JUN 30, 2018

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku

Pantai Ora memiliki keindahan yang luar biasa bro. Bahkan keindahan tersebut dapat membuat Maladewa tidak ada apa-apanya. Penasaran ingin ke sana? Simak dulu tips dan trik untuk ke sana, nih!


Indonesia Timur memang tidak pernah mengecewakan soal destinasi dan spot petualangan, bro. Berbagai keindahan alam yang luar biasa indah tersebar merata di sana, termasuk di Maluku. Ada sebuah pantai, yang keindahannya membuat Maladewa tidak ada apa-apanya. Penasaran seperti apa?

Berlokasi di Pulau Seram, dan masuk ke dalam wilayah atau kawasan Taman Nasional Manusela, yang juga termasuk di dalam dua desa sekaligus, yaitu Desa Sawai dan Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, terdapat sebuah pantai bernama Pantai Ora.

Pantai yang luar biasa indah ini berhasil membuat Maladewa menjadi nomor sekian karena Pantai Ora memang benar-benar indah. Tidak perlu ke luar negeri, bro – Pantai Ora di Maluku ini sudah berhasil membuat para petualang mancanegara, malah berbondong-bondong ke sana untuk menikmati keindahan yang luar biasa tersebut.

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku. credit photo: berbagitrip.blogspot.com

Pantai Ora, sebuah potongan surga yang ditinggalkan di salah satu bumi Indonesia bagian timur ini mempunyai pasir putih yang bersih dan luas menghampar, serta air laut yang bird an jernih, sehingga terlihat dengan mudah kekayaan biota laut di perairan pantai ini.

Berbagai jenis terumbu karang cantik dan sehat, serta berbagai biota laut lainnya, dari ikan-ikan kecil sampai bermacam-macam krustasean yang berwarna-warni, hidup dengan harmonis di perairan Pantai Ora ini. Tidak heran jika snorkelling dan menyelam menjadi salah satu aksi seru yang harus dilakukan ketika berada di sini.

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku. credit photo: olivelatuputty.com

Nah, untuk lo yang sudah penasaran dengan bagaimana cara pergi ke sana, simak bahasan kali ini karena akan mengulas 5 tips dan trik untuk lo yang akan berpetualang ke Pantai Ora yang ada di Maluku ini.

Beli Tiket Pesawat Dari Jauh-Jauh Hari

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku. credit photo: merametours.com

Terletak di Pulau Seram, jelas bahwa lo harus sampai di Ambon terlebih dahulu, dan untuk sampai ke sana, salah satu yang mudah adalah naik pesawat terbang. Namun, untuk melihat ketersediaan tiket untuk pergi ke sana, jelas lo harus pesan tiket pesawat tersebut dari jauh-jauh hari.

Hal ini juga akan bermanfaat untuk lo karena biasanya, harga tiket pesawat yang dipesan untuk penerbangan nanti tergolong cukup murah. Jadi, lo masih bisa berhemat di perjalanan ini. Selain itu, lo bisa menggunakan berbagai promo atau diskon yang disediakan oleh berbagai agen perjalanan.

Untuk memesan tiket pesawat ini, lo juga bisa memerhatikan beberapa waktu prime time yang membuat harga tiket pesawat lebih mahal. Sebaiknya perhatikan dan pesan tiket saat bukan waktu liburan. Biasanya, kalau sudah masuk liburan, harga tiket tersebut bisa ikut naik.

Mengetahui Rute Yang Akan Diambil

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku. credit photo: berbagitrip.blogspot.com

Setidaknya ada dua rute yang bisa lo ambil saat akan berpetualang ke Pantai Ora ini. Rute tersebut juga bergantung dengan keadaan alat transportasi yang berbeda-beda.

Rute Pertama yang bisa lo ambil adalah jalur laut, artinya setelah mendarat di Bandara Pattimura, Ambon, segera naik taksi untuk menuju ke Pelabuhan Tulehu. Dari sini, lo akan naik kapal lagi dengan waktu perjalanan 2 jam untuk sampai ke Pelabuhan Amahai. Ongkos perjalanan tersebut akan memakan biaya Rp. 150.000/orang.

