Keindahan Alam Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat Beserta 5 Fakta Uniknya!

Ingin berkunjung ke pantai yang memilki keindahan serta hamparan pasir putihnya yang menggoda? Pantai Santolo bisa menjadi destinasi lo berikutnya. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini yaa. 

Keindahan Alam Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat Beserta 5 Fakta Uniknya!

Pantai Santolo, sebuah keindahan alam di kawasan Garut, Jawa Barat ini merupakan salah satu destinasi liburan yang patut untuk lo kunjungi. Keindahan alam yang terpancar dari kawasan pantai ini pun menjadi salah satu hal yang patut untuk lo perhitungkan. Hamparan pasir putih beserta dengan garis pantainya yang panjang menjadi sebuah alasan kuat mengapa banyak wisatawan atau pelancong yang ingin datang ke kawasan pantai ini.

Bukan hanya berupa sebuah pantai, karena di kawasan pantai ini pun juga terdapat sebuah pulau kecil yang tak kalah indahnya. Sama dengan pantainya, pulau tersebut pun memiliki nama Santolo. Lo bisa mengunjungi pulau ini dengan menyewa perahu nelayan yang memang selalu ada di kawasan pantai ini.

Sebenarnya terdapat sebuah jembatan yang dapat mengantarkan lo ke pulau tersebut, namun dikarenakan oleh kondisi jembatan yang sudah tidak layak kembali, maka disarankan lebih baik menyewa kapal nelayan, demi keselamatan lo juga bro.

Pantai Santolo sendiri merupakan hilir dari Sungai Cilauteureun, salah satu keunikan dari Pantai Santolo sendiri ialah ketika pasang air laut, air akan mengalir menuju ke sungai bukan sebaliknya. Memang, fenomena unik yang berada di Pantai Sanolo membuat banyak orang penasaran dan terdengar seperti melawan hukum alam.

Fenomena Melawan Hukum Alam

Keindahan Alam Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat Beserta 5 Fakta Uniknya!

Keindahan Pantai Santolo. Credit: nativeindonesia.com

Ini merupakan sebuah keunikan dari Pantai Santolo yang harus lo ketahui bro. Dan sangat berbeda sekali dengan apa yang biasanya terjadi pada hilir-hilir sungai yang ada. Air yang mengalir menuju ke sungai bukan sebaliknya tersebut dikarenakan oleh posisi hilir sungai cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bibir pantai.

Tentunya selain dari fenomena alam tersebut, Pantai Santolo juga memiliki berbagai keindahan sama seperti apa yang dimiliki oeh pantai-pantai pada umumnya. Seperti hamaparan pasir putih nan indah beserta dengan bibir pantainya yang panjang.

Pantai yang berlokasi tepat di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat ini memang seringkali menjadi tempat atau destinasi liburan para masyarakat sekitar. Sehingga akan sedikit ramai apabila musim liburan telah tiba.

Oleh sebab itu, waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawasan pantai ini ialah pada saat hari biasa atau pagi hari ketika matahai terbit. Karena di kawasan pantai yang indah lo bisa mendapatkan sebuah suasana matahari terbit yang sangat indah. Selain dari menikmati matahari terbit, lo juga bisa melakukan beberapa aktivitas lain yang tentunya tak kalah indahnya.

Yang Bisa Lo Temukan di Pantai Santolo

Keindahan Alam Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat Beserta 5 Fakta Uniknya!

Suasana di Pantai Santolo. Credit: digarut.com/

Pantai Santolo yang terletak di Kabupaten Garut ini memang cukup terkenal sebagai salah satu tujuan wisata di Garut. Kawasan Pantai Santolo sendiri merupakan tempat berkumpulnya nelayan tradisional yang sengaja dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang begitu menarik dan indah. Pantai Santolo juga menjadi daerah untuk kegiatan nelayan seperti dermaga kapal ikan ataupun perahu yang berada di Pameungpeuk.

Sebagai seorang fotografer atau lo yang memiliki hobi fotografi, tentunya untuk dapat mencari atau memburu foto di kawasan pantai ini juga bisa menjadi aktivitas yang dapat lo lakukan loh bro. Mendapatkan momen-momen seperti kegiatan keseharian nelayan tentunya merupakan hal yang indah apabila dapat diabadikan.

