JUN 26, 2018

Pulau Natuna, Rincian Tips Dan Budget Untuk Berpetualang Ke Sana!

Sebagai salah satu destinasi petualangan favorit, Pulau Natuna selalu ramai dikunjungi oleh para petualang. Namun, bagaimana cara untuk ke sana, ya?


Natuna, Kepulauan Riau adalah salah satu destinasi petualangan yang keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Tidak ayal, Natuna sering menjadi pilihan utama bagi para petualang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri, dan mancanegara. Namun, bagaimana cara pergi ke sana?

Tenang bro, setiap petualangan, pasti ada jalannya – sama seperti rasa penasaran lo untuk menuju Pulau Natuna di Kepulauan Riau. Sila simak ulasan kali ini untuk mengetahui lebih lanjut dan detail, tentang akses ke Pulau Natuna, perhitungan budget, dan tips saat berpetualang ke sana.

Akses Untuk Berpetualang ke Pulau Natuna

Keindahan Pulau Natuna - Kepulauan Riau. credit photo: disparbud.natunakab.go.id

Berada di salah satu perbatasan Indonesia dengan negara lain, Pulau Natuna dalam waktu ke waktu kerap menjadi salah satu headline surat kabar dengan berita ingin diakui atau diambil oleh negara lain. Hal ini jelas karena letaknya yang benar-benar diujung batas Indonesia.

Namun, dengan kepiawaiannya, pihak keamanan negara Indonesia sudah menjelaskan bahwa Natuna adalah bagian dari negara Indonesia ini. Oleh karena itu, jika ada pihak yang berusaha untuk mengambil Natuna, berarti hal tersebut adalah tindak criminal.

Oke bro – terlepas dari berita tentang Pulau Natuna, kepulauan ini memang mempunyai keindahan alam yang luar biasa, dan menandakan bahwa Natuna mempunyai potensi yang besar untuk pariwisata. Tidak heran, seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, Natuna selalu ramai oleh para petualang dari berbagai belahan dunia.

Keindahan Pulau Natuna - Kepulauan Riau. credit photo: netralnews.com

Terletak di ujung perbatasan Indonesia, lalu bagaimana untuk mencapai ke sana? Apakah ada transportasi untuk menghubungkan akses tersebut? Jelas ada, bro!

Pulau Natuna bisa dicapai dengan pesawat udara dengan melakukan penerbangan dari Batam. Untuk lo yang ingin mencoba jalur laut, Kapal Feri dari PELNI siap mengantarkan lo ke Natuna dari Pelabuhan Selat Lampa, dengan keberangkatan Reguler.

Nah, dari Bandar Udara Ranai di Natuna – lo bisa menuju ke pusat kota dengan menggunakan taksi atau angkutan umum berbentuk mobil biasa dengan biaya Rp. 50.000/orang, untuk diantara sampai tujuan. Untuk jalur laut, lo bisa sampai di Pelabuhan Binjai, dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum juga.

Keindahan Pulau Natuna - Kepulauan Riau. credit photo: oknusantara.com

Jarak dari bandar udara dan pelabuhan untuk menuju ke pusat kota cukup dekat. Hal ini terlihat dari waktu-waktu perjalanannya yang tidak lebih dari 2 jam saja. Namun, jika lo ingin ke beberapa pulau lagi terlepas dari pulau besar Natuna, memang perjalanannya bisa berjam-jam, bro.

Salah pulau yang terdekat dari Pulau Natuna adalah Pulau Sedanau. Pulau Sedanau adalah pulau dengan objek petualangan arkeologi, budaya, sejarah, lalu pemandangan alam bawah lautnya yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja. Snorkeling dan diving merupakan aksi yang sering dilakukan oleh para petualang di sini.

Selain Pulau Sedanau yang bisa ditempuh dengan waktu 45 menit, Pulau Tiga dapat ditempuh dengan waktu 2 jam saja. Pulau Tiga yang mempunyai deretan pantai yang indah ini juga sering menjadi salah satu destinasi para petualang di sana.

Keindahan Pulau Natuna - Kepulauan Riau. credit photo: travelingyuk.com

Setelah mengetahui bagaimana akses menuju ke Pulau Natuna, sekarang lo akan mengetahui bagaimana ongkos atau budget yang harus lo keluarkan dalam petualangan dan perjalanan lo di Pulau Natuna.

