secara global bro. Maka tak heran apabila lo akan menemukan banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri berdatangan di Raja Ampat.

Tak lepas dari keindahan alamnya, Raja Ampat memiliki empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dan di kawasan ini juga terdapat beragam pilihan biota laut. Ada yang beranggapan pula, kalau 75 % spesies laut dunia bisa lo temukan di perairan Raja Ampat.

Selama menyelam di kawasan Raja Ampat, lo akan ditemani kurang lebih 1.511 jenis ikan dan juga penyu laut. Berbicara mengenai menyelam atau aktifitas Diving, tentunya waktu yang paling tepat untuk dapat melakukannya di Raja Ampat ialah pada saat bulan Oktober dan November. Karena di periode waktu tersebut, lo akan mendapatkan cuaca yang bagus serta dengan kondisi airnya yang sangat jernih.

Selain dari diving, lo juga bisa melakukan kegiatan trekking di seputaran wilayah Raja Ampat ini. Karena dengan hamparan hijau yang menyegarkan serta pilihan pulau-pulau yang indah, tentunya akan membuat siapapun tertarik untuk menjelajahi kawasan ini.

Danau Sentani

Panorama Alam Danau Sentani. Credit: tabloidjubi.com

Selain dari Raja Ampat, tentunya di Papua lo bisa mengunjuni Danau Sentani sebagai destinasi berikutnya. Danau yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar ini merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Papua. Terletak sekitar 50 Km dari pusat Kota Jayapura, Danau Setani sendiri menawarkan sebuah pemandangan alam yang sangat memukau.

Di dalam kawasan Danau Sentani juga terdapat 21 pulau yang memang menjadi salah satu daya tarik dari danau ini sendiri. Lo bisa melakukan beragam aktifitas di dalam kawasan danau ini. Seperti berenang, memancing, menyantap kuliner di sekitar danau hingga menyewa kapal untuk mengelilingi Danau Setani ini secara menyeluruh.

Yang menarik lagi ialah dengan adanya festival tahunan yang ada di kawasan danau ini. Festival Danau Sentani biasanya diselenggarakan pada saat pertenghan bulan Juni. Pertunjukan seni dan budaya akan menjadi agenda yang memukau apabila lo dapat berkunjung ke danau ini. Serta lo dapat memanjakan lidah lo dengan pilihan kuliner khas Papua di dalam festival ini.

Lembah Baliem

Lanskap Indah Di Lembah Baliem. Credit: phinemo.com

Tak lupa untuk mengunjungi Lembah Baliem pada saat lo sedang berlibur di Papua bro. Karena lembah satu ini menyimpan keindahan serta panorama almnya yang sangat indah. Lembah Baliem sendiri merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di pegunungan Jayawijaya.

Berada di ketinggian 1.600 mdpl membuat suhu di kawasan Lembah Baliem ini cukup sejuk bro. Kurang lebih suhu yang ada di lembah ini bisa mencapai titik 10-15 derajat celcius. Dan di Lembah Baliem ini lo bisa berinteraksi langsung dengan suku asli yang tinggal di kawasan ini.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tempat wisata Papua di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat ingin berkunjung ke sana. Berpetualang lah bro karena hidup itu hanya sekali, pergunakan waktu lo itu dengan sebaik mungkin. Selamat beraktifitas!


Please login to comment
4 COMMENTS
Muhammad muhlis
June 8, 2018 at 10:52 PM

Surga Indonesia


Hengky kik
June 9, 2018 at 2:58 AM

pernah sekali ke papua baru ke jayapura , kapan waktu pengen ke raja ampat


Hengky kik
June 21, 2018 at 2:16 AM

pesona alam ditanah papua memang menawan


Hengky kik
June 21, 2018 at 2:16 AM

pesona alam ditanah papua memang menawan