JUN 21, 2018

Eksplorasi Pantai Nyang-Nyang, Mengungkap Surga Tersembunyi di Bali

Konon katanya, masih ada surga tersembunyi di Pulau Bali yang berbentuk pantai, dan bernama Pantai Nyang-Nyang. Penasaran seperti apa? Simak ulasan kali ini, ya!


Deretan pantai di Bali memang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Hal tersebut diperkuat oleh berbagai petualang yang berasal dari dalam negeri sendiri dan mancanegara, datang ke deretan pantai tersebut. Namun kali ini, ada sebuah pantai yang masih tersembunyi, dan belum begitu populer seperti yang lain. Penasaran seperti apa?

Pantai Nyang-Nyang adalah pantai di Pulau Bali yang masih tersembunyi keberadaanya. Tidak setenar pantai di Kuta Selatan, Pantai Nyang-Nyang menjadi salah satu hidden paradise yang diburu oleh berbagai petualang yang sudah mendengar desas-desus keindahannya.

Pantai Nyang-Nyang, konon katanya mempunyai keindahanya yang tidak kalah dengan deretan pantai di Bali lainnya. Namun, pantai ini cukup berbeda, lho bro. Perbedaan tersebut berasal rute untuk menuju ke sana, dan isi dari pantai tersebut.

Pantai Nyang-Nyang, Bali. credit photo: zoombali.com

Minim Fasilitas, Bertabur Keindahan Yang Luar Biasa

Minim Fasilitas, Bertabur Keindahan Yang Luar Biasa. credit photo: cnn.com

Jika lo melihat berbagai fasilitas keren dan mewah di deretan pantai umum di Bali, lo tidak akan menemukan pemandangan yang sama di Pantai Nyang-Nyang. Belum tersediannya berbagai fasilitas mewah atau keren menjadi salah satu ciri khas pantai tersebut.

Pantai Nyang-Nyang benar-benar menjadi pantai perawan yang masih asri pemandangan alamnya. Pasir putihnya yang agak sedikit kasar, dan luas menghampar, air laut yang biru jernih menjadi pemandangan utama di pantai ini.

Karena minim keberadaan fasilitas mewah atau keren, Pantai Nyang-Nyang menjadi pantai yang cocok sekali untuk para backpacker, yang biasanya lebih memilih menginap di dalam tenda sendiri, dibandingkan menginap di hotel atau penginapan mewah.

Minim Fasilitas, Bertabur Keindahan Yang Luar Biasa. credit photo: writeaboutbirth.com

Minimnya fasilitas di pantai ini juga menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini masih sepi pengunjung. Namun, pantai ini jelas menjadi pilihan utama bagi para petualang yang memang mencari kesunyian dan menghindari keramaian.

Pantai Nyang-Nyang terletak di bawah tebing-tebing bukit pegunungan. Oleh karena itu, akses untuk menuju ke sana juga cukup membutuhkan keahlian trekking, bro. Jika lo melihat banyak petualang yang santai menggunakan sandal untuk ke pantai, sepertinya tidak untuk ke Pantai Nyang-Nyang ini.

Jalur Menuju Pantai Nyang-Nyang

Jalur Menuju Pantai Nyang-Nyang. credit photo: tripadvisor.com

Hal tersebut dikarenakan oleh jalur serta rute trekking menuju pantai tersebut, yang diwarnai oleh jalan setapak dan naik turun ratusan anak tangga. Jadi jika lo hanya menggunakan sandal jepit, sepertinya tidak cocok untuk petualangan kali ini, bro.

Oleh karena itu sepatu sandal trekking atau sepatu gunung sepertinya menjadi pilihan bijak untuk menemani lo di petualangan kali ini. Selain gear yang lo gunakan untuk menuju ke pantai ini, sepertinya lo juga bisa menambahkan beberapa gear lagi untuk petualangan kali ini.

Fakta menarik dari Pantai Nyang-Nyang adalah berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Hal ini jelas berpengaruh terhadap intensitas ombak yang tidak ayal selalu besar dan tinggi. Oleh karena itu, berselancar adalah salah satu aksi seru yang bisa lo lakukan di pantai ini.

Jalur Menuju Pantai Nyang-Nyang. credit photo: klikhotel.com

Sebaiknya lo membawa papan selancar sendiri, hal tersebut dikarenakan di Pantai Nyang-Nyang ini tidak memiliki tempat penyewaan papan selancar tersebut. Sama seperti peralatan untuk snorkelling atau diving, lo juga harus membawa peralatan tersebut sendiri.

Berbicara aksi seru seperti snorkelling dan diving, Pantai Nyang-Nyang termasuk pantai yang memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa, lho. Sepertinya rugi jika lo lewatkan begitu saja keindahan tersebut. Berbagai terumbu karang serta bermacam-macam biota laut menjadi primadona saat snorkelling atau diving di sini.

Bro, Pantai Nyang-Nyang belum mempunyai pengelola seperti deretan pantai yang lainnya nih. Jadi, untuk lo yang akan menghabiskan waktu lebih lama di sini, sila perhatikan perbekalan yang cukup, tenda dan peralatan lainnya.

Pemandangan di Pantai Nyang-Nyang, Bali. credit photo: kintamani.id

Pantai Nyang-Nyang, pantai yang tersembunyi di Bali ini memang cocok untuk lo yang menghindari keramaian, mencari ketenangan dari rutinitas sehari-hari. Pantai ini cukup bersahabat untuk para backpacker dan petualang lainnya karena mempunyai spot berkemah yang cukup ideal, tidak jauh dari bibir pantai, dan juga tidak terlalu dekat.

Oleh karena itu, lo tidak akan tergulung ombak saat air laut tengah pasang. Nah, untuk lo yang sudah penasaran dengan bagaimana keindahan dari Pantai Nyang-Nyang ini, sila simak beberapa rute yang bisa lo lalui tergantung di mana lo berada, ya.

Rute Menuju Pantai Nyang-Nyang

Jika lo berada di Bandara Ngurah Rai, lo bisa melalui jalan bypass Ngurah Rai, lalu menuju jalan raya Uluwatu, lalu menyambung ke jalan raya Uluwatu Pecatu, dan menuju jalan raya Batu Nunggalan, dan sampai di lokasi.

Sekarang, jika lo tengah berada di Pantai Gunung Payung, sila ambil jalan Dharmawangsa kea rah Ungasan, Jalan Toya Ning I, dan Jalan Toya Ning II, lalu jalan raya Uluwatu Pecatu ambil kiri ke Jalan Batu Nunggalan, dan sampai di lokasi.

Pemandangan Indah di Pantai Nyang-Nyang, Bali. credit photo: lifestyle.okezone.com

Beberapa backpacker dan petualang sempat kebingungan untuk sampai di lokasi Pantai Nyang-Nyang karena denah dan lokasi di peta digital belum tersedia. Oleh karena itu, jangan malu untuk bertanya kepada masyarakat setempat untuk mendapatkan arah yang benar, ya.

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo sudah semakin penasaran dengan keindahan alam yang ada di Pantai Nyang-Nyang? Kalau iya, langsung saja nih lo persiapkan segalanya, mulai dari hari libur atau cuti dari rutinitas terlebih dahulu, siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

Oh iya, kalau lo juga mengetahui informasi atau fakta-fakta yang ada di Pantai Nyang-Nyang dan belum disebutkan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Hal atau informasi tersebut pasti akan berguna untuk para petualang lainnya.

 

Source

Feature Image - ohayo.co.id

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!