JUN 29, 2018

9 Spot Snorkeling di Pulau Jawa Yang luar Biasa Indah! (100% Ingin Langsung Menyelam!)

Ingin menyelam tapi tidak tahu di mana spot snorkeling yang bagus? Simak bahasan kali karena akan mengulas 9 spot snorkeling keren!


Snorkeling, atau sering disebut juga dengan istilah Skin Diving, merupakan aktivitas menyelam yang seru saat di pantai, walau dilakukan hanya di permukaan dengan peralatan menyelam yang sederhana. Peralatan sederhana tersebut adalah masker selam, snorkel, dan kaki katak untuk memudahkan lo berpindah tempat saat menyelam.

Hobi snorkelling, bro? Tetapi bingung mau snorkelling di mana dan merasa bosan dengan spot yang itu-itu saja? Tenang, lo cukup perhatikan dan simak bahasan kali ini, karena akan mengulas 9 spot snorkelling indah di deretan Pulau Jawa ini.

Pulau Cina – Gresik, Terumbu Karang Besar dan Alami

Pulau Cina – Gresik, Terumbu Karang Besar dan Alami. credit photo: surabayaonline.co

Banyak para petualang yang tidak mengetahui bahwa Gresik mempunyai Pulau Cina di kawasan kepulauan yang mempunyai pemandangan alam bawah laut yang luar biasa indah. Salah satu keindahan yang ada di sana adalah terumbu karang yang masih alami.

Kealamian spot snorkelling ini dikarenakan oleh warga dan masyarakat setempat yang begitu menjaga spot ini dengan hati-hati. Mereka sangat melarang sekali menangkap ikan atau biota laut lainnya dekat spot snorkelling ini dengan menggunakan racun atau menggunakan bom. Oleh karena itu, keindahan spot snorkelling di Pulau Cina – Gresik ini tidak bisa lo lewatkan begitu saja, nih.

Pulau Menjangan – Jawa, Bali, Surganya Terumbu Karang

Pulau Menjangan – Jawa, Bali, Surganya Terumbu Karang. credit photo: tipsjalan.com

Berada di antara Pulau Jawa dan Bali, Pulau Menjangan sudah cukup terkenal keberadaannya sebagai salah satu spot snorkelling yang mempunyai keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, Pulau Menjangan adalah surganya terumbu karang.

Berbagai spesies terumbu karang berwarna-warni ada di alam bawah laut Pulau Menjangan. Bagai tidak terpisahkan, terumbu karang yang bermacam-macam tersebut menjadi rumah yang baik untuk berbagai biota laut yang ada di dalam sana.

Teluk Biru – Banyuwangi, Surganya Terumbu Karang Bagian 2

Teluk Biru – Banyuwangi, Surganya Terumbu Karang Bagian 2. credit photo: ulinulin.com

Tidak jauh berbeda dengan Pulau Menjangan, Teluk Biru yang berada di Banyuwangi juga menjadi salah satu spot snorkelling yang sering didatangi para petualang karena keindahan alam bawah lautnya dan surga terumbu karang yang indah.

Keasrian spot snorkelling ini juga tidak luput dari pengelolaan yang dilakukan oleh GEMURUH – Gerakan Muncar Rumahku, salah satu organisasi yang peduli dengan keasrian alam bawah laut Teluk Biru, Banyuwangi. Keasrian spot snorkelling ini bahkan sudah terlihat dari atas kapal, lho.

Pantai Bama – Baluran, Biota Laut Yang Berwarna-warni

Pantai Bama – Baluran, Biota Laut Yang Berwarna-warni. credit photo: jejakpiknik.com

Perlu sedikit usaha untuk mendapatkan spot snorkelling ini karena letaknya yang sedikit menjorok ke tengah laut. Hal ini dikarenakan beberapa terumbu karang dekat pantai sudah mulai rusak karena beberapa aktivitas tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, kira-kira berjarak 500 meter dari bibir pantai, lo baru bisa melihat berbagai ikan dan biota laut lainnya wara-wiri di depan mata lo nanti. Terumbu karang di jarak ini masih relative sehat sehingga menjadi rumah yang baik bagi para biota laut lainnya.