Setelah sampai di Pelabuhan Amahai, lo juga masih harus naik angkutan umum yang menuju Desa Sawai. Perjalanan di angkutan umum tersebut akan memakan waktu 2 jam. Setelah sampai di desa, lo masih harus menyebrang lagi menuju Pantai Ora dengan kapal bermotor selama 10 menit saja.

Rute lainnya yang bisa lo tempuh jika berpetualang dengan teman-teman adalah mengambil jalur darat dengan menyewa mobil dari Bandara Pattimura ke Desa Sawai. Rute ini memelukan waktu tempuh yang lama. Sekitar 1 hari satu malam, karena rute ini lebih jauh. Biaya perjalanan dalam rute ini bisa sampai Rp. 1.000.000/mobil.

Pilih Akomodasi Yang Sesuai Dengan Budget

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku. credit photo: wisatadiindonesia.com

Rasanya kurang lengkap kalau lo tidak bermalam di Pantai Ora. Ada beberapa akomodasi penginapan yang bisa lo pilih dengan bebas saat berpetualang di Pantai Ora ini. Salah satu akomodasi penginapan yang terkenal adalah cottage yang mengambang di deret pantai dan laut Pantai Ora ini.

Cottage yang terbilang cukup mewah ini memang mempunyai harga lebih mahal dari pada akomodasi penginapan lainnya. Namun, pemandangan indah dan suasana yang luar biasa seru adalah bandingan dari harga mahal tersebut.

Terlebih, cottage ini terbatas jumlahnya, jadi lo juga harus memesan cottage ini dari jauh-jauh hari untuk mendapatkannya. Nah, selain cottage mewah tersebut, untuk lo yang ingin berbaur dengan masyarakat sekitar, akomodasi penginapan homestay adalah yang terbaik!

Selain lebih murah, lo bisa dengan langsung berinteraksi dengan masyarakat sekitar karena rumah mereka bisa disewakan menjadi homestay. Cukup ramah masyarakat sekitar di Pantai Ora, sehingga petualangan lo di sini dijamin semakin seru.

Nah, selain itu, jika lo datang bersama teman-teman dan ingin berkemah, salah satu spot terkenal untuk mendirikan tenda di sekitar Pantai Ora adalah di Sungai Belanda. Sungai yang bermuara di Pantai Ora ini mempunyai lokasi dekat dengan tebing-tebing curam, sehingga pemandangannya jelas luar biasa indah.

Bawa Semua Hal Yang Diperlukan – Snorkeling dan Diving

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku. credit photo: wisatalah.com

Untuk lo yang sudah mengincar snorkelling dan diving, sila bawa perlengkapan sendiri, bro. Walau destinasi Pantai Ora ini sudah cukup terkenal, belum ada informasi jika Pantai Ora mempunyai fasilitas penyewaan alat-alat snorkelling dan diving.

Oleh sebab itu, sebaiknya lo bisa membawa segala hal yang diperlukan untuk snorkelling atau diving.

Waktu Paling Tepat Untuk Datang ke Pantai Ora

Pantai Ora, 5 Tips Untuk Datang ke Potongan Surga Terembunyi di Maluku. credit photo: kabarwisata.com

Berdekatan dengan laut lepas khas Maluku, musim panas adalah salah satu waktu yang tepat untuk berpetualang ke Pantai Ora. Selain pemandangan akan terlihat jelas, dan sedikit rasa panas, namun musim panas adalah salah satu waktu yang tepat untuk datang ke sana.

Musim panas juga menjadi salah satu momen para biota laut berkembang biak, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pemandangan alam bawah laut yang luar biasa indah sangatlah besar.

Wah bagaimana nih bro? Apakah lo semakin penasaran dengan Pantai Ora? Oh iya, jika lo mengetahui beberapa tips lain selain yang sudah disebutkan di atas, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ya. Tips tersebut pasti akan berguna untuk para petualang yang akan datang ke sana.

 

Source

Feature Image - ksmtour.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Iksanwish
July 12, 2018 at 7:06 PM

Waoooow kereen...


johanes pratama
August 3, 2018 at 12:02 AM

Keren poll


johanes pratama
August 6, 2018 at 1:07 PM

Jsjjwjwjkwkw