Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Berkunjung ke Bali? Jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Atuh bro. Selain karena keindahannya, lo akan mendapatkan beberapa kejutan yang menarik tentunya. Enggak pecaya? Lihat saja informasinya di bawah ini. 

Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Bali, pada saat lo mendengar mengenai pulau tersebut, tentunya sebuah keindahan alam yang memukau selalu menjadi topik utama pada saat berbicara mengenai pulau itu sendiri. Pulau dengan berjuta keindahan serta keajaiban itu memang selalu menjadi destinasi para pelancong. Salah satu spot yang harus lo kunjungi ialah Pantai Atuh.

Di Bali sendiri bukan hanya Pantai Kuta saja yang memiolki daya tarik yang tinggi bro, banyak pantai-pantai yang belum terekspos terdapat di dalam kawasan Pulau Dewata ini. Pantai Atuh misalnya, pantai yang terletak di Nusa Penida ini memiliki pesona yang sangggup menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Baik di musim liburan atau tidak, pantai ini selalu ramai dikunjungi.

Berbicara mengenai panorama alam, Pantai Atuh merupakan sebuah tempat yang memang menjadi tempat utama dalam mencari keindahan tersebut. Bagi para penikmat fotografi, tentunya kawasan ini bagaikan harta karun yang menyimpan spot-spot serta momen indah yang layak untuk diabadikan.

Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas beberapa hal yang unik atau fakta-fakta menarik dari pantai ini sendiri. Karena memang kawasan pantai ini sangat layak untuk diapresiasikan karena keindahan serta keunikannya yang ada. Berikut beberapa informasi mengenai pantai ini bro.

Berpasir Putih Nan Lembut

Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Keindahan Pasir Putih di Pantai Atuh. Credit: journeyera.com

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini ialah dengan tersedianya hamparan pasir putih yang le,but. Bukan hanya sekedar lembut, hamparan pasir putih di Pantai Atuh sendiri juga memiliki lanskap yang indah. Bahkan seringkali dibandingkan dengan Raja Ampat di Papua.

Pemandangan dengan gugusan pulau-pulau karang yang memukau juga menjadi paket yang indah apabila lo berkunjung ke pantai ini. Tak heran apabila Pantai atuh disebut sebagai Raja Ampanya Nusa Penida. Tak hanya pasir putih, namun pantai ini juga menyimpan banyak karang-karang besar yang perlu untuk lo ketahui.

Pulau Karang Besar

Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Suasana di Pantai Atuh. Credit: beepdo.com

Bukan hanya hamparan pasir putihnya saja nih bro ternyata, lo juga bisa mendapatkan pulau karang yang berukuran besar dan tentunya memiliki keindahan serta keunikan yang mungkin hanya bisa lo dapatkan di kawasan pantai ini.

Pulau karang yang memilki ukuran besar tersebut di antara lain ialah Pulau Batu Melawang/Pepadasan, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah dan Pulau Bukit Jineng. Keempat pulau karang tersebutlah yang menjadi daya tarik lainnya dari Pulau Atuh ini yang selalu menjadi magnet bagi para pelancong.

Airnya yang Jernih

Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Airnya yang Jernih di Pantai Atuh. Credit: infokebali.com/

Dengan hamparan pasirnya yang putih, jangan lupa loh bro untuk bersantai-santai sambil berjemur atau bermain pasir. Dan yang terpenting ialah dengan kondisi airnya yang cukup jernih sehingga ketika sedang surut, keindahan biota bawah lautnya terlihat sangat menawan.

Kembali lagi dengan kondisi alamnya yang sangat indah ini, tentunya mengabadikan momen merupakan hal yang tepat untuk lo lakukan. Perpaduan antara hamparan pasir putih serta pulau karang yang besar merupakan sebuah latar belakang yang bisa lo ubah menjadi sebuah mahakarya.

Mahakarya Alami

Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Keindahan Alam di Pulau Atuh. Credit: klikhotel.com

Mungkin ini sebuah ungkapan kata yang tepat apabila menggambarkan keindahan yang ada di Pulau Atuh. Semuanya benar-benar terlihat sangat indah, perpaduan warnya dari biru, hijau dan putih merupakan warna yang dominan terpancarkan dari pantai ini.

Belum lagi dengan suasana serta anginnya yang menambah kesan eksotis dari wilayah ini. Lo akan merasakan seperti sedang berada di sebuah wilayah di ujung bumi dengan keindahan-keindahan alamnya yang ada. Tak heran pula apabila Pulau Atuh ini sendiri menjadi salah satu kawasan destinasi alam yang sering mendatangkan wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Apabila lo sedang berkunjung ke Nusa Penida, jangan lupakan destinasi satu ini yaa bro. Karena akan sangat disayangkan apabila lo melewatkan sebuah tempat dimana keindahan alam berkumpul menjadi satu.

Batu Bolong di Pantai Atuh

Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Suasana di Pantai Atuh. Credit: klikhotel.com

Dari mahakarya yang alami tersebut, pulau karang yang paling menarik untuk lo kunjungi di Pantai Atuh ialah Pulau Batu Melawang. Pulau ini merupakan pulau terbesar yang ada di Pantai Atuh. Uniknya adalah di pulau ini terdapat sebuah lubang raksasa atau semacam terowongan karang. Oleh karenanya masyarakat sering menyebutnya sebagai “batu bolong”.

Terdapat sebuah pemikiran di masyarakat lokal yang percaya kalai setiap perahu nelayan yang akan berlayar ke lautan lepas dari Pantai Atuh harus lewat lubang di Pulau Batu Melawang terlebih dahulu. Bahkan hingga saat ini tidak ada yang bereani melanggar mitos tersebut karena memiliki nilai magis tersendiri.

Nama Atuh berasal daru sebuah mata air yang ada dekat lokasi Pantai Atuh ini. Tepatnya berada di sebelah barat Pura Atuh. Mata air ini sampai sekarang masih dipergunkan oleh penduduk sekitar. Uniknya, meski berada dekat dengan garis pantai, namun airnya tidak terasa asin sama sekali.

Bahkan pada saat musim kemarau tiba, mata air tersebut tidak pernah kering. Itulah mengapa lokasi pantai ini dinamakan Atuh yang diambil dari kata “A” berarti ‘tidak dan “Tuh” berarti ‘kering’, sehingga dapat diasumsikan yang berarti tidak pernah kering.

Cara Menuju ke Pantai Atuh

Berjuta Keindahan dan Keajaiban Alam Bercampur di Pantai Atuh, Bali

Pantai Atuh yang Indah. Credit: nusacoconuttour.com/

Pantai Atuh sendiri masuk ke dalam wilayah Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Jalur untuk mencapainya melalui laut dari dermaga Pantai Sanur, pantai Kusamba Klungkung atau Pelabuhan Padang Bali untuk menuju ke Pulau Nusa Penida.

Pada saat lo sampai di Nusa Penida, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan darat dan alat transportasi terbaik adalah menggunakan sepeda motor. Kurang lebih lo memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk perjalanan dari Pelabuhan Sampalan hingga Pantai Atuh. Untuk penyewaan sepeda motor untuk berkeliling objek wisata di kawasan Nusa Penida sendiri akan dikenakan biaya sekitar Rp 75.000 per hari.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pantai Atuh di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo sehingga dapat berguna pada saat lo berkunjung ke sana nantinya. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo serta jangan berhenti bereksplorasi bro!

Wilderness Beginner travelling pantai bali
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!