JUN 14, 2018

Travelling ke Gurun Pasir? Siapa Takut? Simak Saja 6 Tips di Bawah Ini!

Siapa bilang travelling ke gurun pasir itu merupakan hal yang menakutkan bro? Asalkan lo simak tips-tips di bawah ini, perjalanan lo akan lancar dan indah tentunya. Penasaran? Cek saja!


Mempunyai keinginan untuk pergi ke padang pasir yang luas serta indah bro? Tentu saja hal itu bukan isapan jempol belaka. Bisa lo realisasikan dengan memperhatikan beberapa hal yang dapat membantu lo dalam melaksanakan perjalanan lo ke padang pasir tersebut.

Padang pasir sendiri memang merupakan sebuah medan yang jarang sekali lo dapatkan di Indonesia. Dan tentunya memiliki cara yang berbeda untuk dapat menikmati waktu berlibur lo di medan tersebut. Tak heran apabila terdapat hal-hal yang berbeda apbila ingin melaksanakan perjalanan lo itu.

Di dunia ini pun terdapat beberapa gurun pasir yang memiliki keindahan serta keunikannya tersendiri. Seperti Gurun Sahara, Gurun Arabia, Gurun Gobi, Gurun Kalahari, Gurun Patagonia dan Gurun Great Victoria.

Dari beberapa gurun tersebut, tentunya akan sangat seru sekali apabila lo dapat mengunjunginya dong bro. Oleh sebab itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai tips yang harus lo perhatikan apabila berlibur atau melakukan perjalanan lo ke gurun pasir tersebut.

Sesuaikan Baju

Baju Yang Sesuai Dengan Kondisi Gurun Pasir. Credit: keadventure.com

Ini merupakan hal pertama yang harus lo perhatikan apabila ingin melakukan perjalanan ke padang pasir. Yaap, dengan kondisi medan yang sangat panas dan kering tersebut, tentunya menggunakan baju yang sesuai merupakan sebuah hal yang penting.

Enggak mungkin dong, di padang pasir yang panas tersebut lo menggunakan baju yang tebal serta berwarna hitam? Gunakanlah baju yang berbahan tipis serta berwarna cerah bro. Karena dengan begitu akan mengurangi rasa panas lo yang diakibatkan oleh kondisi sekitar lo.

Selain itu akan tidak nyaman juga kalau lo tetap menggunakan pakaian tebal pada saat melakukan perjalanan lo di kondisi alam yang panas serta kering tersebut.

Sunblock

Suasana Di Gurun Pasir. Credit: safebee.com

Jangan pernah meremehkan kegunaan dari sunblock itu sendiri. Bukan karena lo orangnya yang manja atau lemah jadi pengunaan sunblock itu tidak terlalu penting. Pola pikir seperti itu sebenarnya sudah mulai harus diubah bro. Sunblock itu sendiri berfungsi untuk melindungi kesehatan dari kulit kita sendiri loh.

Yaa betul, selain itu sunblock juga bisa menghindari kita dari serangan kanker kulit yang tentunya akan merugikan lo. Nah, pada saat di gurun pasir penggunaan dari sunblock merupakan hal yang sangat penting.

Karena sinar UV yang ada di kawasan gurun biasanya akan sangat berbahaya untuk kulit kita. Daripada lo terkena kanker kulit yang akan membuat lo mengeluarkan lebih banyak usaha, mending lo gunakan saja sunblock. Bukan hanya sekedar kulit lo akan terbakar loh bro.

Gunakan Pelindung Kepala

Ilustrasi Penggunaan Pelingdung Kepala. Credit: outsideonline.com/

Selain dari sunblock, jangan lupa untuk membawa sesuatu yang dapat melindungi kepala lo yaa. Mungkin bisa berupa topi atau sehelai kain lebar yang dapat melindungi kepala lo dari terik matahari yang cukup panas tersebut.

Lo juga bisa menggunakan scarf, bandana atau penutup kepala lainnya yang dapat membantu lo mengurangi rasa panas. Satu hal yang perlu lo ketahui ialah kalu sedang berada di gurun pasir, rasa panas yang akan lo rasakan itu bisa menjadi 2 kali lipat.

Alasan pentingnya menggunakan pelindung kepala ialah agar lo tidak mudah pingsan serta pusing. Jadi, jangan lupa membawa pelingdung kepala yaa, agar perjalanan lo di gurun pasir tersebut terasa nyaman serta mulus.

Gunakan Kaca Mata Hitam

Ilustrasi Penggunaan Kacamata Hitam. Credit: modernhiker.com

Bukan hanya sekedar untuk bergaya bro, penggunaan kacamata hitam sendiri memang sangat berpengaruh untuk penglihatan lo selama melakukan perjalanan lo di gurun pasir. Karena memang dengan sinar matahari yang begitu terik, akan mengganggu penglihatan lo apabila tidak menggunakan kaca mata hitam.

Tidak perlu kaca mata hitam yang khusus kok bro, dengan kaca mata berwarna hitam saja sudah cukup meredamkan sinar matahari tersebut yang akan mengganggu mata lo. Dengan kacamata hitam itu sendiri juga dapat melindungi mata lo dari ancaman-ancaman lainnya selain dari terik matahari.

Jadi jangan lupa untuk menggunakan kaca mata hitam yaa bro, karena bukan hanya untuk bergaya saja namun untuk kesehatan dari mata lo.

Banyak Minum

Ilustrasi Perlunya Minuman Di Gurun Pasir. Credit: theactivetimes.com/

Ini dia bro, sebuah poin yang sangat penting apabila melakukan perjalanan lo ke gurun pasir. Persediaan air merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk dapat lo perhatikan. Karena dengan suasana alam yang sangat kering, tentunya akan membuat tubuh sangat memerlukan cairan yang cukup banyak.

Belum lagi kalau tiba-tiba tubuh lo mengalami dehidrasi dikarenakan oleh cuaca serta suasana yang diciptakan oleh gurun pasir itu sendiri. Tentu dengan terik serta panas yang ada di gurun pasir tak mampu menahan belenggu kita untuk dapat meminum air putih nan menyegarkan.

Untuk itu membawa persediaan air minum yang cukup banyak merupakan hal vital. Mungkin apabila lo melakukan perjalan di medan yang biasa hanya membawa 1 hingga 2 botol air putih, jika melakukan perjalanan di gurun pasir diharapkan untuk membawa air putih yang lebih banyak.

Sediakan Jaket

Penggunaan Jaket Di Gurun Pasir. Credit: voloshin.md

Biarpun dengan cuaca yang panas serta terik, membawa jaket di saat perjalanan merupakan hal yang jangan sampai terlupakan yaa. Karena lo tidak akan tahu bilamana terjadi angin kencang yang akan menyerang lo secara tiba-tiba.

Untuk itu menggunakan jaket sebagai pelingdung untuk tubuh pada saat angin kencang datang merupakan hal yang penting dan krusial. Karena di gurun pasir sendiri terkenal dengan angin kencang yang cuku berbahaya apabila lo tidak menggunakan jaket.

Karena di dalam angin tersebut terdapat pasir-pasir yang dapat merusak kulit lo, sehingga hal itu perlu untuk diperhatikan yaa bro.

Jadi bagaimana dengan tips-tips travelling ke gurun pasir di atas? Semoga dapat berguna sebagai panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah selalu kobarkan semangat petualang lo serta jangan berhenti berekplorasi bro!


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!