JUN 24, 2018

10 Fakta Menarik Tentang Pegunungan Danxia, Pegunungan Warna-Warni Bak Pelangi

Fenomena unik kali ini muncul di negeri seberang sana, Tiongkok. Pegunungan berwarna-warni bak pelangi ini menyita berbagai petualang di seluruh dunia. Penasaran bagaimana keindahan dari Pegunungan Danxia?


Pada umumnya di Indonesia, kawasan pegunungan diselimuti oleh hutan lebat, padang savana, atau setidaknya batuan terjal yang dapat membuat lo kesulitan dalam menaklukan pegunungan tersebut. Dengan begitu, biasanya, jika terlihat dari jauh – pegunungan tersebut hanya akan berwarna biru gelap, atau hijau gelap.

Bagaimana jika pegunungan tersebut berwarna-warni bak pelangi? Pasti lo bingung apa yang menyelimuti pegunungan tersebut sampai terlihat berwarna-warni. Namun, tidak perlu bingung, walau tidak di Indonesia, tetapi di Tiongkok, ada sebuah fenomena alam yang sangat unik, yaitu Zhangye Danxia Landform Geological Park.

Pegunungan atau perbukitan Danxia, merupakan salah satu fenomena paling unik yang terjadi di muka bumi ini. Jika pada umumnya pegunungan terlihat berwarna gelap, seperti biru gelap atau hijau gelap, tapi tidak untuk Pegunungan Danxia yang berwarna-warni.

10 Fakta Menarik Tentang Pegunungan Danxia, Pegunungan Warna-Warni Bak Pelangi. credit photo: wonderfultravels.tk

Mendapat predikat sebagai Taman Geologi yang cukup besar dan luas, Pegunungan Danxia menjadi salah satu destinasi dan spot petualangan favorit para petualang domestik, dan mancanegara. Tidak ayal, pegunungan ini terus terlihat dikunjungi para petualang.

Keberadaan Pegunungan Danxia ini tidak lepas dari rekaman foto atau video yang tersebar di dunia maya, atau sosial media karena unggahan dari para petualang, yang takjub melihat fenomena tersebut. Impresi rekaman foto dan video di sosial media tentang Pegunungan Danxia juga terlihat positif. Terbukti banyak yang mengagumi destinasi petualangan tersebut dan penasaran ingin membuktikan sendiri keindahannya.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, sila simak bahasan kali yang akan mengulas tentang 10 fakta menarik mengenai Pegunungan Danxia!

10 Fakta Menarik Tentang Pegunungan Danxia, Pegunungan Warna-Warni Bak Pelangi. credit photo: merdeka.com

Fakta pertama tentang Pegunungan Danxia adalah, kawasan ini secara geologikal, atau secara alami tanpa campur tangan manusia, terbentuk dari berbagai batuan besar atau kecil yang berwarna-warni seperti pelangi.

Kemudian, fakta selanjutnya dari Pegunungan Danxia adalah, kawasan geologikal ini berlokasi di Provinsi Gansu, Tiongkok dan paling dekat dengan kota Zhangye.

Selain nama Zhangye Danxia Landform Geological Park, kawasan pegunungan yang berwarna-warni ini juga dikenal dengan nama Zhangye Danxia, Zhangye Danxia Geopark, Zhangye Danxia Landform, Landform of Zhangye, Rainbow Mountain atau Gunung Pelangi, dan Zhangye Danxia Wonders.

10 Fakta Menarik Tentang Pegunungan Danxia, Pegunungan Warna-Warni Bak Pelangi. credit photo: pinterest.com

Wah cukup banyak juga ya, sebutan untuk pegunungan unik ini. Oh iya, selanjutnya – Pegunungan Danxia ini juga sudah termasuk di daftar salah satu situs warisan dunia yang dicatat oleh UNESCO. Wilayah pegunungan ini mencapai 510 kilometer persegi.

