JUN 13, 2018

Tak Kalah Eksotisnya, 4 Makanan Khas Bali Ini Patut Untuk Lo Cicipi Bro! (100% Menggoda Selera)

Pergi ke Bali? Jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khas yang ada di pulau tersebut. Untuk itu di bawah ini terdapat beberapa informasi mengenai makanan khas Bali yang tentunya nikmat dan menggiurkan. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini bro!


Berlibur ke Bali hanya menikmati keindahan alamnya saja? Tentu kurang seru apabila lo tidak coba kearifan lokal atau makanan-makanan khas bali yang menggoda selera. Karena di pulau ini pun terdapat beberapa pilihan makanan eksotis loh, tak kalah dengan alamnya.

Hidangan khas Bali sendiri memang terkenal dengan kekayaan bumbu yang digunakan. Mungkin dalam satu hidangan saja akan digunakan minimal 5 bahan yang nantinya akan dicampur lalu menciptakan sebuah cita rasa yang memang tak akan lo temukan di lain tempat bro.

Keunikan lainnya dari hidangan Bali yang terdisional ialah dengan alat yang digunakan. Iyaa betul bro, untuk memasak masakan Bali itu sendiri tidak menggunakan sebuah alat yang dapat mengukur kepastian atau ukuran berapa jumlah bumbu yang akan digunakan. Karena biasanya orang Bali sendiri hanya menggunakan tangan mereka dalam memasak hidangan khas Bali.

Dari mulai mengambil bumbu hingga mengaduk bumbunya pun masih menggunakan tangan sang juru masak loh bro. Itu merupakan salah satu keunikan dari masakan khas Bali. Nah, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa pilihan makanan Bali yang patut untuk lo cicipi. Berikut macam-macam makanan Balinya bro.

Nasi Tekor

Penampakan Seporsi Nasi Tekor. Credit: bali.platemaps.com

Bila berkunjung ke Bali, salah satu hidangan yang perlu untuk lo coba ialah Nasi Tekor bro. Karena kuliner ini pun tergolong unik dan masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai Nasi Tekor ini. Kuliner ini merupakan nasi yang disajikan di dalam tekor atau pincuk.

Tekor atau pincuk itu sendiri merupakan wadah tradisional yang terbuat dari daun pisang yang sudah digunakan dari zaman dahulu. Nah, untuk menikmati hidangan khas Bali satu ini, lo bisa berkunjung ke Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur.

Di lokasi tersebut lo dapat menikmati satu porsi Nasi Tekor dengan suasana rumah tua lengkap dengan pernak pernik hiasan yang akan membuat lo bernostalgia. Isi dari Nasi Tekor itu sendiri pun cukup sederhana. Yaitu sebuah nasi campur Bali yang terdiri dari lauk lawar biu batu, serapah ayam, sambal Bali, kacang goreng, ayam panggang dan kuah ares.

Bebek Bengil

Sepiring Bebek Crispy Dengan Kenikmatan Yang Menggiurkan. Credit: ksmtour.com

Buat lo yang suka dengan hidangan atau kuliner berbahan dasar daging bebek, tentunya hidangan berikut ini bisa menjadi salah satu hidangan favorit lo. Dengan daging bebek yang lembut serta renyah dan gurih menjadi senjata utama dari Bebek Bengil ini sendiri.

Tak heran apabila banyak wisatawan yang rela untuk menyempatkan waktu mereka untuk mencobai hidangan satu ini. Bebek Bengil sendiri merupakan sebuah rumah makan yang berada di kawasan Nusa Dua. Selain dari makanannya yang nikmat serta tradisional, lo juga akan menikmati suasana alami khas Bali di rumah makan ini.

Dengan alamat lengkap di ITDC Complex, Lot C-0, Pantai Nusa Dua – Kuta Selatan, lo langsung bisa menikmati berbagai menu hidangan khas Bali yang tentunya akan menggoda serta menggoyangkan lidah lo.  Penasaran? Langsung datangi saja rumah makan ini bro!

Nasi Ayam Bu Oki

Kenikmati Nasi Ayam Bu Oki. Credit: burpple.com

Perjalanan kurang lengkap apabila tidak mencicipi Nasi Ayam Bu Oki bro. Apalagi kalau berbicara mengenai makanan khas Bali, tentunya rumah makan yang menyediakan berbagai jenis nasi campur berbahan dasar daging ayam ini patut untuk lo cicipi.

Lokasinya yang tak begitu jauh dari Bebek Bengil, lo akan menemukan rumah makan Nasi Ayam Bu Oki ini. Rumah makan itu pun memiliki beberapa hidangan menarik, seperti ayam goreng, ayam sisit, ayam betutu, sate lilit, telor dan sayuran. Tentunya pilihan tersebut dapat lo nikmati dengan nasi campurnya yang tak kalah nikmatnya.

Kalau lo suka dengan hidangan yang pedas tentunya Nasi Ayam Bu Oki juga memiliki tingkat kepedasaan yang cukup tinggi. Rumah makan yang terletak di Jl. Siligita No. 27, Nusa Dua ini harus menjadi salah satu destinasi utama lo pada saat ingin mencari hidangan Bali yang dapat mengucurkan keringat. Dengan harga yang dibanderol kurang lebih Rp. 25.000 per porsi tentunya akan sangat ramah sekali dengan dompet lo bro.

Warung Men Weti

Suasana Di Warung Men Weti. Credit: bali-backpacker.com

Dengan sentuhan seperti makanan rumahan, tentunya di Warung Men Weti ini lo akan menikmati sebuah hidangan lezat yang sudah terkenal dari zaman dahulu. Tepatnya di area Pantai Sindhu, Sanur lo akan mendapatkan sebuah warung yang selalu ramai di datangi.

Nasi campur dengan rasanya yang nikmat tentunya akan selalu lo dapatkan apabila berkunjung ke warung ini. Dari pagi hari saja, lo sudah bisa melihat antrian yang cukup panjang di Warung Men Weti. Padahal warung ini sendiri baru buka pada pukul 8 pagi.

Nasi campur di Warung Men Weti sendiri menyediakan berbagai macam lauk seperti sayur urap Bali, ayam suwir betutu, pindang sambal tomat, sambal matah, telur pindang, kripik kulit ayam dan kacang tanah goreng.

Warung yang tepat beralamat di Jl. Pantai Sindu, Sanur ini memiliki cita rasa yang khas dan akan menggoyangkan lidah lo bro. Buat lo yang ingin merasakan nasi campur khas Bali, tentunya harus mengunjungi Warung Men Weti yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar makanan khas Bali di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke Pulau Bali yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu mengobarkan semangat petualang lo serta jangan lupa untuk terus bereksplorasi. Karena di dalam dunia ini sendiri memiliki banyak hal lainnya yang perlu untuk lo ketahui. Semangat selalu bro!

 


Please login to comment
2 COMMENTS
Muhammad muhlis
July 13, 2018 at 9:14 AM

Bikin laper liat makanan itu


Iksanwish
July 14, 2018 at 6:20 AM

Wuenaaak.... Pas dilidah....



LOCATION