JUL 22, 2018

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro!

Untuk lo yang akan berangkat ke luar negeri, paspor ini pasti akan diperiksa oleh bagian imigrasi negara tersebut. Nah, pertanyaanya, bagaimana membuat paspor dengan mudah? Tidak perlu mengantri lagi bro, berikut beberapa cara mudah untuk buat paspor secara online.


Mungkin jika lo bertanya-tanya mengapa harus membuat paspor ketika ingin melakukan perjalanan atau petualangan lintas negara, bisa jadi hal tersebut menandakan kalau lo belum pernah ke luar negeri. Bro, perlu lo ketahui nih, bahwa paspor adalah dokumen resmi dari pemerintah Indonesia.

Fungsi paspor adalah seperti kartu identitas atau tanda pengenal saat lo berada di negara lain. Untuk lo yang akan pergi lintas negara, sila persiapkan dokumen ini, ya. Sekarang ini, untuk membuat paspor tidak serepot dahulu, cukup via online, lo sudah bisa bikin paspor juga.

Paspor sendiri berisikan beberapa informasi tentang diri lo seperti nama, foto, tempat tinggal dan tanggal lahir, tanggal penerbitan paspor tersebut, masa berlaku, dan negara mana yang menerbitkan paspor tersebut.

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro! credit photo: pikniek.com

Untuk lo yang akan berangkat ke luar negeri, paspor ini pasti akan diperiksa oleh bagian imigrasi negara tersebut. Nah, pertanyaanya, bagaimana membuat paspor dengan mudah? Tidak perlu mengantri lagi bro, berikut beberapa cara mudah untuk buat paspor secara online.

Persiapkan Berkas-berkas Penting

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro! credit photo: travelingyuk.com

Walau mendaftar dengan sistem online, jelas berkas-berkas penting yang menyatakan sebuah informasi penting di dalam diri lo perlu dipersiapkan, lho. Beberapa berkas penting seperti Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran atau Surat Baptis dan Surat Nikah bila sudah berkeluarga.

Lakukan Registrasi via Situs

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro! credit photo: aturduit.com

Jika semua berkas sudah siap, berarti lo tinggal mengunjungi dan membuka situs antrian imigrasi, nih. Bila sudah berada di laman depannya, pilih menu Layanan Publik – Layanan Online dan dilanjutkan dengan Layanan Paspor Online.

Selanjutnya, lo bisa memilih menu Pra Permohonan Personal. Di situ, lo akan mengisi semua data yang dibutuhkan sesuai dengan formulir. Hal inilah yang mendasarkan lo harus menyiapkan berbagai berkas penting yang sudah disebutkan di atas sebelumnya.

Lalu, pada bagian Jenis Permohonan, lo perlu memilih paspor biasa. Jangan lupa untuk memilih Kantor Imigrasi terdekat dengan tempat tinggal lo untuk membawa berkas. Jangan lupa memeriksa kembali untuk setiap pengisian agar terhindar dari kesalahan sebelum klik tombol lanjut.

Melakukan Pembayaran

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro! credit photo: shopback.co.id

Halaman berikutnya setelah registrasi adalah berisikan tentang Informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan. Selanjutnya, semua informasi detil tentang biaya akan dikirimkan lewat surat elektronik atau email. Lalu pembayaran akan dilakukan via bank atau ATM.

Ketika lo memilih untuk melakukan pembayaran di bank, sila bawa bukti pengajuan paspor yang telah dikirimkan lewat email sebelumnya. Namun, yang lebih praktis lagi – lo bisa melakukan pembayaran lewat ATM, dengan memasukan nomor permohonan atau kode pembayaran yang telah lo terima sebelumnya.

Verifikasi Pembayaran Pembuatan Paspor

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro! credit photo: pemburuombak.com

Setelah melakukan pembayaran, perlu lo ingat untuk menumpan seluruh bukti pembayaran pembuatan paspor dan memperbanyaknya sebanyak 3 lembar. Bukti asli dan fotokopinya ini nanti akan diperlihatkan ke pihak imigrasinya.

Setelah pembayaran selesai, lo perlu kembali ke situs untuk melakukan verifikasi pembayaran dan pilih tanggal ke kantor imigrasi. Di akhir nanti, lo akan menerima Tanda Terima Pra Permohonan Pembuatan Paspor di email. Cetak dan satukan semua dengan berkas-berkas sebelumnya serta jangan lupa bukti pembayaran juga dibawa.

Menuju Kantor Imigrasi

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro! credit photo: pinkvnie.wordpress.com

Bukan berarti jika membuat paspor secara online, paspor lo juga akan jadi begitu saja, ya. Lo perlu juga untuk pergi ke Kantor Imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal lo sesuai dengan tanggal dan di mana kantor imigrasi tersebut berada sesuai dengan pengisian informasi tersebut di situs.

Setelah lo datang di tanggal yang sudah lo masukan di situs, lo akan diwawancara alasan pembuatan paspor, verifikasi dokumen, pengambilan foto dan sidik jari oleh petugas. Untuk pakaian, sila menggunakan pakaian serapi mungkin, ya.

Pengambilan Paspor

Cara Mudah Membuat Paspor Online, Perlu Sebelum Berangkat Ke Luar Negeri, Bro! credit photo: katakanya.id

Nah, begitu seluruh langkah mudah tersebut sudah dilakukan, tinggal terakhir adalah pengambilan paspor saja. Setidaknya, kurang dari 10 hari kerja, paspor lo sudah akan jadi. Biasanya pihak imigrasi akan memberitahukan lo tentang kapan bisa lo ambil paspor baru tersebut.

Nah, jika paspor lo sudah selesai, lo juga sudah bisa mengurus visa kalau ingin berkunjung ke negara yang mengharuskan lo untuk memiliki visa.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan cara mudah untuk membuat paspor secara online? Untuk lo yang sudah bersiap diri untuk melancong ke negeri tetangga atau manapun, sila langsung saja buat paspor dulu, bro!

Oh iya, kalau dari lo ada yang mengetahui berbagai informasi lebih tentang cara mudah membuat paspor secara online ini, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini ya. Jelas informasi tersebut pasti akan berguna untuk para petualang atau urban adventurer yang baru akan membuat paspor.

 

Source

Feature Image - jalan2kejepang.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!