JUN 27, 2018

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur!

Nusa Tenggara Timur memang seakan tidak ada habisnya mengejutkan para petualang dengan berbagai destinasi eksotisnya. Kali ini, berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Pantai Kolbano menjelma sebagai spot petualangan favorit. Penasaran seperti apa?


Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan, ada sebuah destinasi dan spot petualangan yang keindahannya tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih. Termasuk ke dalam destinasi yang unik, sebuah pantai di NTT ini selalu terlihat dikunjungi petualang dari berbagai latarbelakang.

Negara Kesatuan Republik Indonesia, menurut Badan Informasi Geospasial pada tahun 2013 memperbarui data bahwa garis pantai yang dimiliki oleh Indonesia adalah sepanjang 99.093 kilometer. Dengan data seperti itu, tidak heran jika Indonesia masuk 10 besar negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan juga jika Indonesia dilengkapi berbagai spot petualangan berupa pantai yang indah dan unik. Seperti salah satunya pantai yang berada di Nusa Tenggara Timur, yaitu Pantai Kolbano. Berlokasi di selatan Pulau Timor, 134 kilometer dari Kupang, pantai yang indah ini dengan cepat menjadi salah satu destinasi favorit para petualang.

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur. credit photo: beritagar.id

Menghadap langsung ke Samudera Hindia, deretan pesisir Pantai Kolbano dihiasi oleh hamparan bebatuan indah, termasuk beberapa batuan karang besar. Nah, untuk mengetahui kelanjutannya, simak bahasan kali ini karena akan mengulas tentang 5 fakta menarik yang ada di Pantai Kolbano.

Jembatan Terpanjang di Pulau Timor

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur. credit photo: fibertyfo.blogspot.com

Jembatan Noelmina adalah jembatan terpanjang di Pulau Timor. Predikat ini bukan tanpa bukti, jembatan ini menghubungkan daratan yang dipisahkan oleh Sungai Noelmina yang mempunyai lebar 240 meter.

Jembatan ini menjadi salah satu yang paling ikonik saat lo berkunjung di Pantai Kolbano. Sungai di bawahnya, Sungai Noelmina adalah salah satu sungai besar, yang belum pernah kering walau saat tengah musim panas dan kemarau.

Tidak jauh dari sungai tersebut, Pantai Kolbano sudah terlihat, berbagai pemandangan menarik mulai dari deretan tebing kapur, hutan belantara, area persawahan yang luas, sampai perkampungan rumah bulat khas Nusa Tenggara Timur terlihat dari pantai ini.

Pesona Puncak Batu Fatu Un

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur. credit photo: ariantosntt.blogspot.com

Seolah menjadi salah satu landmark dari Pantai Kolbano, batu yang menyerupai kepala seekor singa ini mempunyai tinggi lebih dari 50 meter. Batuan besar ini juga menjadi tanda dari kejauhan jika lo sudah dekat dengan Pantai Kolbano.

Keindahan yang luar biasa bisa lo dapatkan ketika lo berani untuk memanjat dan mendaki batuan tersebut. Pemandangan yang luas dan indah bisa lo dapatkan penuh saat berada di ketinggian tersebut. Walau cukup menantang karena batuan tersebut tajam dan terjal, serta terkadang licin, tidak sedikit para petualang yang tertantang untuk menaklukan batuan tersebut.

Sampai di atas puncak bebatuan tersebut, gradasi air laut di Pantai Kolbano akan terlihat jelas, bro. Mulai dari warna yang agak sedikit keruh, hingga hijau dan biru akan terlihat jelas dari ketinggian di batuan tersebut.

Mite ‘Bi Kabin’

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur. credit photo: parinseja.com

Indonesia, tidak luput dari berbagai macam cerita legenda, dan tidak luput juga dengan Pantai Kolbano. Pantai indah ini juga mempunyai cerita yang diyakini oleh masyarakat sebagai salah satu sejarah yang ada di Pantai Kolbano.

Cerita tersebut disebut dengan nama Mite. Mite adalah sebuah cerita yang dianggap suci dan benar-benar terjadi pada saat titu. Mite yang ada di Pantai Kolbano adalah seorang gadis yang dinikahi oleh Raja Laut, sehingga masyarakat di sana tidak pernah kekurangan hasil laut.

Dari cerita tersebut, kelestarian dan hubungan erat antara manusia dan alam Pantai Kolbanonya sendiri adalah salah satu yang dijaga oleh masyarakat sekitar. Mereka bahkan masih percaya jika hasil laut yang melimpah di sana adalah berasal dari Mite tersebut.

Tidak heran jika sampai saat ini, perairan Pantai Kolbano merupakan penghasil dan pemasok utama untuk ikan dan hasil laut lainnya di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Walah masyarakat sekitar menangkap ikan dengan cara tradisional, namun pasokan ikan di Kupang berasal dari pantai ini.

Tidak Berpasir – Berbatu Warna-Warni

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur. credit photo: basodara.com

Pada umumnya deretan pantai di Indonesia merupakan pantai yang didominasi dengan pasir putih yang bersih dan menghampar luas. Namun, cukup berbeda dengan Pantai Kolbano. Walau tetap berpasir, tetapi pantai ini didominasi oleh bebatuan yang cukup unik.

Bebatuan kerikil yang tidak terlalu tajam sehingga tidak cukup masalah jika lo melepas alas kaki untuk berjalan di atasnya, ini dapat merefleksikan warna-warni yang indah saat terpantul oleh cahaya matahari.

Warna terang, hijau kebiruan merupakan beberapa warna dari bebatuan tersebut karena terpantul cahaya matahari. Sekilas, batuan ini mirip dengan batuan koral. Padahal, Pantai Kolbano merupakan pantai yang dekat dengan deretan batuan kapur di pinggirnya.

Sunset dan Sunrise Dalam Satu Tempat

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur. credit photo: idntimes.com

Tidak banyak pantai yang dapat menikmati kelengkapan momen matahari di sana. Pantai Kolbano merupakan salah satu pantai yang eksotis karena dalam satu tempat, atau pantai ini – dapat menikmati kedua momen matahari tersebut, sunset dan sunrise.

Tidak sedikit para petualang mancanegara yang datang ke sini untuk menikmati kedua momen matahari tersebut. Tidak heran jika kedatangan mereka juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan fotografi untuk menangkap segala momen matahari tersebut.

Pantai Kolbano, 5 Fakta Menarik Dari Pantai Terbaik di Nusa Tenggara Timur. credit photo: fotowisata.com

Bro, walau Pantai Kolbano minim fasilitas, tetapi tidak membuat para petualang urung untuk datang ke sana. Justru, karena minim fasilitas ini, Pantai Kolbano terlihat seperti tidak tersentuh peradaban, dan keindahan serta kelestariannya masih terjaga dengan rapi.

Wah bagaimana nih bro? Dari lima fakta menarik di atas tentang Pantai Kolbano, apakah lo semakin penasaran dengan destinasi petualangan tersebut? Kalau iya, langsung saja nih lo persiapkan hari libur, budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - backpackerjakarta.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!