Penerbangan dari Jakarta dengan transit ke Batam, harga tiket akan lebih murah jika lo ambil paket Jakarta Natuna, dibandingkan lo beli dengan secara terpisah. Harga paket pulang pergi Jakarta – Natuna bisa 3.8 juta, dan jika lo beli secara terpisah, harganya bisa mencapai 5 juta.

Lalu, di sana, jika menggunakan taksi atau angkutan umum, seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya, biayanya adalah Rp. 50.000/orang. Namun, lo bisa menyewa mobil perhari dengan harga Rp. 400.000 – Rp. 500.000 belum dengan biaya supir dan bahan bakar.

Keindahan Pulau Natuna - Kepulauan Riau. credit photo: triptrus.com

Kemudian, jika lo ingin menyewa satu kapal untuk petualangan dan perjalanan lo keliling Natuna dan beberapa pulau di sekitarnya, lo bisa mengeluarkan budget 1.5 juta untuk satu hari. Namun, jika lo ingin ikut perjalanan reguler, budget yang bisa lo keluarkan hanya sebesar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 per orang saja dalam satu kali perjalanan.

Sewa kapal kecil untuk diantar ke beberapa pulau di sekitar Pulau Natuna seharga Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000 saja. Namun, ongkos tersebut mungkin bisa lebih murah, tergantung kemampuan tawar menawar lo nih.

Jika perut lapar dan lo ingin makan di sana, siapkan budget Rp. 20.000 – Rp. 50.000 untuk sekali makan, bro. Dengan harga seperti itu, lo sudah bisa makan dengan seafood khas dari Pulau Natuna, lho. Kemudian, setelah perut kenyang dan ingin beristirahat, akomodasi penginapan di Pulau Natuna bermacam-macam.

Keindahan Pulau Natuna - Kepulauan Riau. credit photo: triptrus.com

Sebut saja homestay yang bisa lo bayar dari harga Rp. 75.000 sampai Rp. 100.000 per orang, Guest House yang bisa Rp. 600.000 satu kamar. Jika dipukul rata, harga akomodasi penginapan di Pulau Natuna adalah Rp. 100.000 sampai Rp. 750.000 saja.

Kemudian, setelah itu, untuk lo yang ingin snorkelling dan diving tetapi tidak membawa peralatan sendiri, tenang saja bro, di Pulau Natuna, lo bisa menyewa peralatan tersebut. Untuk snorkelling, biaya penyewaan alatnya Rp. 100.000 saja.

Namun untuk Diving, lo bisa merogoh kocek sebesar Rp. 700.000 untuk menyewa peralatan menyelam tersebut. Wah, bagaimana bro? Cukup banyak pilihan bukan untuk berpetualang ke Pulau Natuna ini?

Keindahan Pulau Natuna - Kepulauan Riau. credit photo: rmol.co

Setelah mengetahui bagaimana budget untuk pergi ke Pulau Natuna, sekarang lo bisa mengetahui beberapa tips saat lo akan pergi ke sana. Tips-tips tersebut seperti jangan pergi ke Natuna saat musim angin utara (September – Februari). Hal tersebut dikarenakan oleh angin yang kencang, hujan deras terkadang badai, yang akan menghambat petualangan lo di sana.

Oleh karena itu, pilih waktu tenang seperti bulan Maret hingga Agustus untuk datang ke Pulau Natuna. Saat waktu seperti itu, Pulau Natuna akan lebih tenang, angin tidak terlalu kencang, cuaca cerah, sehingga untuk lo yang akan snorkelling dan diving, direkomendasikan untuk datang saat bulan-bulan tersebut.

Berbicara snorkelling dan diving – lo perlu juga mengetahui di mana spot-spot cantik berada, bro. Oleh karena itu, tidak perlu pergi sendiri, namun sila bergabung dengan rombongan. Dengan pergi bergerombol, pasti lo akan ditemani oleh pemandu, yang dapat memberitahu lo di mana spot-spot bagus untuk snorkelling dan diving.

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo semakin penasaran dengan Pulau Natuna? Kalau iya, langsung saja persiapkan waktu untuk datang ke sana, budget secukupnya, berkemas dan langsung berangkat!

 

Source

Feature Image - majalahteras.com


Please login to comment
3 COMMENTS
hengky tri kurniawan
July 2, 2018 at 12:21 AM

kereeeen banget pemandangan alamnya


Iksanwish
July 3, 2018 at 8:11 PM

Ajakin aku kesini dong... Pemandanganya indah banget...


Philip Chester
July 18, 2018 at 10:51 PM

Beautiful nature. I just wanna fly to the beach right now torrents