JUN 16, 2018

Anatomi Bagian-Bagian Penting Dalam Papan Skateboard Lo Bro!

Sebagai pemain skateboard tentunya harus mengetahui mengenai bagian-bagian apa saja yang ada di papan lo. Jangan hanya tahu cara bermainnya saja dong bro, penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini!


Skateboard merupakan permainan atau olahraga ekstrim yang akan memacu adrenalin lo. Melompat dengan menggunakan papan dengan rintangan-rintangan yang ada merupakan hal biasa apabila bermain skateboard. Namun apakah lo sudah tahu mengenai mengenai bagian-bagian dari papan yang lo gunakan tersebut?

Karena memang sebagai pemain atau buat lo yang ingin baru memulai permainan ini, harus mengetahui secara detail mengenai apa saja yang menjadi bagian dari papan atau media yang lo gunakan tersebut. Jangan hanya tahu bagaimana cara bermainnya saja bro.

Ternyata papan yang lo gunakan tersebut juga memiliki umur serta harus dengan skala yang benar untuk lo servis loh bro. Membersihkan serta merawat papan tersebut juga bagian dalam permainan ini. Hal tersebut dilakukan agar lo selalu lancar serta mengurangi kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan dapat terjadi.

Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan membahas sedikit mengenai bagian-bagian dari papan yang biasa lo gunakan dalam bermain skateboard ini bro. Langsung simak saja beberapa informasi seputar papan tersebut di bawah ini dan semoga informasi ini dapat berguna untuk lo bro.

Deck

Contoh Deck yang Masih Polos. Credit: kidrobot.com/

Deck sendiri merupakan bagian dari skateboard yang biasa menjadi tempat tumpuan kedua kaki lo. Atau bisa dibilang juga merupakan papannya itu sendiri. Terbuat dari bahan kayu yang cukup solid sehingga akan selalu kuat untuk dimainkan dalam jangkat waktu tertentu.

Deck juga menjadi tempat dimana roda dari skateboard sendiri tertanam. Roda tersebut tepat berada di bawah deck ini sendiri. Dan terdapat bagian nose dan tail yang merupakan sebuah pijakan yang berada di depan dan belakang deck bro.

Biasanya deck ini sendiri terdiri atau terbuat dari 7 hingga 9 lapisan kayu yang kuat serta delaminating sedemikian rupa sehingga menciptakan sebuah papan yang tebal. Lebar dari deck biasanya mulai dari 7.25 hingga 8.25 inci. Untuk panjangnya sendiri memiliki ukuran sepanjang 29” dan 33” inci.

Berbicara mengenai durabilitas dari deck ini tergantung dari pemakaiannya juga bro. Semakin sering dimainkan tentunya umur dari deck itu sendiri akan semakin pendek. Namanya juga bermain skateboard bro, mengalami deck patah merupakan hal yang sangat wajar kok.

Nose & Tail

Perbedaan Antara Nose dan Tail. Credit: primitiveskate.com

Masih dalam bagian dari deck itu sendiri, nose merupakan bagian penting dimana lo bisa melakukan berbagai trik dari skateboard itu sendiri. Nose itu sendiri biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih lebar ketimbang tail.

Namun untuk peletakan posisinya sebenarnya bisa didepan atau dibelakang sih bro, tergantung bagaimana nyaman lo saja. Cuman biasanya nose diletakkan pada posisi depan dari deck. Jadi kalo lo ingin bermain skateboard jangan lupa untuk mengetahui perbedaan dari nose atau tail yaa.

Sekarang akan membicarakan mengenai tail. Masih termasuk ke dalam bagian dari deck, namun biasanya tail memiliki ukuran lebar yang lebih kecil ketimbang nose. Dan biasanya tail ini dijadikan tumpuan untuk lo bisa menendang skateboard atau papan lo.

