JUN 30, 2018

Embung Kledung, 5 Fakta Menarik Dibalik Replika Gunung Fuji Jepang!

Apa itu Embung Kledung? Nah, bukan Gunung Fuji atau Gunung Sindoro yang akan dibahas, namun Embung Kledung yang akan menjadi primadona dalam ulasan kali ini. Semakin penasaran apa itu Embung Kledung? Simak ulasan kali ini, ya.


Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Fuji di Jepang? Keindahan destinasi dan spot petualangan tersebut sudah terkenal seantero dunia. Tidak heran jika Gunung Fuji selalu ramai oleh para petualang saban harinya.

Eits, bukan Gunung Fuji sungguhan nih yang akan di bahas di ulasan kali ini, bro. Indonesia sendiri mempunyai satu spot petualangan yang mirip dengan Gunung Fuji di Jepang, yaitu, Guung Sindoro. Gunung Sindoro akan mirip sekali dengan Gunung Fuji jika lo melihatnya dari Embung Kledung.

Apa itu Embung Kledung? Nah, bukan Gunung Fuji atau Gunung Sindoro yang akan dibahas, namun Embung Kledung yang akan menjadi primadona dalam ulasan kali ini. Semakin penasaran apa itu Embung Kledung? Simak ulasan kali ini, ya.

Embung Kledung, 5 Fakta Menarik Dibalik Replika Gunung Fuji Jepang! credit photo: liburs.com

Embung Kledung adalah sebuah danau atau kolam besar buatan, yang kebetulan letaknya di Temanggung, persis berderetan dengan Gunung Sindoro. Walau hanya dari kejauhan, dan yang seperti disebutkan sebelumnya, Gunung Sindoro mirip dengan Gunung Fuji jika dilihat dari sisi ini.

Waduk Mini Dengan Beragam Manfaat

Embung Kledung, 5 Fakta Menarik Dibalik Replika Gunung Fuji Jepang! credit photo: tempatwisatajos.com

Sebagai danau atau kolam besar buatan yang berada di lereng Gunung Sindoro, Embung Kledung mempunyai banyak manfaat untuk masyarakat sekitar. Selain menjadi destinasi wisata dan petualangan karena pemandangannya yang indah, Embung Kledung mempunyai fungsinya tersendiri.

Sebagai waduk mini yang terletak di lereng Gunung Sindoro, Embung Kledung mempunyai fungsi sebagai penampung air saat tengah musim hujan, dan akan dibutuhkan saat musim panas atau kemarau.

Air dari Embung Kledung dialirkan ke berbagai kebutuhan, terutama irigasi air untuk persawahan dan perkebunan. Oleh karena itu, Embung Kledung mempunyai peran penting dan dirawat dengan baik oleh masyarakat sekitar di sana.

Rute Menuju Embung Kledung

Embung Kledung, 5 Fakta Menarik Dibalik Replika Gunung Fuji Jepang! credit photo: cakrawalatour.com

Lokasi waduk mini ini berada di Kecamatan Kledung, dengan luas mencapai 6.889 meter persegi, waduk ini mampu menampung air yang banyak untuk berbagai kebutuhan. Perlu lo ketahui nih bro, kalau waduk ini baru saja jadi dari pembangunannya yang dimulai pada tahun 2010.

Waduk ini dahulunya adalah perkebunan tembakau. Namun, sekarang lahan perkebunan tersebut sudah menjadi danau yang indah pemandangannya, dan mempunyai peran penting untuk sekitarnya. Untuk sampai ke sini, lo bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Cukup mudah, lo bisa langsung menuju ke arah Parakan, setiba di sana, banyak petunjuk untuk sampai ke Embung Kledung ini. Karena aksesnya yang mudah, tidak heran jika Embung Kledung selalu terlihat ramai pengunjung.

Agrowisata Dengan Pemandangan Istimewa

Embung Kledung, 5 Fakta Menarik Dibalik Replika Gunung Fuji Jepang! credit photo: mbakfajriitut.wordpress.com

Jika dahulu kawasan Kledung ini adalah lahan perkebunan tembakau, maka sekarang sudah beralih menjadi salah satu kawasan terpadu agrowisata. Berbagai tanaman bisa ditemukan di sini, dari berbagai jenis bunga, tanaman buah dan sayuran.

Agrowisata ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para petualang yang datang ke sini. Sektor agrowisata ini juga selalu dikembangkan untuk menjadi kawasan andalan untuk berwisata. Oleh karena itu, berbagai fasilitas dibangun.

Dengan begitu, Embung Kledung akan menjadi saingan bagi spot dan destinasi petualangan serta wisata lainnya, karena keindahan pemandangan alamnya yang luar biasa indah. Untuk lo yang ingin membawa buah tangan dari sini, buah atau sayuran merupakan buah tangan yang ikonik dari sini.

Pemandangan Seindah Gunung Fuji, Jepang

Embung Kledung, 5 Fakta Menarik Dibalik Replika Gunung Fuji Jepang! credit photo: bacaartikel.com

Dari Embung Kledung, terlihat Gunung Sindoro yang gagah berdiri kokoh layaknya Gunung Fuji di Jepang. Tidak ayal pemandangan yang mirip ini juga menjadi salah satu daya tarik utama dari Embung Kledung.

Embung Kledung, sebuah waduk mini yang mempunyai pemandangan indah ini memiliki berbagai daya tarik lho. Salah satunya adalah kumpulan ikan mas yang berwarna-warni. Pemandangan tersebut akan sangat memanjakan mata nih, bro.

Selain itu, lo bisa mampir ke kebun teh yang sejuk dan merekam berbagai aksi seru dalam bentuk foto dan video di sana. Maklum, kebun teh di Embung Kledung juga instagrammbale. Jadi, tidak heran jika banyak petualang yang datang ke sini, mengabadikan momen seru mereka dan mengunggahnya ke sosial media, khususnya Instagram.

Musim Panas, Waktu Terbaik Untuk ke Embung Kledung

Embung Kledung, 5 Fakta Menarik Dibalik Replika Gunung Fuji Jepang! credit photo: detiktravel.com

Musim panas adalah waktu terbaik untuk datang ke Embung Kledung. Mengapa? Karena pada waktu ini, pemandangan akan sangat jelas dan tidak tertutup oleh kabut. Biasanya, jika pada musim penghujan, kabut suka turun ke Embung Kledung, dan menutupi pemandangan yang indah tersebut.

Kemudian, suhu saat musim panas di sana bukan berarti lantas juga ikut naik, lho. Sejuk bahkan cenderung dingin juga masih akan terasa. Bayangkan jika lo datang ke sana saat musim hujan, suhu di sana sudah tidak perlu lo ragukan lagi dinginnya.

Oleh karena itu, siapkan baju hangat serta jaket jika lo mau tidak mau datang ke sana saat musim hujan, ya. Oh iya, karena Embung Kledung tengah dalam tahap pengembangan fasilitas, tidak ada salahnya jika lo membawa bekal sendiri, ya.

Wah bagaimana nih? Apakah lo semakin penasaran dengan keindahan yang ada di Embung Kledung? Kalau iya, langsung saja nih siapkan hari libur, budget secukupnya, berkemas, dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - travelingyuk.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!