JUL 19, 2018

Danau Tamblingan Bali, Danau Cantik Yang Berada di Dataran Tinggi

Bali merupakan salah satu ikon petualangan dari Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan pulau dewata ini? Mungkin seluruh penjuru dunia sudah tahu Pulau Bali itu seperti apa. Terkenal dengan deretan pantai yang indah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap, ternyata Bali masih menyimpan berbagai keindahan alam lainnya.


Bali merupakan salah satu ikon petualangan dari Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan pulau dewata ini? Mungkin seluruh penjuru dunia sudah tahu Pulau Bali itu seperti apa. Terkenal dengan deretan pantai yang indah dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap, ternyata Bali masih menyimpan berbagai keindahan alam lainnya.

Keindahan alam ini berada di sebuah dataran tinggi. Bukan perbukitan atau pegunungan, melainkan sebuah danau. Bro, perkenalkan – Danau Tamblingan. Sebuah danau yang berada di dataran tinggi ini ternyata tidak sendirian.

Danau Tamblingan mempunyai dua teman lainnya yang berada di sebelah timur, yaitu Danau Buyan dan Danau Bratan. Berlokasi si sebelah utara lereng Gunung Lesung, membuat danau ini mempunyai keindahan alam yang unik. Panorama yang luas dan indah serta cuaca yang sejuk menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Keindahan Alam Dari Danau Tamblingan

Danau Tamblingan Bali, Danau Cantik Yang Berada di Dataran Tinggi. credit photo: letsbewild.com

Tidak heran jika Danau Tamblingan saban hari, baik hari biasa atau saat menjelang akhir pekan, dipadati oleh para petualang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri, dan mancanegara. Mereka yang datang ke Danau Tamblingan tidak ayal melengkapi dirinya dengan berbagai peralatan fotografi lengkap.

Jauh dari kesan modern, Danau Tamblingan dikelilingi perbukitan hijau dengan pepohonan besar. Hal ini justru yang membuat para petualang yang datang betah untuk berlama-lama di danau ini. Untuk lo yang juga akan berlama-lama di sini, sebuah camping ground sudah menunggu lo, bro.

Camping ground yang ada di sekitar Danau Tamblingan adalah sebuah padang rumput hijau yang luas, berada mengelilingi danau tersebut. Tidak heran jika lo datang ke sini, pasti menemukan beberapa tenda masih berdiri di camping ground tersebut.

Danau Tamblingan Bali, Danau Cantik Yang Berada di Dataran Tinggi. credit photo: boutiquetravelblog.com

Penasaran untuk eksplorasi danau tersebut? Tenang, di pinggir danau, sudah terdapat beberapa perahu kayu yang dapat lo sewa dengan masyarakat setempat. Selain diajak berkeliling danau, lo juga akan diajak untuk memancing, bro!

Disamping panorama alamnya yang indah serta menawan, kawasan petualangan Danau Tamblingan memiliki beberapa pura. Pura tersebut diantaranya adalah Pula Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Ulun Danu, Pura Sang Hyang Kawuh, Pura Gubug, Pura Tirta Mengening, dan Pura Naga Loka.

Dengan berbagai pura tersebut, saat tengah perayaan umat hindu, sebaiknya lo tetap menghormati dan menghargai mereka yang datang ke pura tersebut untuk ibadah. Lagipula, biasanya lo juga akan diberitahu oleh masyarakat sekitar untuk tidak mengganggu upacara adat yang biasa umat hindu lakukan di pura tersebut.

Bagaimana Bisa Sampai ke Danau Tamblingan?

Danau Tamblingan Bali, Danau Cantik Yang Berada di Dataran Tinggi. credit photo: lifestyle.okezone.com

Berlokasi di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Bali – Danau Tamblingan berjarak 75 kilometer dari Bandara Ngurah Rai Bali, dan bisa lo tempuh dengan kendaraan roda empat dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Jalur yang akan lo tempuh sama dengan jalur dari Kota Denpasar menuju ke Kota Singaraja melalui dataran tinggi Bedugul. Dalam perjalanan lo tersebut, lo akan bertemu terlebih dahulu dengan Danau Buyan. Saat itu, lo tengah melintasi Jalan Raya Pancasari sebelum masuk ke Desa Munduk.

Nah, untuk lo yang sudah sampai di Danau Tamblingan dan ingin pindah ke spot petualangan lainnya, lo bisa berangkat ke Pantai Lovina hanya dengan waktu sektiar 30 menit saja karena jarak tidak lebih dari 15 kilometer.

Danau Tamblingan Bali, Danau Cantik Yang Berada di Dataran Tinggi. credit photo: kumparan.com

Untuk lo yang bingung akan menggunakan transportasi apa, sila menyewa mobil harian untuk mengakomodir petualangan lo. Untuk sewa mobil di Bali, harga yang ditawarkan cukup bervairasi. Namun, lo bisa mendapatkan harga Rp. 200.000 sehari.

Oh iya bro, jika lo sudah sampai di Danau Tamblingan, jangan lupa untuk membayar retribusi sebesar 5.000 untuk satu mobil, dan Rp. 7.000 untuk satu orang petualang. Cukup terjangkau bukan harga yang harus lo bayar untuk menikmati keindahan alam di Danau Tamblingan.

Fasilitas Yang Ada di Danau Tamblingan

Danau Tamblingan Bali, Danau Cantik Yang Berada di Dataran Tinggi. credit photo: flickr.com

Objek petualangan Danau Tamblingan sudah menyediakan beberapa fasilitas umum yang dapat memberikan kepuasan bagi para petualang yang datang ke sini. Beberapa fasilitas tersebut adalah lokasi parkir yang luas, sewa perahu, beberapa warung makan, dan lokasi untuk mendirikan tenda (camping ground)

Nah, untuk lo yang mencari akomodasi penginapan seperti vila, cottage atau bahkan hotel – lo bisa mencarinya di sekitaran objek petualangan Pantai Lovina, yang tidak berjarak jauh. Wah bagaimana bro? Siap untuk berpetualang ke Danau Tamblingan?

Tips Untuk Berpetualang ke Danau Tamblingan

Danau Tamblingan Bali, Danau Cantik Yang Berada di Dataran Tinggi. credit photo: brobali.com

Mengingat bahwa Danau Tamblingan berlokasi di dataran tinggi, cuaca di sekitar danau bisa menjadi cukup dingin untuk para petualang. Oleh karena itu, baju hangat atau jaket merupakan salah satu pakaian yang tidak boleh lo lupa bawa.

Nah, tips kedua, untuk lo yang sudah puas dengan cuaca sejuk Danau Tamblingan, lo bisa melipir ke spot lainnya yang berdekatan juga, yaitu Kolam Air Panas Banjar. Di sana, dengan mata air asli, lo bisa menikmati air panas yang berada di kolam-kolam tersebut.

Kolam air panas Banjar terletak di Desa Banjar, Buleleng, Bali. Kurang lebih berjarak 20 kilometer dari Kota Singaraja, dan sekitar 20 kilometer juga dari Danau Tamblingan.

Wah bagaimana nih bro? Sudah siap untuk berpetualang ke Danau Tamblingan? Oh iya, kalau lo mengetahui informasi lain tentang Danau Tamblingan, lo bisa menambahkannya dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah ini, ya.

Jelas, informasi tambahan tersebut pasti berguna sekali untuk para petualang yang akan datang ke sana. Jadi, tunggu apa lagi bro? Cepat berkemas dan langsung saja berangkat!

 

Source

Feature Image - ksmtour.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!