JUN 14, 2018

Misteri Danau Kakaban yang Belum Terungkap Beserta 6 Fakta Uniknya!

Percaya enggak bro, kalau di Danau Kakaban masih terdapat beberapa misteri yang belum terungkap? Penasaran bukan? Lihat saja informasinya di bawah ini untuk mencari jawabannya. 


Sesuai dengan namanya, Danau Kakaban sendiri memang terletak di Pulau Kakaban yang merupakan bagian dari Kepulauan Derawan. Mengenai keindahan alam, tentunya kawasan ini tidak perlu dipertanyakan kembali bro. Maka tak heran apabila Danau Kakaban sendiri menjadi tempat favorit para pelancong untuk menghabiskan waktu luang mereka. Dan danau ini penuh dengan misteri yang belum terungkap loh!

Danau yang memiliki luas sekitar 5 Km2 ini memiliki keindahan serta keunikan tersendiri. Hal itu pun menjadi daya tarik utama bagi para pelancong untuk dapat melihat serta merasakan keajaiban alam yang ada di dalam kawasan ini. Buat lo yang ingin mengetahui bagaimana sebuah danau yang memilki nilai ataupun estetika, datanglah ke danau ini serta rasakan sendiri.

Oleh karena keunikan serta keindahan tersebut, di dalam artikel ini akan membahas beberpa fakta mengenai danau ini sendiri yang patut untuk lo ketahui. Mulai dari biota yang ada di dalam danau tersebut hingga bagaimana danau ini bisa terbuat secara alami. Menarik bukan? Kalau lo penasaran, simak saja informasi mengenai Danau Kakaban di bawah ini yaa.

Biota Dalam Danau

Biota yang Ada di Dalam Danau Kakaban. Credit: wisatakalimantan.com

Banyak orang yang datang ke Danau Kakaban ini dikarenakan oleh biota yang ada di dalamnya. Yaap, biota yang ada di dalam danau ini memang bisa dibilang sangat unik loh bro. Ubur-ubur merupakan biota tersebut. Mungkin lo akan bertanya-tanya, kok bisa yaa ubur-ubur hidup di dalam danau? Buknnya mereka harusnya hidup di laut.

Nah, pertanyaan seperti itu memang sering sekali muncul apabila lo berkunjung ke sana serta melihatnya secara langsung. Banyak yang beranggapan, kalau Danau Kakaban sendiri dulunya merupakan air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban. Oleh sebab itu, ubur-ubur ini ikut terperangkap di dalam danau ini.

Seiring jalannya waktu, ubur-ubur tersebut bisa beradaptasi sehingga sampai sekarang mereka bisa hidup bahkan berkembang biak di Danau Kakaban. Cara beradaptasi mereka pun cukup unik, karena menggunakan simbiosis mutualisme dengan algae.

Algae sendiri merupakan penghasil makanan dan harus memasak makanan dengan bantuan sinar matahari. Lalu di dalam danau ini terdapat empat jenis ubur-ubur, salah satunya ialah ubur-ubur jenis Cassiopea.

Danau Prasejarah

Indahnya Danau Kakaban. Credit: jejakalam.net

Selain dari biota lautnya, ternyata Danau Kakaban sendiri memiliki keunikan serta fakta yang perlu untuk lo ketahui. Seperti fakta satu ini. Yaaa betul, danau dengan segala keunikannya ini ternyata merupakan danau yang memiliki umur cukup panjang loh.

Bahkan danau ini pun dapat dikategorikan sebagai danau prasejarah yang ada di Indonesia. Jadi selain lo bisa melihat keindahan alamnya yang ada, lo juga bisa membanggakan diri kalau pernah menginjakkan kaki lo di kawasan danau prasejarah. Sebuah pencapaian yang seru bukan?

Banyak yang beranggapan pula kalau Danau Kakaban sendiri memiliki umur sekitar 2 juta tahun lamanya. Kalau dipikir-pikir sih memang danau ini sangat tua serta tentunya menyimpan banyak hal lainnya yang tentu belum banyak orang ketahui.