Gili Labak – Madura, Pesona Alam Bawah Laut Yang Indah

Pantai Bama – Baluran, Biota Laut Yang Berwarna-warni. credit photo: indonesiaexpat.biz

Bro, tidak boleh tertukar nih bahwa Gili Labak bukan berada di Lombok, tetapi ada di Madura! Gili Labak dahulunya adalah sebuah pulau kecil yang dinamai dengan sebutan Pulau Tikus. Pulau kecil yang tidak lebih dari 5 hektar ini menjadi salah satu spot snorkelling terkenal di Pulau Jawa.

Terumbu karang dan biota laut yang cukup bervariasi membuat spot snorkelling ini tidak ayal selalu ramai oleh para petualang yang datang untuk menyelam dan membuktikan sendiri keindahan yang ada di sini.

Pantai Nglambor, Gunung Kidul, Yogyakarta – Surga Untuk Biota Laut

Pantai Bama – Baluran, Biota Laut Yang Berwarna-warni. credit photo: paketwisatabantul.com

Karena ombak pantainya yang cukup tenang, Pantai Nglambor mempunyai spot snorkelling yang cukup aman untuk para petualang. Berbagai jenis ikan kecil dan besar, serta beragai koral dan terumbu karang hidup sehat di sini.

Dengan keindahan alam yang luar biasa itu, masyarakat sekitar juga ikut menjaga kelestarian alam tersebut. Beberapa dari mereka benar-benar melarang para petualang yang nakal menangkap ikan dengan sembarang di spot snorkelling tersebut.

Karimunjawa – Jepara, Spot Snorkelling Yang Cukup Terkenal

Karimunjawa – Jepara, Spot Snorkelling Yang Cukup Terkenal. credit photo: travelingyuk.com

Ombak yang tenang, arus laut yang tidak terlalu kencang, membuat Karimunjawa adalah salah satu spot snorkelling yang diincar banyak petualang untuk didatangi. Bro, perlu lo ketahui nih bahwa Karimunjawa adalah salah satu spot snorkelling yang mempunyai banyak titik selam.

Sebut saja Pulau Kecil, Pulau Tengah, Pulau Cemara Kecil, Pulau Menjangan Kecil, adalah deretan spot snorkelling yang bisa lo salami karena keindahnnya yang luar biasa. Ditambah, di Karimunjawa lo bisa menyelam bersama ikan hiu. Berani coba, bro?

BUNDER (Bangsring Under Water) Rumah Apung – Banyuwangi

BUNDER (Bangsring Under Water) Rumah Apung – Banyuwangi. credit photo: travel.tribunnews.com

Walau memiliki pasir yang berwarna gelap, setidaknya ada terumbu karang yang masih alami terjaga dengan baik keasriannya dan 500 jenis biota laut, khususnya ikan berukuran kecil hingga sedang yang ada di spot snorkelling ini.

Tidak hanya ikan kecil saja, namun Rumah Apung ini merupakan salah satu kawasan konservasi ikan hiu. Jadi, lo tidak perlu mencari ikan predator ini di alam bebas, karena di spot snorkelling ini, lo bisa beramah tamah dengannya secara gratis!

Pantai Pangandaran – Deretan Pantai Selatan Jawa

Pantai Pangandaran – Deretan Pantai Selatan Jawa. credit photo: snorkelingpangandaran.com

Pantai Pangandaran di daerah Sukabumi, dekat dengan Pelabuhan Ratu, adalah salah satu pantai yang cantik dan indah, serta memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Walau berada di selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang ganas, namun spot snorkelling ini tetap berombak tenang.

Taman bawah laut di Pantai Pangandaran ini dijaga ketat oleh para pengawas pantai, lho. Mereka tidak ingin keindahan tersebut, rusak begitu saja oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Wah bagaimana bro? Sudah menentukan spot snorkelling mana dulu yang akan lo datangi?

 

Source

Feature Image - wisatalah.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!