JUN 3, 2018

Ingin Bermain Paralayang Bro? Simak 5 Peralatan Yang Wajib Lo Miliki Sebelum Terbang!

Buat lo yang ingin mulai bermain paralayang, tentunya harus memperhatikan beberapa peralatan penting yang ada di bawah ini. Penasaran? Lihat saja informasinya, semoga dapat berguna bro! 


Berbicara mengenai paralayang sendiri tentunya tidak akan lepas dari sensai ekstrim yang dapat diberikan oleh olahraga ini sendiri. Karena masuk ke dalam olahraga ekstrim tersebut, tentunya diperlukan beberapa peralatan yang dapat memenuhi segala keperluan sang pemain untuk dapat bermain olahraga ini dan keselamatannya akan terus terjaga.

Perlu diketahui juga nih bro kalau olahraga paralayang sendiri berbeda dengan olahraga terjun payung yaa. Karena selain dari cara bermainnya yang berbeda, alat-alat yang digunakan pun memilki perbedaan. Berbicara mengenai keseruannya, tentunya kedua olahraga ini memilki keseruannya tersendiri.

Paling mudah untuk membedakan paralayang dengan terjun payung ialah kalau terjun payung lo akan menggunakan pesawat sebagai kendaraan yang akan mengantarkan ke atas awan. Bila paralayang, lo hanya membutuhkan sebuah dataran tinggi atau lereng bukit, lalu lo akan lepas landas dengan melompat dari lereng bukit tersebut.

Lalu di dalam artikel ini akan membahas beberapa alat-alat yang perlu lo perhatikan apabila ingin bermain paralayang serta apa saja yang harus lo lakukan agar tidak melupakan prioritas utama lo, yaitu keselamatan. Untuk itu lihat saja beberapa informasi di bawah ini yang tentunya dapat lo gunakan sebagai informasi yang berguna kelak.

Parasut Paralayang

Parasut Yang Digunakan Di Paralayang. Credit: extremeina.com/

Elang membutuhkan sayap untuk terbang, begitu pula dengan para penerbang paralayang bro. Namun para penerbang ini tidak memerlukan sebuah sayap, namun membutuhkan sebuah parasut sebagai gantinya. Parasut yang digunakan dalam olahraga ini pun berbeda dengan olahraga terjun payung.

Seperti apa yang sudah dijelaskan diatas, kalau memang lo membutuhkan peralatan yang berbeda dengan terjun payung, termasuk parasut yang digunakan bro. Karena memang parasut yang digunakan khusus diciptakan untuk lepas landas dari lereng bukit.

Parasut paralayang berbentuk elips, terdiri dari dua lembar kain yang terbuat dari bahan nylon ripstop berporositas nol dengan ketebalan sekitar 44 g/m2. Dua lembaran kain ini dihubungkan dengan lembaran tegak untuk mempertahankan bentuknya. Lembaran tegak tersebut juga biasa disebut ribs. Ribs itu sendiri akan membentuk sel-sel yang jumlahnya puluhan.

Sel-Sel Di Dalam Parasut

Ilustrasi Sel-Sel Di Dalam Parasut. Credit: extremeina.com

Masih membahas seputar parasut nih bro, namun lebih menyusut pada sel-sel yang ada di dalam parasut itu sendiri. Seperti sisi depan atau leading edge yang disebut mulut sel, yang akan terus menganga untuk jalan masuknya angin.

Sementara di sisi belakang atau trailing edge tertutup rapat, sehingga angin terperangkap dan menciptakan tekanan di dalam parasut. Tali-tali yang terbuat dari bahan kevlar menjulur ke bawah disatukan dengan tambat (riser) dan dihubungkan dengan karabiner di tempat duduk penerbang.

3 Jenis Parasut

Keseruan Bermain Paralayang. Credit: blog.lakupon.com

Perlu diketahui pula sebelum lo memutuskan untuk bermain olahraga paralayang ini bro. Karena memang terdapat beberapa hal yang mungkin terlihat tidak terlalu penting namun akan sangat berbahaya apabila lo tidak memperhatikan hal tersebut.

Seperti jenis parasut yang ada atau dapat lo gunakan di dalam olahraga ini. Ketiga jenis parasut tersebut ialah standard, performance, dan competition. Parasut jenis standard merupakan parasut yang biasa digunakan oleh para pemula. Jenis parasut ini memiliki tingkat kestabilitas yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis parasut yang memiliki tingkat lebih tinggi.

Karena semakin tinggi dari tingkat parasutnya, maka kemahiran dari penerbangnya juga harus semakin tinggi. Jadi buat lo yang baru ingin bermain paralayang disarankan untuk menggunakan parasut dengan jenis standard yaa bro.

Selain dari jenisinya, parasut paralayang juga dibedakan dengan ukurannya. Ada yang berukuran XS, S, M, L, Dual/ Tandem. Semakin berat penerbangnya, maka semakin besar pula ukuran parasut yang dipakai.

Standard Kelayakan

Ilustrasi Terbang Dengan Paralayang. Credit: extremeina.com

Ini merupakan hal paling penting yang harus lo perhatikan bro. Sama halnya dengan pesawat terbang, paralayang juga harus memenuhi standard kelayakan terbang. Setidaknya terdapat dua jenis standar uji parasut paralayang yang diakui internasional.

Kedua standar uji tersebut ialah AFNOR dan Gütesiegel. AFNOR dikeluarkan oleh Asosiasi Layang Gantung Perancis dan Swiss (FSVL dan SHV). Untuk Gütesiegel sendiri dikeluaran oleh Asosiasi Layang Gantung Jerman (DHV). Dengan adanya dua lembaga ini tentunya akan mempermudah orang yang berminat untuk memulai olahraga ini dengan serius. Serta juga akan membantu lo dalam memilih peralatan yang masih layak pakai atau tidak.

Peralatan Penting Lainnya

Contoh Bentuk Dari Seat Harness. Credit: baliskysports.com

Olahraga paralayang sendiri bukan sekedar hanya parasutnya saja yang penting untuk diperhatikan bro. Karena masih ada aspek lainnya yang tak kalah pentingnya untuk dapat lo ketahui. Bahkan alat-alat ini pun tak kalah pentingnya untuk dapat menyelamatkan nyawa lo bro.

Peralatan-peralatan tersebut ialah seat harness atau kursi penerbang, helmet dan parasut cadangan. Karena memang apabila lo bermain olahraga ini namun tidak dilengkapi dengan alat-alat yang ada di atas ini tentunya nyawa lo akan menjadi taruhannya

Lalu tak lupa pula dengan alat-alat tambahannya yang tak kalah pentingnya loh bro. Seperti kaos tangan, baju terbang, radio komunikasi atau HT, Variometer (alat untuk mengukur kecepatan vertikal), GPS dan Wind Meter (alat untuk mengukur kecepatan angin).

Memang sebelum lo memutuskan untuk bermain paralayang ini memerlukan dana yang tidak sedikit, oleh sebab itu jangan kaget apabila lo akan menggaruk kantong lo sedikit agak dalam yaa bro. Karena memang segala sesuatu yang berhubungan dengan keselamatan lo jarang yang murah bro.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar olahraga paralayang di atas? Semoga bisa menjadi salah satu informasi yang berguna untuk lo agar lo lebih mengetahui selak beluk dari olahraga ini. Yang terpenting ialah selalu kobarkan semangat petualang lo dan jangan berhenti bereksplorasi yaa bro. Karena dunia ini memang tidak sesempit dengan apa yang ada di dalam pemikiran lo.

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!