JUN 8, 2018

10 Spot Wisata Kalimantan, Pemandangan Indah dan Eksotisme Jadi Satu

Pulau Kalimantan masih banyak menyimpan berbagai spot eksotisme yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih. Namun, mungkin karena keberadaanya yang terpencil, beberapa spot wisata di Kalimantan memang kurang begitu populer, tapi pemandangan indahnya, bikin tidak mau pulang.


Kalimantan, sebuah pulau besar di Indonesia yang mempunyai beragam pemandangan indah serta eksotisme yang tidak bisa lo temukan di tempat lain, mempunyai berbagai spot indah syarat akan budaya, wisata Kalimantan tidak melulu soal Derawan, bro!

Pulau Kalimantan masih banyak menyimpan berbagai spot eksotisme yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih. Namun, mungkin karena keberadaanya yang terpencil, beberapa spot wisata di Kalimantan memang kurang begitu populer, tapi pemandangan indahnya, bikin tidak mau pulang.

Sudah semakin penasaran dengan bagaimana eksotisme dan pemandangan indah yang ada di berbagai spot petualangan yang ada di wisata Kalimantan? Terus simak bahasan kali ini ya!

Danau Sentarum, Danau Ajaib di Kalimantan

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: ksmtour.com

Berlokasi di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat – Danau Sentarum bukan danau biasa seperti danau-danau pada umumnya, bro. Danau Sentarum pada saat musim hujan, terlihat seperti merendam hutan di Kalimantan, namun saat musim kering, Danau Sentarum bisa hilang dan hanya meninggalkan kubangan kecil.

Danau Sentarum adalah danau musiman, yang artinya, hanya muncul saat musim hujan, dan akan menghilang saat musim kemarau atau kering. Keberadaanya yang muncul dan menghilang tersebut yang membuat danau ini mendapat predikat danau ajaib.

Walau begitu, perannya dalam kelangsungan hidup berbagai mahluk hidup di Hutan Kalimantan cukup vital, lho. Banyak yang bergantung dengan keberadaan danau ajaib ini. Pemandangan yang indah juga menjadi salah satu daya tariknya.

Pantai Melawai, Balikpapan

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: blog.airyrooms.com

Pantai Melawai yang berlokasi di salah satu teluk di Kota Balikpapan ini menjadi salah satu spot dan destinasi terbaik untuk melihat momen matahari terbenam. Dengan kelebihan seperti ini, tidak heran banyak wisatawan dan petualang yang datang ke sini untuk melihat salah satu bentukan sunset yang sempurna.

Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: triptrus.com

Menjadi salah satu ikon wisata Kalimantan, Tanjung Puting – sebuah kawasan konservasi untuk satwa endemik Indonesia, Orang Utan menjadi salah satu spot dan destinasi favorit saat berpetualang ke Kalimantan.

Hutan lebat yang menjadi rumah dari satwa yang dilindungi ini menyimpan berbagai keindahannya tersendiri, bro. Oleh karena itu, spot yang ikonik ini tidak bisa lo lewatkan begitu saja, lho. Walau terkenal dengan kejinakannya, tetap berhati-hati karena di sana alam liar, ya.

Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: ulinulin.com

Pasar tradisional pada umumnya adalah bangunan-bangunan yang diisi oleh berbagai pedagang yang menjajakan dagangannya di sana. Nah, berbeda dengan pasar tradisional di Banjarmasin, ini. Kegiatan jual beli diadakan di atas kapal-kapal kayu kecil.

Oleh karena itu, pasar tradisional ini disebut dengan Pasar Terapung Muara Kuin. Destinasi atau spot petualangan ini juga termasuk daya tarik dari wisata Kalimantan, lho. Hal ini dikarenakan oleh tidak umumnya kegiatan sebuah pasar tradisional yang cukup berbeda dari yang lainnya.

Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: adventurouscarl.com

Hutan hujan tropis di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah salah satu hutan yang eksotis yang ada di Indonesia. Patut berbangga karena di dalam hutan ini, berbagai kekayaan alam masih terjaga dengan rapi dan indah.

Salah satu yang ikonik di hutan tropis ini adalah pohon Bangkirai yang berumur 150 tahun, jembatan gantungnya dan berbagai jenis burung khas Kalimantan yang dapat lo dengarkan kicauannya saat melalui jembatan tersebut.

Pulau Kembang – Sungai Barito

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: santri-martapura.blogspot.com

Berlokasi di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, masyarakat keturuan tionghoa di sini mengkeramatkan satwa kera ekor panjang yang ada di Pulau Kembang. Hal tersebut terlihat juga dari patung kera putih yang ikonik di altar pulau tersebut.

Pulau Beras Basah

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: ksmtour.com

Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur mempunyai spot keren untuk wisata Kalimantan, lho. Spot tersebut bernama Pulau Beras Basah. Pulau mungil dengan pasir putih yang luas menghampar, air laut yang jernih dan kebiruan, membuat pulau ini cukup terkenal. Salah satu yang ikonik juga dari spot ini adalah mercusuarnya.

Bukit Kelam

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: colouringindonesia.com

Berlokasi di Sintang, Kalimantan Barat, Bukit Kelam cukup mirip dengan Ayers Rock yang berada di Australia. Trekking ke bukit ini cukup membuat lo merasa tertantang kok, hal tersebut dikarenakan oleh treknya yang mempunyai berbagai jenis obstacle, dan pemandangan yang indah.

Setelah sampai di atas bukit, jika nyali lo masih cukup, sila coba paralayang dari bukit ini, ya!

Bus Air Dari Kota Samarinda

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: sm3tmahakam.blogspot.com

Jika lo ingin mengetahui bagaimana Kalimantan yang sebenarnya? Bus Air dari Kota Samarinda ini siap mengantarkan lo untuk membelah Sungai Mahakam, dan melihat betapa kayanya Pulau Kalimantan. Bus Air ini termasuk salah satu yang ikonik dari wisata Kalimantan, lho.

Kecamatan Loksado, Bertemu Suku Dayak Meratus

Keindahan dan Daya Tarik Di Tiap Spot Wisata Kalimantan. credit photo: danisetiawanku.com

Tutup wisata Kalimantan lo dengan bertemu dengan Suku Dayak Meratus di Kecamatan Loksado. Di sini, lo akan melihat bagaimana keseimbangan alam dengan manusia yang hidup saling berkaitan. Keadaan yang masih alami dan asri dijamin akan membuat lo enggan untuk pulang.

Wah, bagaimana nih bro? Apakah lo semakin penasaran dengan berbagai spot yang ada di wisata Kalimantan? Kalau iya, langsung saja nih bro lo siapkan cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - indonesia.tripcanvas.co


Please login to comment
2 COMMENTS
Muhammad muhlis
June 8, 2018 at 10:52 PM

Keren banget


Hengky kik
June 9, 2018 at 2:57 AM

Kapan waktu bisa kesana ya ....mantap banget pemandangannya