AUG 6, 2018

6 Cara Ampuh Untuk Menghadapi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami!

Dengan apa yang sudah terjadi di Lombok, tentunya kita harus lebih peka terhadap begaimana cara agar lo bisa menghadapi bencana seperti gempa bumi dan tsunami. Penasaran? Langsung cek saja informasinya di bawah ini dan temukan sendiri jawabannya!


Lombok, 5 Agustus 2018, tepat di saat minggu malam dimana para masyarakat Lombok sedang menikmati istirahat pada akhir pekan, tiba-tiba gempa datang tanpa permisi di kawasan tersebut. Bahkan gempa yang tersebut berukuran cukup besar, yaitu sekitar 7 Skala Richter, diikiuti dengan sejumlah gempa susulan. Hingga hari ini pun suasana di Lombok belum kembali seperti biasa. Bukan hanya Lombok, Bli dan Gili Trawangan pun ikut merasakan dampak dari gempa bumi ini.

Walaupun gempa berpusat di daratan, tepatnya pada titik 8.37 LS dan 1116.48 BT pada kedalaman 15 km, BMKG menyebutkan adanya potensi tsunami karena patahan terjadi hingga ke laut. Bahkan, sebenanrnya tsunami pun sudah benar-benar terjadi pada saat gempa terjadi. Namun memang ketinggiannya pun masih dibawah setengah meter atau sekita 10-13 cm.

Pertanyaan yang paling mendasar dari kejadian yang menimpa saudara-saudara kita yang ada di Lombok ialah bagaimana apabila suatu gempa bumi dan tsunami benar-benar terjadi dan apa yang dapat lo lakukan untuk menyelamatkan diri? Nah, di dalam artikel ini akan membahas beberapa langkah-langkah yang lo harus lakukan apabila bencana ini terjadi, karena hingga saat ini korban yang diakibatkan oleh gempa Lombok mencapai 91 orang.

Langkah Awal Bila Lo Berada di Dalam Rumah/Bangunan (Gempa Bumi)

Ilustrasi Berlindung di Dalam Bangunan. Credit: brilio.net

Pada saat gempa sedang terjadi, hal yang pertama kali harus lo ingat ialah tidak bersikap panik dan tidak langsung berlari ke luar. Carilah meja atau tempat tidur, lalu berlindunglah di bawahnya. Lakukan hal ini meskipun lo berada di ruangan dengan banyak orang, ingat jangan berdesakan yaa bro.

Lalu, jangan sampai lupa untuk tetap melindungi kepala dengan bantal maupun benda lain apabila lo tidak menemukan meja atau tempat tidur yang bisa menjadi tempat berlindung. Lo juga harus menghindari benda-benda dengan resiko tinggi, seperti rak buku, lemari hingga jendela kaca.

Selalu waspada terhadap langit-langit rumah atau benda yang tergantung di tembok, karena benda-benda tersebut tentunya memiliki reiko yang cukup tinggi, lalu keluarlah menuju tempat terbuk menggunakan tangga darurat. Atau bisa juga lo menunggu hingga gempa mulai reda, baru usahakan diri lo untuk bisa keluar ke tempat terbuka.

Langkah Awal Bila Lo Berada di Luar Rumah/Ruangan (Gempa Bumi)

Ilustrasi Lapangan Terbuka. Credit: kompasiana.com

Ketika gempa sedang terjadi dan posisi lo sedang berada di luar rumah, hal pertama yang harus lo perhatikan ialah untuk menjauhi bangunan tinggi, tembok,taing/pusat listrik, papan reklame serta pohon. Karena tentunya ingin mengurangi potensi lo agar lo tidak tertiban oleh benda-benda tersebut.

Selain itu lo juga bisa langsung mencari tempat terbuka, contohnya lapangan. Selain terhindar dari benda-benda yang memiliki resiko yang cukup tinggi, berada di tempat terbuka juga dapat membuat lo bisa lebih tenang serta mendapatkan pemikiran yang jauh lebih jernih.

Langkah Awal Bila Lo Berada di Atas/Dalam Kendaraan (Gempa Bumi)

Gempa terjadi namun lo berada di dalam kendaraan, jangan langsung panik yaa bro. Hal pertama yang harus lo lakukan ialah langsung menghentikan kendaraan lo yaa. Karena hal ini bertujuan agar dapat mengurangi resiko serta menjaga keselamatan lo dan sekitar.