Bro, apakah lo sudah penasaran bagaimana pegunungan ini bisa berwarna-warni? Fakta selanjutnya adalah bahwa batuan warna-warni tersebut merupakan sandstone. Atau batuan keras berpasir yang dilapisi oleh berbagai mineral, tidak heran, lapisan warna dalam bebatuan tersebut mewakili salah satu mineral.

Bentuk Pegunungan Danxia yang abstrak dan tidak beraturan adalah ulah dari air, angin dan berbagai erosi cuaca. Tidak heran jika pegunungan tersebut dapat berubah bentuk kapanpun. Bahkan, pegunungan tersebut dapat bertambah bentuk dengan sendirinya.

10 Fakta Menarik Tentang Pegunungan Danxia, Pegunungan Warna-Warni Bak Pelangi. credit photo: jambi.tribunnews.com

Pegunungan Danxia juga didampik sebagai salah satu tempat terindah di Tiongkok. Tidak heran dengan predikat seperti itu, pegunungan ini selalu ramai oleh para petualang dari berbagai negara. Rata-rata, mereka penasaran dan ingin membuktikan sendiri bagaimana ada warna pelangi dalam batuan pegunungan.

Fakta selanjutnya lagi, bahwa warna batuan Pegunungan Danxia ini mulai dari merah, biru, kuning, hijau dan beberapa warna dan gradasi lainnya yang terbentuk dari berbagai proses metamorphosis bebatuan yang dipengaruhi oleh kondisi alam.

Lalu, fakta terakhir dari Pegunungan Danxia ini adalah waktu tepat saat mengunjungi pegunungan unik ini. Waktu paling tepat untuk dapat melihat warna yang sempurna dari pegunungan ini adalah musim panas.

10 Fakta Menarik Tentang Pegunungan Danxia, Pegunungan Warna-Warni Bak Pelangi. credit photo: dobrewiadomosci.net.pl

Saat musim panas, warna pegunungan ini akan semakin terlihat jelas. Oleh karena itu, tidak heran juga jika banyak para petualang yang datang ke sini, dilengkapi berbagai peralatan fotografi guna menangkap segala momen seru di sana.

Sebaliknya, hindari musim dingin atau musim salju karena batuan dari Pegunungan Danxia juga akan tertutup oleh salju, dan lo tidak bisa melihat warna-warni batuan pegunungan tersebut.

Bro, untuk lo yang akan menghabiskan waktu di sini, sebaiknya membawa tenda untuk berkemah karena tidak ada fasilitas akomodasi penginapan. Sekalinyapun ada, pasti berada di Kota Zhangye, yang letaknya cukup berjarak dengan pegunungan tersebut.

10 Fakta Menarik Tentang Pegunungan Danxia, Pegunungan Warna-Warni Bak Pelangi. credit photo: pinterest.com

Oh iya, beberapa momen seru dan indah di Pegunungan Danxia ini adalah saat matahari terbit dan terbenam. Guratan sinar matahari bila terkena warna-warni batuan pegunungan ini akan menghasilkan pemandangan yang indah.

Jadi, sayang sekali jika lo lewatkan momen-momen tersebut saat berada di sana. Fakta tambahan, tidak ada pepohonan besar dan rimbun layaknya pegunungan di Indonesia, jadi jika lo akan mengambil rekaman lanskap, yang terlihat hanyalah bebatuan yang membentuk bukit dan pegunungan saja.

Wah, bagaimana nih bro? Apakah lo semakin penasaran dengan Pegunungan Danxia yang berwarna-warni layaknya pelangi ini? Berhubung berlokasi di Tiongkok, sila siapkan segalanya nih bro untuk berpetualang ke sana.

Siapkan hari libur panjang, budget secukupnya, berkemas, dan jangan lupa passport untuk pergi ke luar negeri. Jika sudah siap semua, langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - cunoastelumea.ro


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!