Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Pulau Panjang di Jepara mempunyai potensi yang tidak kalah keindahannya dengan Karimunjawa. Penasaran seperti apa keindahannya? Simak ulasan kali ini, ya!

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Jepara, mempunyai satu spot petualangan yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih. Terlebih untuk lo para pecinta alam bawah laut, pemandangan di sana mampu menghipnotis lo untuk berlama-lama snorkelling. Penasaran seperti apa spot petualangan kali ini?

Berlokasi di Ujung Batu, Jepara, Jawa Tengah, Jepara tidak selalu tentang Karimunjawa. Spot petualangan lainnya yang tengah naik daun adalah Pulau Panjang. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah timurnya, pulau ini diapit oleh Kota Jepara dan Karimunjawa.

Walau belum sepopuler Karimunjawa, yang keberadaanya sudah terkenal, Pulau Panjang ini masih tergolong Virgin Island. Artinya, belum banyak para petualang yang datang ke sini. Namun, dengan kecantikannya yang seperti itu, jelas Pulau Panjang mempunyai potensi untuk sepopuler Karimunjawa.

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Pasir Putih Yang Ada di Pulau Panjang, Jepara. credit photo: jejakpiknik.com

Sejarah Singkat Pulau Panjang

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Pulau Panjang Berpotensi Seperti Karimunjawa. credit photo: ksmtour.com

Pernah terpikirkan bagaimana pulau ini bisa cukup populer sekarang ini? Apa yang membuat pulau ini mulai populer? Sebelum terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, Pulau Panjang merupakan salah satu spot petualangan religi.

Hal ini dikarenakan oleh adanya sebuah petilasan atau makam dari salah satu pengemuka agama Islam di Pulau Jawa. Oleh karena itu, dahulu – Pulau Panjang merupakan salah satu spot untuk berziarah terhadap pengemuka tersebut.

Namun sekarang ini, Pulau Panjang lebih terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Pantai dengan pasir putih yang luas menghampar dan bersih, serta air laut yang bening kebiruan, membuat lo akan betah untuk berlama-lama di sana.

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Dermaga di Pulau Panjang, Jepara. credit photo: indahnyaindonesiasite.wordpress.com

Pulau yang ditumbuhi dengan berbagai pepohonan ini menjadi salah satu tempat, destinasi atau spot yang cocok untuk liburan atau sekedar menghabiskan waktu kosong saat akhir pekan, bro. berbagai spot yang ada di Pulau Panjang juga dinilai instagrammable.

Nah, berbicara tentang sosial media, Pulau Panjang keberadaanya juga dipengaruhi oleh berbagai bentuk sosial media, lho. Hal ini dikarenakan oleh para petualang yang datang ke sini, banyak yang merekam dalam bentuk foto atau video keindahan dari Pulau Panjang, dan mereka bagikan dengan bebas di sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Dengan begitu, tidak heran jika banyak para petualang yang mengetahui Pulau Panjang justru dari sebaran rekaman seru para petualangan lainnya di sosial media. Keindahan yang mereka lihat di sosial media tersebut yang menjadi dasar dari rasa penasaran mereka.

Keindahan Dari Pulau Panjang

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Keindahan Yang ada di Pulau Panjang, Jepara. credit photo: Wikipedia, IG: Indra Wardana

Seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, Pulau Panjang memang mempunyai berbagai keindahan di atasnya. Namun, sekarang siapkan peralatan snorkelling lo, karena lo akan menjadi salah satu saksi dari keindahan yang luar biasa di alam bawah lautnya.

Bermacam-macam biota laut, terumbu karang kemudian berbagai macam koral membuat keindahan alam bawah laut Pulau Panjang semakin lengkap. Keberagaman biota laut di sini juga tidak ayal menjadi menu makan siang yang nikmat di sepanjang warung-warung yang ada di pinggir pantai di Pulau Panjang.

Fasilitas Yang Ada di Pulau Panjang

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Dermaga Pulau Panjang, Jepara. credit photo: ikhwansolo.wordpress.com

Walau tidak semegah deretan pantai yang ada di Bali atau Lombok tentang fasilitas, Pulau Panjang sudah dilengkapi dengan berbagai deretan warung makan lengkap dengan kamar mandinya. Untuk perihal perbekalan makanan dan minuman, lo sudah tidak perlu khawatir saat berada di sini.

Kemudian, untuk soal penginapan, di Pulau Panjang sepertinya belum ada penginapan yang seperti ada di spot petualangan lainnya. Oleh karena itu, untuk lo yang sedang backpacker dan ingin menghabiskan waktu berlama-lama di Pulau Panjang, sila berkemah di pinggir pantainya, bro!

Pasir putih di pinggir pantainya cukup bersahabat untuk lo menanam pasak saat mendirikan tenda. Terlebih, jika suasana pantai semakin sepi, lalu membuat api unggun dan mengelilinginya, sembari menyesap kopi panas atau kudapan lainnya, wah dijamin lo akan puas untuk berlama-lama di Pulau Panjang.

Rute Jalan Menuju Lokasi

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah. credit photo: bhinnekapariwisata.com

Eits, sabar bro – lo sudah semakin penasaran dengan keindahan yang ada di Pulau Panjang? Sila simak bagian ini untuk mengetahui rute perjalanan menuju spot petualangan dan destinasi tersebut.

Rute pertama yang bisa lo ambil adalah, sila naik bis dari Terminal Bis Jepara, bis tersebut akan mengarahkan lo ke Jalan M.T. Haryono, lalu ke Jalan A.E Suryani, masuk ke jalan Pelabuhan Kartini, dan sampai ke Pantai Jepara.

Lalu, rute kedya yang bisa lo tempuh, juga sama dari Terminal Bis Jepara, lo bisa mengambil perjalanan ke arah jalan Pasar Burung Jepara, lalu ke arah jalan Cik Lanang, lalu ke jalan CT Winarso, masuk ke dalam jalan Tirto Samudro, dan sampai ke Pantai Bandengan.

Nah dari kedua pantai, baik Pantai Jepara atau Pantai Bandengan, sila pilih untuk menaiki kapal kayu milik nelayan atau kapal bermotor cepat untuk sampai ke Pulau Panjang. Kedua pilihan tersebut pasti akan berpengaruh terhadap ongkos atau biaya petualangan lo, ya.

Menyibak Keindahan Pulau Panjang Yang Berada di Jepara, Jawa Tengah

Snorkeling di Pulau Panjang, Jepara. credit photo: blog.ahmadmubarok.id

Oh iya bro, jangan lupa untuk membuat janji untuk penjemputan kembali dari Pulau Panjang ke Pantai Jepara atau Pantai Bandengan untuk kembali pulang ya. Biasanya para pengelola kapal, sudah mempunyai jadwal masing-masing, sehingga lo akan lebih fleksibel untuk menentukan waktu perjalanan.

Wah bagaimana nih bro? Keinginan lo sudah semakin kuat untuk berpetualang ke Pulau Panjang? Kalau iya, sekarang berarti waktunya lo menentukan waktu keberangkatan, siapkan juga budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

Oh iya kalau lo mengetahui informasi lain yang belum disebutkan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Informasi tambahan tersebut pasti akan berguna untuk para petualang lain yang akan menuju ke Pulau Panjang.

 

Source

Feature Image - riskasetya.com

 

Wilderness Beginner travelling pantai solo traveling solo backpacker

1 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
Kereeeen nih bisa dijadikan referensi buat ngebolang