Kumpulan batu besar dan laut yang berwarna biru menjadi pemandangan yang sangat mempesona. Lo dapat menikmati pantai serta biota laut. Aktivtias tersebut merupakan salah satu hal pula yang dapat lo lakukan. Tersedia pula penyewaan perahu yang melayani para wisatawan untuk menikmati ombak pantai yang menantang.

Di kawasan pantai ini lo juga menikmati kelezatan ikan yang merupakan hasil tangkapan dari para nelayan yang ada di pantai ini. Harganya pun cukup bersahabat, namun lo tetap akan mendapatkan ukuran ikan yang cukup besar. Lo secara langsung dapat menyantap ikan atau membakar sendiri di pinggir pantai.

Pulau Santolo

Keindahan Alam Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat Beserta 5 Fakta Uniknya!

Suasana di Pulau Santolo. Credit: kompasiana.com

Selain dari keindahan pantai Santolo, lo juga bisa mengunjungi Pulau Santolo nih bro, merupakan pulau kecil yang berada di daerah pantai. Pulau ini hanya dipisahkan sungai kecil yang menjadi pelabuhan Cilaut Eureun dan Muara serta dipisahkan dengan jembatan gantung.

Kalau mau menyebrangi pulau ini, lo dapat menggunakan jasa perahu yang memiliki tariff sekitar Rp. 4.000,00 pulang pergi. Di dalam pulau ini pun juga terdapat sebuah pantai indah yaitu Pantai Sayang Heulang, di sana lo akan mendapatkan sebuah suasana pantai yang berkarang.

Suasana pulau yang tak kalah indahnya dengan Pantai Santolo juga menjadi salah satu alasan mengapa lo harus menyempatkan waktu untuk dapat menginjakkan kaki lo di dalam pulau ini.

Lokasi Pantai Santolo

Keindahan Alam Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat Beserta 5 Fakta Uniknya!

Suasana di Pantai Santolo. Credit: digarut.com/

Seperti apa yang sudah diterangkan di atas, kalau lokasi dari Pantai Santolo ini berada di Kecamatan Cikelet namun memang lebih dekat di Pamerungperuk. Kalau lo berangkat dari Kota Garut, jarak yang harus lo tempuh untuk sampai di Pantai Santolo kurang lebih 88 Km.

Sarana jalan untuk menuju Pantai Santolo cukup bagus, hanya ada beberapa jalan yang begelombang, bahkan saat sampai di Cikelet, jalan sudah mulus dan cukup lebar. Namun tetap lo harus berhati-hati karena jalanan di sini khas seperti daerah pegunungan dan terus berkelok-kelok di sepanjang perjalanan. Dari bandung, Pantai Santolo harus lo tempuh sekitar 150 Km.

Fasilitas Pantai Santolo

Keindahan Alam Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat Beserta 5 Fakta Uniknya!

Suasana di Pantai Santolo. Credit: penginapanbayusamudra.blogspot.com

Di dalam kawasan Pantai Santolo juga terdapat warung makan yang akan memanjakan hasrat kuliner lo selama berada di Pantai Santolo. Berbagai menu laut seperti ikan laut dan cumi-cumi bisa lo pesan di sini. Bukan hanya itu saja, di kawasan Pantai Santolo juga menyediakan kamar mandi, kamar kecil dan tempat parkir yang bisa dikatakan cukup luas.

Untuk dapat masuk ke dalam daerah Pantai Santolo ini memang tidak gratis bro, lo akan dikenakan biaya yang sangat terjangkau kok. Karena lo hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp. 3.000,00 untuk per orang. Sangat murah bukan? Tak hanya itu di dalam kawasan Pantai Santolo juga terdapat permainana yang ekstrim yaitu Banana Boat yang tentunya dapat memacu adrenalin lo. Jika ingin menaiki Banana Boat, lo akan dikenakan biaya sekitar Rp 25.000,00 per orang untuk sekali naik.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pantai Santolo di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa bro, yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo!

 

 

 

Wilderness Beginner travelling pantai solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!