Lalu sebisa mungkin untuk menghindari tempat-tempat tertentu, seperti di bawah jembatan (baik jembatan penyeberangan maupun jembatan layang). Karena tidak ada yang pernah tahu apabila secara tiba-tiba jembatan tersebut akan runtuh akibat goyangan gempa yang cukup dahsyat.

Langkah Awal Bila Lo Berada di Alam Terbuka (Gempa Bumi)

Suasana Alam Bebas. Credit: pikiran-rakyat.com

Buat lo yang memiliki hobi berpetualang di alam bebas tentunya juga harus memperhatikan langkah-langkah ini apabila gempa tiba-tiba terjadi. Seperti untuk selalu menghindari lereng dan jurang, serta bersikap waspada terhadap reruntuhan batu atau tanah longsor. Hal ini berlaku apabila lo sedang berada di kawasan pegunungan.

Nah, buat lo yang sedang berada di kawasan pantai tentunya disarankan untuk pindah ke daerah yang lebih tinggi untuk menhindari potensi terjadinya tsunami. Berbicara mengenai tsunami tentunya di poin-poin berikutnya akan membahas bagaimana langkah awal yang harus lo lakukan apbila gempa berpotensi mendatangkan tsunamin bro.

Langkah Awal Bila Gempa Berpotensi Tsunami

Ilustrasi Bencana Tsunami. Credit: wartakota.tribunnews.com

Tsunami, memang sebuah bencana yang cukup meninggalkan luka di hati kita, apalagi bila mengingat apa yang telah menimpa saudara-saudara kita di Aceh tahun 2004 silam. Oleh sebab itu, untuk mengurangi segala bentuk kemungkinan, pada saat gempa berpotensi tsunami tiba, yang harus lo lakukan pertama-pertama ialah untuk jangan panik. Karena bilamana rasa panik itu menyerang, lo tidak akan menemuakan sebuah solusi yang tepat.

Lalu selalu ikuti jalur evakuasi tsunami atau pergi ke tempat yang lebih tinggi. Ingat, gelombang tsunami itu bisa mencapai 24 meter. Selalu perhatikan keadaan di sekitar lautan/pantai. Jika air laut surut dari batas normal, tsunami mungkin terjadi, Jangan ragu untuk memperingatkan orang-orang.

Jangan bertindak bodoh, seperti menonton gelombang tsunami, kalau misalkan lo bisa melihat gelombang tsunami secara jelas berarti lo sedang ada di kawasan yang berbahaya. Apabila, lo tidak memungkinkan untuk pergi ke dataran tinggi, carilah gedung dengan konstruksi yang kuat dan bertingkat. Pergilah ke lantai yang paling aman untuk menyelematkan diri.

Bilamana lo ikut terhanyut oleh gelombang tsunami, tetap tenang dan carilah benda terapung yang bisa digunakan sebagai rakit, seperti batang pohon. Serta selalu usahakan untuk tidak memunium air laut, selalu buat badan lo tetap berada di permukaan air untuk bernafas.

Hal yang Harus Perhatian Setelah Gempa/Tsunami Terjadi

Suasana Pasca Gempa. Credit: tukangbetting.com

Bukan pada saat gempa atau tsunami sedang terjadi saja yang harus lo perhatikan. Karena pada saat bencana ini selesai atau mereda, ada beberapa hal lainnya yang tentunya harus menjadi perhatian lo bro. seperti selalu menggunakan pelindung kaki agar terlindungi dari puin akibat gempa, lalu jangan lupa untuk selamatkan orang lain yang lebih membutuhkan pertolongan.

Tak lupa juga untuk selalu menghindari benda yang memiliki resiko tinggi serperti api/kebakaran, termasuk jaringan listrik yang roboh atau kabel yang terbuka. Periksalah jalur pipa gas, lalu tangani jika ada kebocoran. Serta hindari reruntuhuan yang ada di dalam genangan air.

Yang terpenting ialah untuk selalu ikuti informasi terkini dan panduan dari pihak berwenang dan utamakan keselamatanmu dan orang-orang di sekitar, bukannya barang-barang lo bro!

Jadi bagaimana dengan beberapa informasi penting mengenai cara awal untuk mengatasi bencana gempa dan tsunami di atas? Semoga bisa menjadi panduan agar lo selalu selamat walaupun bencana sedang melanda dan selalu berdoa untuk keselamatan saudar-saudara kita yang ada di Lombok yaa bro!


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!

LOCATION