MAY 15, 2018

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

Lo perlu mengetahui nih 7 jenis-jenis helm yang bisa lo sesuaikan dengan medan petualangan lo. Bro, karena medan petualangan tidak selalu hutan rimba atau terjalnya trek pegunungan, ya. Bahkan, jalanan ibu kota bisa jadi medan petualangan untuk lo, nih.


Bro, untuk lo yang senang touring atau berpetualang dengan mengendarai motor, salah satu perlengkapan yang harus digunakan adalah helm. Helm, sebagai penutup kepala berfungsi untuk melindungi bagian utama tersebut jika semisal terjadi kecelakaan.

Nah, karena tidak ada yang tahu kapan, di mana dan bagaimana kecelakaan tersebut terjadi, ada baiknya untuk lo yang suka berpetualang jauh bahkan menembus alam bebas di luar sana, lo membutuhkan helm yang kuat.

Namun, untuk lebih umumnya, lo perlu mengetahui nih 7 jenis-jenis helm yang bisa lo sesuaikan dengan medan petualangan lo. Bro, karena medan petualangan tidak selalu hutan rimba atau terjalnya trek pegunungan, ya. Bahkan, jalanan ibu kota bisa jadi medan petualangan untuk lo, nih.

Penasaran bagaimana saja jenis-jenis helm tersebut, sila simak bahasan kali ini, ya!

Helm Catok – Shory Helmet

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor! credit photo: warungkopi.okezone.com

Memiliki bentuk seperti tempurung kura-kura, helm ini biasanya digunakan para petualang yang malas menutupi seluruh kepalanya dengan alasan suka kepanasan. Bentuknya hampir mirip dengan topi biasa, namun berbahan material yang lebih keras.

Perlindungan yang didapat dari helm ini sangat sedikit. Bagian telinga, kepala belakang, dan wajah bahkan dibiarkan terbuka begitu saja. Biasanya para pengendara atau petualang yang menggunakan helm ini, menambah kacamata sebagai pelindung matanya.

Karena minim proteksi, untuk lo yang senang berpergian jauh, atau berpetualang menembus kota-kota dipelosok daerah, helm ini tidak direkomendasikan, ya. Nah, tetapi untuk lo yang senang menyusuri ibu kota, jalanan beraspal dengan menggunakan sepeda, helm ini cocok untuk lo.

Helm Half Face

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor! credit photo: touwanishop.com

Half Face Helmet ini bisa dibilang lebih aman daripada helm catok sebelumnya, yang sudah dijelaskan di atas. Proteksi pada bagian belakang kepala, telinga, serta dilengkapi dengan visor untuk menutupi wajah, helm ini cocok untuk digunakan bagi para pemotor.

Namun, lagi-lagi helm ini masih belum direkomendasikan untuk lo yang suka berpergian serta berpetualang jauh. Hal ini dikarenakan oleh bagian bawah dari kepala lo belum dilindungi sepenuhnya. Helm half face ini adalah salah satu helm yang paling umum di Indonesia.

Pasalnya, helm ini kerap dijadikan bonus bagi para penjual motor kepada para pembelinya. Nah, untuk lo yang senang berkendara di dalam kota, helm half face ini cocok untuk lo karena tidak ada rintangan yang begitu berarti untuk dilalui.

Helm Open Face

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor! credit photo: zeus-helmets.co.id

Mirip dengan helm catok karena desainnya yang sederhana, bulat hanya benar-benar mengikuti bentuk kepala, helm open face ini digemari mereka yang suka berpetualang dengan motor klasik. Bentuknya yang sederhana, cukup serasi dengan paduan motor-motor berjenis klasik.

Nah, karena motor klasik tidak banyak digunakan untuk berpetualang jarak jauh, helm open face ini juga kurang cocok untuk lo gunakan saat touring jauh. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya penutup atau proteksi untuk bagian wajah depan.

Oleh karena itu, tidak bijak sih untuk menggunakan helm ini untuk berkendara jauh, seperti touring menembus kota-kota yang tersebar di mana-mana. Kebanyakan dari mereka yang menggunakan helm ini hanya untuk sekitaran dalam kota saja.

Helm Full Face

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor! credit photo: hellosehat.com

Ya, kalau yang ini, cocok sekali untuk berkendara jauh, atau touring. Helm full face adalah helm yang memberi proteksi menyeluruh untuk kepala lo. Seluruh bagian terlindungi, tidak terkecuali di bagian dagu lo yang juga tertutup.

Helm jenis ini adalah standar untuk berpetualang jarak jauh dengan motor, nih. Hal ini dikarenakan keamanan dan kenyamanan saat digunakan karena terlindung dari hujan, debu, kerikil atau bahkan serangga.

Namun, walau begitu, helm full face juga masih memiliki kekurangan, lho. Salah satu kekurangan helm full face adalah sudut pandang serta pendengaran yang terbatas. Oh iya, untuk lo yang ingin membeli helm jenis ini, siapkan budget yang cukup karena beberapa merk membanderol harga helm ini cukup tinggi.

Helm Modular – Flip Up

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor! credit photo: tokopedia.com

Helm modular ini termasuk ke dalam helm jenis full face. Namun, kelebihan helm ini yang tidak dimiliki helm full face adalah pengendara atau para petualang bisa membuka bagian depan atau pelindung wajah, dari dagu didorong ke arah atas.

Dengan begitu, helm modular ini bisa menjadi helm full face atau sekedar helm half face. Nah. Helm seperti ini juga direkomendasikan untuk berpetualang ke manapun, lho. Helm ini cukup diminati oleh para petualang yang suka touring jarak jauh.

Hal tersebut dikarenakan si pengendara jauh lebih mudah untuk minum atau makan tanpa melepas helmnya terlebih dahulu. Namun, saat dalam perjalanan, sebaiknya konsentrasi serta fokus ke pengendalian kendaraan, ya!

Helm Cross / Trail

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor! credit photo: semarmotoblog.com

Betul, bro – helm ini sebenarnya dikhususkan untuk para pengendara motor trail. Namun, sekarang ini, helm cross ini juga sering terlihat digunakan oleh para petualang yang menggunakan atau mengendarai motor-motor enduro.

Cukup berbeda sekali helm ini dengan jenis helm lainnya. Perbedaan signifikan terdapat pada perlindungan dagu yang seperti moncong maju ke depan. Proteksi maksimal ini jelas menghindari atau setidaknya mengurangi resiko cidera pada dagu.

Helm Enduro / Dual Sport Helmet

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor!

7 Jenis Helm Untuk Lo Yang Suka Berpetualang Dengan Motor! credit photo: adventuriderz.com

Wah, kalau jenis helm terakhir ini, adalah helm yang wajib para petualang gunakan untuk berpetualang sejauh manapun, lho. Hal ini dikarenakan oleh helm endure adalah gabungan dari helm full face sport dan helm cross.

Dengan proteksi yang sangat maksimal, helm ini dengan tangguh akan melindungi seluruh bagian dari kepala lo. Helm ini cukup ringan tetapi berbahan dasar yang kuat. Oleh karena itu, siapkan kocek lebih untuk lo yang sudah naksir helm jenis ini, ya.

 

Source

Feature Image - motorcyclistonline.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!