APR 17, 2018

Mengenal Interkom, Gear Yang Membuat Mudah Berkomunikasi Saat Petualangan

Interkom yang paling terkenal dan banyak digunakan para petualang, ataupun motovlogger, adalah interkom bermerk sena. Lalu, sebenarnya, apa pentingnya menggunakan interkom ini?


Untuk yang suka berpetualang dengan menggunakan kendaraan bermotor, gear yang satu ini wajib lo miliki, demi komunikasi yang lancar. Tidah sedikit salah paham saat touring jauh karena komunikasi yang tidak baik. Oleh karena itu, gear ini merupakan jawaban dari masalah tersebut.

Bisa dibilang termasuk dalam kategori handsfree, tapi gear yang satu ini sudah lebih canggih dari pada sekedar handsfree, gear tersebut adalah Bluetooth interkom. Memang masih jarang digunakan oleh para petualang, penjualannya di Indonesia pun biasa saja.

Interkom yang paling terkenal dan banyak digunakan para petualang, ataupun motovlogger, adalah interkom bermerk sena. Lalu, sebenarnya, apa pentingnya menggunakan interkom ini?

Mengenal Interkom, Gear Yang Membuat Mudah Berkomunikasi Saat Petualangan. credit photo: br.pinterest.com

Bro, saat lo sedang touring, berbicara pada kawan akan sulit. Tidak mungkin jika lo harus membuka helm dan berteriak-teriak untuk memberitahukan sesuatu. Jelas hal tersebut akan berbahaya untuk diri lo dan yang lainnya.

Terlebih, saat lo ingin memberitahukan direksi ditengah perjalanan. Tidak mungkin lo harus teriak-teriak untuk memberitahukan ke mana akan mengarah laju rombongan motor besar para petualang tersebut. Oleh karena itu, interkom ini diperlukan untuk para petualang yang senang touring.

Mengenal Interkom, Gear Yang Membuat Mudah Berkomunikasi Saat Petualangan. credit photo: advpulse.com

Interkom dahulu hanya berfungsi sebagai alat penghubung saja. Dengan minimal jarak 2 kilometer dan tergantung dari koneksi Bluetooth antar pengendara, lo bisa sembari mengobrol saat sedang berkendara.

Namun, sekarang ini, interkom semakin canggih. Tidak hanya untuk berkomunikasi antar pengendara saja, tetapi interkom sekarang sudah bisa terhubung ke handphone, pemutar musik, sampai terhubung ke perangkat navigasi atau gps.

Mengenal Interkom, Gear Yang Membuat Mudah Berkomunikasi Saat Petualangan. credit photo: motomundi.cl

Oleh karena fungsinya yang semakin banyak, tidak heran sekarang ini bukan hanya para petualang yang suka touring jauh, para pengendara motor dalam kotapun akhirnya menggunakan interkom tersebut. Bahkan, penggunaan interkom sekarang ini menjadi sebuah trend.

Trend yang dimaksud pada saat-saat ini adalah para motovlogger yang merekam aktivitas berkendara mereka dengan kamera aksi yang dipasangkan di helm mereka, dan tersambung dengan interkom tersebut, sehingga suara yang terekam terbilang jernih.

Mengenal Interkom, Gear Yang Membuat Mudah Berkomunikasi Saat Petualangan. credit photo: youtube.com

Walau masih ada noise yang suka terdengar, tetapi jauh lebih baik sekarang ini. Interkom yang paling terkenal dan umum digunakan untuk berkendara adalah Sena. Sebuah merk interkom yang menjadi pasangan untuk kamera aksi atau GoPro saat vlogging.

Bagaimana Cara Pemasangan Interkom di Dalam Helm?

Pemasangan dan pemakaian interkom cukup mudah kok. Pasangkan pendengar di dalam helm lo, tempat biasa telinga lo tersangga, kemudian tarik mikrofon ke bawah mulut atau sejajar dengan dagu, kemudian pasangkan Bluetooth interkomnya di sisi luar helm tersebut.

Lalu, untuk penggunaan interkom ini, sila tekan tombol on/off di interkom tersebut, biarkan sejenak sampai ada arahan para pengguna lain sudah tergabung. Nah, jika lo sudah sampai mendengar suara teman lo yang lain, artinya lo semua sudah terhubung dalam satu koneksi interkom.

Mengenal Interkom, Gear Yang Membuat Mudah Berkomunikasi Saat Petualangan. credit photo: carmudi.com

Saat berkendara, jarak yang lo gunakan antar satu-dan dua motor lainnya pasti berdekatan, hal tersebut tidak bermasalah untuk interkom. Namun, akan jadi masalah jika jarak yang ada terlampau jauh. Oleh karena itu pastikan lo tetap pada jarak yang dekat.

Jika ada satu atau dua orang yang terlepas dari koneksi dan hubungan interkom tersebut, maka jika jaraknya sudah berdekatan, barulah ia bisa mengulang koneksi Bluetooth tersebut dengan cara yang sama seperti pada awalnya.

Wah, kalau sudah terhubung dengan satu sama lainnya, jelas perjalanan lo akan semakin ramai dan tidak akan membosankan, karena lo bisa mengobrol dengan teman-teman kendaraan lain karena terhubung interkom tersebut.

Soal Harga Interkom di Indonesia

Mengenal Interkom, Gear Yang Membuat Mudah Berkomunikasi Saat Petualangan. credit photo: andrya.staff.telkomuniversity.ac.id

Untuk lo yang sudah tertarik dengan penggunaan interkom, sila siapkan budget untuk membeli interkom ini. Harga yang ditawarkan cukup variatif, tergantung dari fitur interkom tersebut. Oleh karena itu, varian harga yang ditawarkan adalah Rp. 3.500.000 – Rp. 9.500.000.

Rentang harga tersebut juga bergantung dengan merk interkom serta jenisnya. Untuk interkom merk sena, sudah banyak variannya yang ada di pasaran. Harga interkom merk sena, berkisaran Rp. 4.500.000 sampai Rp. 7.500.000.

Oh iya, bentukan interkom sekarang ini sudah semakin stylish. Jadi, terkesan canggih saat lo menggunakan fitur tersebut di helm kendaraan. Namun jelas, tidak hanya stylish tapi sesuai dengan fungsinya.

Menggunakan interkom akan mengurangi kesalahpahaman saat berkendara, apalagi berkendara jarak jauh. Oleh karena itu, interkom ini memiliki fungsi yang bagus untuk membuat touring, perjalanan serta petualangan lo semakin seru.

Wah, bagaimana nih bro? Semakin minat untuk menggunakan interkom? Kalau iya, langsung saja nih persiapkan budgetnya, dan boyong interkom demi petualangan yang lebih seru!

 

Source

Feature Image - otomotif.tempo.co


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!