Tail ini juga yang akan membantu lo untuk bisa mengudara sembari melakukan beberapa trik skateboard yang unik serta menantang. Mengenai letak dari tail ini sendiri sebenarnya tergantung kenyamanan lo saja.

Paling mudah untuk membedakan nail atau nose itu sendiri sebenarnya bisa dilihat dari lebarnya bro. Jadi, lo sudah tahu dong perbedaan antara nose atau tail itu sendiri bro?

Mounting Holes

Mounting Holes Pada Skateboard. Credit: rogerskateboards.com/

Untuk bagian dari skateboard satu ini merupakan hal yang sangat mudah dan sederhana untuk lo ketahui. Mungkin pada awal atau pertama kali melihat dari bentuk papan atau deck itu sendiri, lo akan langsung mengetahui bagian mana yang disebut dengan mounting holes.

Sesuai dengan namanya, mounting holes sendiri memang merupakan lobang yang ada di bagian deck yang memiliki fungsi sebagai tempat dimana roda dan trucks lo dapat tertanam. Mounting holes sendiri akan berjumlah 8 lubang.

4 lubang berada di bagian depan serta 4 lubang berada di bagian belakang. Mounting holes ini sendiri merupakan salah satu fitur di dalam skateboard yang sangat penting. Karena bila mounting holes ini tidak ada, tentunya lo tidak akan bisa memasang trucks atau roda dan lo tidak bisa bermain skateboard tanpa rda dan trucks lo.

Ply

Contoh Ply Pada Papan Skateboard. Credit: alibaba.com

Ply sendiri merupakan bagian yang berada di dalam papan atau deck skateboard lo bro. Ply itu merupakan lapisan kayu yang ada di dalam papan lo. Biasanya akan terdapat 7 hingga 9 ply yang akan dilaminating serta akan berbentuk sebuah papan yang solid serta kuat.

Tentu saja semakin banyak yang digunakan maka durabilitas dari papan yang lo gunakan akan semakin lama, namun akan sedikit lebih berat. Sebaliknya apabila ply yang digunakan di dalam papan semakin sedikit mara durabilitasnya akan berkurang, namun memiliki beban yang lebih ringan. Semua itu kembali lagi ke lo bro, dimana lo bisa nyamannya saja sih.

Wheel Bite

Ilustrasi Wheel Bite Pada Skateboard. Credit: blog.buyskateshoes.com/

Wheel bite ini sebenarnya bukan merupakan sebuah bagian dari papan atau deck skateboard itu sendiri. Namun ini merupakan sebuah sebutan apabila lo terlalu kencang memutar pada saat pemasangan ban lo di trucks. Jika terlalu kencang maka kemungkinan ban akan berhenti secara tiba-tiba akan semakin besar.

Untuk itu pada saat pemasangan ban pada trucks lo harap untuk lebih diperhatikan. Kekuatan dalam memutar ban satu dengan yang lainnya harus memiliki kekuatan yang atau seimbang. Sehingga ban lo dapat berseluncur dengan baik dan tidak terhenti secara tiba-tiba.

Wheel Base

Contoh Wheelbase Pada Skateboard. Credit: euroskateshop.uk

Wheel base sendiri bukan termasuk ke dalam bagian dari papan atu deck skateboard itu sendiri. Namun wheel base ini adalah jarak antara mounting hole bagian depan dan belakangnya bro. Hal ini perlu diperhatikan agar kenyamanan lo dalam bermain skateboard dapat tercipta.

Tentunya semakin panjang kaki lo, jarak yang diperlukan tentunya akan semakin panjang. Oleh sebab itu perhatikan wheel base pada papan yang akan lo beli atau gunakan yaa bro.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar papan skateboard di atas? Semoga bisa berguna sebagai informasi pada saat lo ingin mengganti atau membeli papan yaa. Selalu utamakan keselamatan dan jangan mudah menyerah bro, lo pasti akan sampai pada titik yang lo inginkan asalkan selalu gigih!

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Iksanwish
July 22, 2018 at 1:47 AM

Nice info