Dua di Dunia

Ubur-Ubur yang Ada di Danau Kakaban. Credit: inspimundo.com/

Sebuah kebanggaan sebagai warga Indonesia, karena Danau Kakaban ini merupakan sebuah fenomena alam yang sangat langka. Bahkan hanya terdapat dua tempat seperti ini di dunia. Salah satunya ialah Danau Kakaban itu sendiri dan satunya lagi terdapat di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia yang ada di kawasan Tenggara Laut Pasifik.

Nah, selain itu di kawasan Danau Kakaban ini sendiri terdapat hutan bakau yang dihuni oleh kepiting, teripang dan ular laut. Uniknya lagi nih bro, masih terdapat banyak jenis hewan di dalam hutan bakau atau Pulau Kakaban ini sendiri yang belum dapat diidentifikasi.

Oleh karena itu pula, Pulau Kakaban seringkali dijadikan tempat penelitian bagi para ahli baik dari dalam negeri maupun luar negeri bro.

Ubur-Ubur yang Berjalan Kebalik

Suasana di Dalam Danau Kakaban. Credit: paraplou.com

Mungkin ini bisa menjadi salah satu hal yang membuat banyak orang bertanya selain dari keindahan serta bagaimana ubur-ubur tersebut bisa hidup di dalam danau. Iyaa bro, ternyata ubur-ubur yang ada di dalam Danau Kakaban ini memang beda daripada yang lain loh.

Dengan airnya yang sangat tenang, namun menyimpan banyak misteri yang belum terungkap sampai sekarang. Memang kawasan danau ini sangat menarik dan tak akan lepas dari kata unik. Salah satu misteri yang belum terungkap ialah dengan Ubur-Ubur Cassiopeanya yang berjalan terbalik.

Yaa, ubur-ubur tersebut benar- benar berjalan terbalik bro, kakinya menghadap ke atas serta kepalanya menghadap ke bawah. Lalu ubur-ubur ini hanya dapat lo temukan di kawasan Danau Kakaban saja loh bro. Tak hanya itu, ubur-ubur ini juga sangat jinak dan tidak menyengat bro.

Terungkap Pada Malam Hari

Keindahan Alam di Danau Kakaban. Credit: infojakarta.net

Keindahan dari Danau Kakaban sendiri baru akan terungkap sebenarnya pada saat malam hari bro. Karena di waktu tersebut lah, para binatang-binatang yang unik baru keluar dari persembunyian mereka. Dengan warna-warni yang cukup unik tentunya membuat lo akan terpukau dengan keindahan yang mereka pancarkan.

Dikarenakan hal tersebut, banyak ahli yang beranggapan kalau di Danau Kakaban ini masih banyak sekali spesies-spesies aneh akan ditemukan di masa yang akan datang. Asalkan kelestarian dari danau ini selalu terjaga.

Diving atau Snorkeling

Suasana di Dalam Danau Kakaban. Credit: sportourism.id

Buat lo yang memiliki hobi diving atau snorkeling tentunya boleh-boleh saja menikmati keindahan danau ini dengan aktifitas tersebut. Namun untuk selalu diingat ada peraturan-peraturan mengenai danau ini yang berguna untuk menjaga kelestariannya.

Seperti tidak boleh berenang di danau ini dengan cara melompat seperti di kolam renang. Hal itu dikarenakan dapat merusak air danaunya itu sendiri. Air danau akan menjadi keruh serta dapat merobek tubuh dari ubur-uburnya loh.

Memang ubur-ubur yang ada di danau ini sangat jinak, namun jangan lo tangkap yaa. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila kelestarian dari danau ini rusak akibat keteledoran serta keserakahan dari manusianya sendiri.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Danau Kakaban di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa. Jagalah kelestarian alam Indonesia karena itu merupakan sebuah warisan indah yang akan kita berikan ke anak cucu kita. Cintailah alam Indonesia mulai dari hal-hal kecil bro!


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!